Home Zikir 10 Amalan Sebelum dan Setelah Sholat Subuh

10 Amalan Sebelum dan Setelah Sholat Subuh

15
Amalan Sebelum dan Setelah Sholat Subuh

Waktu subuh adalah waktu yang luarbiasa karena ada banyak ladang pahala dan amalan yang kaya rahmat dari Allah SWT. Sebut saja amalan sebelum sholat subuh dan setelah sholat subuh. Ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita ummat Nabi Muhammad SAW yang hidup di akhir masa.

Namun banyak juga manusia yang lalai bahkan lebih memilih tidur daripada mengejar pahala yang Allah janjikan. Memang tidak bisa di pungkiri. Subuh adalah waktu dimana manusia sedang istirahat berlautkan selimut mengusir dinginnya penghujung malam. Tetapi Allah juga menjanjikan pahala yang besar dan beragam faedah yang tentu lebih berharga daripada enaknya tidur di waktu subuh. Namun hanya jiwa-jiwa yang kaya iman saja yang mampu bangun mengejar dan mengambil pahala yang Allah berikan.

Di waktu subuh ada banyak amalan sebelum dan setelah sholat subuh. Disini kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai amalan yang bisa di kerjakan di waktu subuh. Jika anda sudah bangun di waktu subuh, jangan pernah tinggalkan amalan-amalan berikut ini. Yuk kita lihat apa saja amalan penting di waktu subuh.

Amalan Penting di Waktu Subuh

1. Mengerjakan sholat sunnat fajar 2 rakaat

Tentang kelebihan dan keutamaan sholat sunnat fajar atau sholat sunnat sebelum sholat subuh Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Dua rakaat fajar (solat sunat sebelum Subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (Riwayat Abu Daud, Muslim dan al-Nasa’i)

Jadi, sangat besar sekali manfaat dan keutamaan yang Allah berikan kepada siapa saja yang sempat mengerjakan sholat sunat fajar. Jika anda terlewati, maka sunnta mengkadhanya atau menggantikannya di waktu yang lain.

Lihat juga:

2. Membacakan Surah dalam sholat fajar

Ketika mengerjakan dua rakaat sholat sunnat fajar, maka jangan lewatkan membacakan dua surah dalam dua rakaat tersebut, keduanya adalah surah al kafirun pada rakaat pertama (1) dan surat al ikhlas pada rakaat kedua (2). Ini adalah surah dalam al Quran yang berkaitan dengan keimanan, maka dengan membacakannya di awal padi semoga keimanan hamba bisa kuat dan bertambah. Ini sebagaimana yang di kerjakan Rasulullah SAW dan hal ini di ketahui oleh Sayyidina Umar saat berkunjung ke rumah nabi SAW.

Selain membacakan surah tersebut, kita juga bisa membacakan surah al insyirah pada rakaat pertama setelah Fatihah dan membacakan surah al Fil pada rakaat kedua. Membaca kedua surah tersebut menjadi pendinding baginya di hari tersebut. Artinya tidak akan terkena padanya jika ada seseorang yang menyakitinya.

3. Mengerjakan sholat Subuh

Amalan waktu subuh selanjutnya adalah mengerjakan sholat subuh berjamaah atau sendirian. Namun sholat berjamaah jau lebih besar pahalanya daripada sholat sendirian. Salah satu keutamaan sholat Subuh yang cukup penting adalah di masukakn dalam Surganya Allah.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Sesiapa yang solat pada dua waktu yang dingin, maka dia akan masuk syurga.” (Riwayat al-Bukhari, Muslim dan Ibn Hibban). Maksud daripada waktu yang dingin itu adalah subuh dan asar.

4. Membacakan doa setelah sholat Subuh

Siapa saja yang membacakan doa ini setelah sholat subuh berjamaah maka bagi adalah pahala yang sangat besar yaitu seumpama ia beribadah semalaman. Ini doanya:

‎اللهم ارزقنا الإستقامة

Artinya: YA Allah rezkikan kepada kami istiqamah

5. Zikir sebelum mengubah posisi duduk

Siapa saja yang membacakan zikir ini sebanyak 10 kali sebelum mengubah posisi duduk tahiyat akhir dan belum berbicara, maka Allah akan memberikan baginya pahala besar dan menjaga atau memberikan perlindungan baginya di hari tersebut. Berikut bunyi zikirnya:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ

‎لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ

‎يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

Artinya:

Tidak ada Tuhan yang sebenarnya di sembah kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya

bagi Allah kerjaaan dna kepujian dan di dalam kekuasaan-Nya kebaikan

Allah yang menghidupkan dan yang mematikan, dan Dia-nya Allah adalah maha kuasa atas segala-galanya.

Faedah: Orang yang membacanya akan di catat baginya ganjaran sebanyak 10 untuk setiap kali bacaan, jika 10 kali bacaan maka pahalanya 100. Kemudian, ia akan di pelihara dari berbagai hal yang tidak baik pada hari itu termasuk dari godaan setan.

6. Membacakan اَللّهُمَّ اَجِرْنَا مِنَ النَّارِ

Salah satu amalan setelah sholat subuh yang sangat besar keutamaannya adalah doa kelepasan dari api neraka. Bunyinya adalah:

اَللّهُمَّ اَجِرْنَا مِنَ النَّارِ

Artinya: Ya Allah lepaskan kami dari Api neraka,

Amalan ini di bacakan sebanyak 7 kali dan sebelum mengubah posisi duduk tahiyat akhir.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang selesai solat Subuh dan Maghrib lalu membaca “Allahumma ajirna minannar (Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka)”

Keutamaannya: Jika ia meninggal malam itu maka ia akan di berikan kelepasan dari api neraka, demikian juga jika ia membacakannya setelah sholat subuh maka jika ia meninggal di hari itu, maka Allah akan beri perlindungan kepadanya dari api neraka.

7. Jangan lupa sedekah subuh

Setiap sholat subuh jangan lewatkan sedekah sekalipun tidak hanyak, masukkan uang sedekah subuh anda kedalam celeng masjid atau jika tidak sempat, maka buat kotak amal sendiri dirumah dan setiap subuh masukkan sedekahmu kedalam kotak amal itu, jika sudah banyak anda bisa memberikan sedekah itu untuk masjid dan surau-surau.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA. Rasululla SAW bersabda:

‎مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada orang yang suka berinfak.” Malaikat yang kedua berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebinasaan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

8. Membacakan Zikir Subhanallahi wa bihamdihi ..

Setiap lepas daripada sholat subuhm maka jangan tinggalkan zikir ini, bacaan lengkapnya

“Subhanallahi wa bihamdihi ‘adada khalqihi, wa ridhoka nafsihi, wa ziinata ‘Arsyihi, wa midada kalimatihi” (HR Muslim).

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagiNya sebanyak bilangan makhlukNya, dan sebesar redha diriNya, dan seberat ‘Arasy-Nya,dan sebanyak hitungan kalimatNya). (HR Muslim)

9. Membacakan zikir penghilang sihir

Surah Taha: 69

‎وَأَلْقِ مَا فِي يَمِينِكَ تَلْقَفْ مَا صَنَعُوا

‎ إِنَّمَا صَنَعُوا كَيْدُ سَاحِرٍ وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُ حَيْثُ أَتَىٰ

Artinya:

“Dan campakkanlah apa yang ada di tangan kananmu, nescaya ia menelan segala (benda-benda sihir) yang mereka lakukan, karena hanya sanya apa yang mereka lakukan itu hanyalah tipu daya ahli sihir; sedang ahli sihir itu tidak akan beroleh kejayaan, di mana sahaja ia berada”.

Previous articleHarga Rumput Jepang Terbaru, Mulai 10 Ribu
Next articlePengertian Hadza Min Fadhli Rabbi, Lengkap Arti Dan Tulisan Arab