sedekah memadamkan siksa kubur

Amalan Ringan Namun Bisa Memadamkan Panasnya Siksa Kubur

Posted on

Kubur adalah tempat singgahan seseorang sebelum menuju ke alam akhirat. Alam kubur disebut juga dengan alam bardzah, seseoranjg setelah mati akan di masukkan ke dalam kubur dan disana seseorang pertama kali merasakan manfaat dari amalan yang di lakukan didunia. Jika di dunia ia sering beramal shaleh maka ia akan tenang dan sendang dengan kenikmatan di alam kubur, namun jika semasa didunia selalu berbuat maksiat maka alam kubur adalah tempat siksa pertama buat dia.

Jika seseorang mendapatkan kesenangan di alam kubur maka sudah barang tentu ia akan senang di alam akhirat dan berakhir di surganya Allah. Namun sebaliknya, seseorang yang di siksa di kuburan karena semasa di dunia bergelimang maksiat maka di akhirat juga akan buruk nasibnya yaitu dimasukkan kedalam neraka. Salah samalan yang bisa menolong kita di dalam kubur adalah sedekah. Sedekah akan menaungi kita dalam kuburan dari siksa yang amat pedih.

Baca juga: Hikmah Zakat

Sedekah adalah hal mudah dilakukan apalagi bagi orang kaya namun belum tentu ini bisa di lakukan walau seseorang punya banyak harta. Hanya keimanan yang kuat yang akan menuntun kita untuk kesedekah. Sedekah adalah amalan shalah yang sangat luarbiasa karena seseorang mebuktikan bahwa ia tidak terikat dengan harta tetapi ingin ridha Allah. Sedekah juga menggambarkan bahwa seseorang lebih mengutamakan ridha Allah di bandingkan dengan harta. Padahal, yang sangat luarbiasa lagi adalah dengan sedekah seseorang tidak akan miskin justru sedekah akan menarik lebih banyak harta kepada kita. Namun, tetap saja orang yang tidak kuat imannya tidak tergerak hatinya untuk mengeluarkan sedikit harta di jalan yang di ridhai Allah.

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

إن الصدقة لتطفئ عن أهلها حر القبور وإنما يستظل المؤمن يوم القيامة في ظل صدقته

Artinya: “Sesungguhnya sedekah sungguh memadamkan panasnya kubur dan hanya sanya yang menaungi seorang mukmin di hari qiyamat adalah sedekahnya. (HR Ahmad)

Inilah amalan ringan namun memiliki hikmah luarbiasa yaitu menaungi kita dari siksa kubur dan membantu kita di hari kiamat kelak.

Dalam surat an-Nisa’ ayat 114 A llah berfirman:

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan mereka, kecuali orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau orang yang menyruh berbuat ma’ruf atau mendamaikan di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah SWT, maka kelak Kami akan memberi kepadanya balasan yang besar.”

Dari ayat di atas jelas bahwa sedekah adalah amalan yang sangat besar faedahnya baik di dunia maupun di akhirat. Namun satu hal yang sangat penting di perhatikan adalah dalam memberikan sedekah kita harus ikhlas semata-mata karena Allah bukan karena manusia atau hal-hal lainnya. Sedekah seperti akan memberikan keuntungan besar bagi yang bersedekah baik selama masih di dunia atau ketika kembali kepada Allah.