Home Lain-lain Tiga Amalan Utama Malam Nisfu Sya’ban yang Tidak Boleh di Lewatkan

Tiga Amalan Utama Malam Nisfu Sya’ban yang Tidak Boleh di Lewatkan

Tiga Amalan Utama Malam Nisfu Sya'ban

Kita akan bahas ada tiga amalan utama untuk di lakukan di malam nisfu sya’ban. Bulan sya’ban adalah bulan mulia yang memiliki banyak keagungan dan kemuliaan di sisi Allah. Maka, disunnatkan untuk memperbanyak ibadah di bulan sya’ban termasuk melakukan puasa di hari-hari sya’ban. Rasulullah SAW. tidak pernah berpuasa sebanyak puasa di bulan ini selain dari bulan Ramadhan.

Selain amalan ibadah puasa, disunnatkan juga untuk menghidupkan malam-malam dengan amal ibadah terutama di malam nisfu sya’ban atau malam 15 sya’ban atau malam pertengahan dari bulan sya’ban. Syeikh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menerangkan bahwa malam nisfu sya’ban memiliki banyak keagungan dan kemuliaan. Diantara kemuliaan itu adalah Allah mengampuni dosa orang yang meminta ampunan di malam itu, mengasihi orang yang meminta kasih sayang, menjawab do’a orang yang berdo’a, melapangkan orang yang susah dan memerdekakan sekelompok orang dari api neraka.

Baca juga: Keutamaan Baca Surat Al Waqiah Tiap Malam

Ada 3 amalan utama malam nisfu sya’ban yang penting dilakukan, sebagaimana di katakan oleh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitabnya Madza fi Sya’ban.

Tiga Amalan Utama Malam Nisfu Sya’ban

1. Memperbanyak Do’a

Dalilnya adalah sebuah hadist yang berbunyi sebagai berikut:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: Turunnya (rahmat) Allah di malam nisfu sya’ban ke langit dunia, maka pada malam itu Allah mengampuni segala sesuatu kecuali orang musyrik atau orang yang dalam hatinya tersimpan kebencian atau kemunafikan. HR Baihaqi.

Jadi, perbanyak do’a di malam nisfu sya’ban. Salah satu caranya adalah dengan membaca Yasin tiga kali dan meniatkan untuk kebaikan. Yasin pertama diniatkan dengan keberkahan Yasin itu semoga Allah memanjangkan umur dan memberi keberkahan pada umur tersebut. Yasin kedua, meniatkan agar Allah memudahkan rizki dari yang halal dan diberkahi pada rizki tersebut. Sementara Yasin yang ketiga meniatkan dan kita do’akan agar Allah mematikan kita dalam keadaan beriman, dalam keadaan adanya iman dalam hati.

2. Memperbanyak membaca dua kalimat syahadah

Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang agung dan mulia bahkan seseorang dianggap menjadi Islam secara dhahir dan bathin karena ia mengucapkan dua kalimat syahadat. Jadi, membaca dua kalimat syahadat sangat termasuk amalan yang bagus terutama di malam nisfu sya’ban.

Syeikh Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan dalam kitabnya sebagai berikut:

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله 

Artinya; sepatutnya bagi seorang muslim menggunakan waktu yang penuh berkah dan penuh kelebihan, terutama di bulan sya’ban dan malam nisfu sya’ban dengan memperbanyak dan menyibukkan dirinya dengan kalimat syahadat ‘لا إله إلا الله محمد رسول الله’. 

3. Memperbanyak Istighfar (Minta Ampunan)

Salah satu keutamaan malam nisfu sya’ban adalah Allah menganmpuni dosa hambaNya yang minta ampun. Maka, penting untuk memperbanyak ampunan kepada Allah SWT. dimalam penuh kemuliaan ini.

Tidak ada manusia yangb bersih dari dosa, selalu manusia ini bergelimang dosa siang dan malam. Maka sudah bukan hal aneh untuk manusia meminta ampunan dari Allah. Istighfar sangat di anjurkan bagi hamba yang ingin mendapatkan ampunan Allah, terutama di malam nisfu sya’ban.

Dalam hal ini, Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan mengatakan dalam kitabnya:

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد
الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

 

Artinya: Istighfar adalah seagung-agung dan se penting-penting sesuatu bagi Muslim yang loba mendapatkan ampunan Allah untuk menyibukkan dirinya dalam waktu-waktu mulia, diantaranya adalah bulan sya’ban dan malam nisfu sya’ban. Dan istighfar adalah sebab bagi mudahnya datang rezki. Dan Kelebihan malam nisfu sya’ban ini juga di jelaskan oleh keterangandari Alquran dan pada malam nisfu sya’ban di kafarahkan dosa-dosa, dimudahkan kesulitan-kesulitan dan dihilangkan kegundahan dan kesedihan.

Itulah tiga amalan utama malam nisfu sya’ban yang penting di lakukan, semoga kita mampu mengamalkannya dan memberitahu kepada orang-orang lain tentang kelebihannya. Semoga bermanfaat!