Home Islamic Terms Allahumma Yassir Wala Tu’assir: Arab, Latin dan Maknanya

Allahumma Yassir Wala Tu’assir: Arab, Latin dan Maknanya

12
Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Allahumma Yassir Wala Tu’assir adalah doa yang selalu dibacakan agar Allah memberikan kemudahan dalam setiap urusan baik dunia maupun akhirat. Di kalangan ummat Islam doa ini sangta populer dan sering di bacakan oleh seseorang saat mengalami kesulitan atau ketika ingin mendapatkan kemudahan dalam berbagai urusannya.

Disini, kami akan menjelaskan arti Allahumma Yassir Wala Tu’assir, termasuk penulisannya dengan bahasa Arab, tulisan latin dan makna atau artinya.

Sekalipun sudah sangat populer di kalangan ummat Islam, frasa Allahumma Yassir Wala Tu’assir masih banyak yang belum tahu tentang doa ini, baik penulisan Arab atau artinya.

Maka sangat cocok di kesempatan ini untuk kami jelaskan apa arti dari kalimat doa “Allahumma Yassir Wala Tu’assir”.

Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Penulisan dalam bahasa Arab adalah:

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Tulisan Latin:

Allahumma Yassir, Wa la Tu’assir

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit”.

Itu Tulisan Allahumma Yassir Wala Tu’assir dalam Bahasa Arab dan dalam tulisan Latin. Semoga menjadi tambahan pengetahuan kita dalam memahami kalimat doa tersebut.

Selain dengan redaksi doa tersebut, ada juga redaksi lain yang sama artinya dan juga termasuk kalimat doa yang populer di kalangan orang Muslim. Kalimat tersebut adalah:

رَبِّ يَسِّرْ وَلَا تُعسِّرْ

Tulisan latin:

Rabbi Yassir, Wala Tu’assir

Artinya: Tuhanku….! Mudahkanlah dan jangan Engkau Sulitkan…!

Kedua model doa tersebut memiliki arti yang sama sekalipun menggunakan kalimat yang berbeda. Yang satu menggunakan Allhumma (YA Allah) dan satu lagi menggunakan Rabbi (Ya Tuhanku). Jadi, keduanya sama saja dan kita bisa menggunakan salah satunya untuk berdoa pada Allah agar di mudahkan urusan kita, dimudahkan urusan duniawi atau urusan ukhrawi.

Makna Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Makna Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Kalimat doa ini memiliki makna permohonan kemudahan dari Allah dalam setiap perjuangan atau pencapaian cita-cita.

Lihat juga:

Kalimat Allahumma memiliki arti “Ya Allah”, dan ini memiliki makna yang sama dengan kalimat Rabbi yang artinya Ya Tuhanku atau Ya Allah.

Kalimat Yassir adalah fi’el amar (perintah) yang artinya MUDAHKAN lah. Cuma karena ini dari dari hamba terhadap Allah maka di sebut dengan do’a atau permohonan dan tidak lagi kita maknai sebagai perintah. Tidak mungkin seorang hamba memerintahkan Tuhannya. Yang mungkin adalah memohon kepada Tuhannya.

Kalimat Wa La Tu’assir artinya adalah dan jangan Engkau persulitkan. Tu’assir adalah Fi’el Mudhare’ yang artinya Engkau persulit dan di belakangnya ada Wa La (و لا) yang artinya “dan jangan”. Jadi kalimat ولا تعسر memiliki arti “dan jangan Engkau Persulit”.

Jadi, makna kalimat اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ adalah kalimat doa atau permohonan pada Allah agar Allah memudahkan urusan hamba-Nya dan tidak mempersulit Hamba-Nya.

Source:
https://kumparan.com/berita-update/doa-allahumma-yassir-wala-tuassir-beserta-artinya-1vG2X9k9Jdq

Previous articleArti Ana Uhibbuka Fillah: Aku Mencitaimu Karena Allah
Next articleBarakallah Fii ‘Umrik: Tulisan Arab, Latin dan Artinya