Home Islamic Terms Arti Ana Uhibbuka Fillah: Aku Mencitaimu Karena Allah

Arti Ana Uhibbuka Fillah: Aku Mencitaimu Karena Allah

147
Ana Uhibbuka Fillah

Apa arti Ana Uhibbuka fillah? Ini adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan rasa cintanya kita kepada saudara kita karena Allah. Kita sama-sama hamba Allah dan Allah memerintahkan kita akan selalu menebar kasih sayang dan saling mencintai sesama saudara atau sesama muslim.

Bahkan iman seseorang hamba dianggap sempurna manakala ia mencintai saudara nya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Arti ana uhibbuka fillah adalah “aku mencintaimu karena Allah”. Allah memerintahkan kita saling menyayangi dan mencintai maka kita harus bersuikap seperti itu.

Ana Uhibbuka Fillah: Aku Mencitaimu Karena Allah

Sayang dan cinta kita kepada saudara yang dimaksud disini adalah sayang dan cinta kepada sesama muslim. Bukan cinta yang memiliki maksud jahat atau keji namun cinta benar-benar dibangun karena hati tulis mengharap ridha Allah. ketika kita mengucapkan Ana Uhibbuka Fillah, kita juga mengimplementasikan ini dalam sikap seharian kita, kita terbangkit untuk merasakan apa yang di rasakan oleh saudara kita.

Jika saudara kita sedang sakit, maka kita ikut merasakan hal itu dengan membantunya, menghiburnya, dan mengharap agar ia segera sembuh. Jika ia sedang sedang, maka kita yang mencintainya karena Allah juga merasa senang melihat ia sedang senang. Demikian sebaliknya, kita akan ikut susah manakala tahu kalau ia sedang susah.

Lihat juga: Qasidah Burdah: Penulis, Sejarah, dan Keutamaan

Itulah cinta yang dibangun karena Iman kepada Allah dan Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadist rasulullah SAW bersabda:

Artyinya: Tidak sempurna iman seseorang kamu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”.

Jika hal ini sudah dalam jiwa kita, maka kita tidak akan menganggap orang lain rendah, kita akan menghormati siapapun itu karena alasan cinta karena Allah bukan karena dunia seperti kecantikan, ketampanan, harta dan tahta.

Cinta karena Allah SWT. akan menjadikan orang Muslim sebagai tubuh yang satu, yang merasa sakit manakala saudara kita sakit, yang merasakan senang manakala saudara kita senang. Ana uhibbuka Fillah atau saya mencintaimu karena Allah bisa membangkitkan persatuan sesam muslim, bisa memberikan dorongan batin dan latih untuk saling membantu dan menghargai.

Arti Ana Uhibbuka Fillah

Ini adalah istilah dalam bahasa Arab yang mana dalam lafadh Arab di sebut:

انا احبك فى الله

Artinya: Saya mencintaimu karena Allah

Ana: Artinya saya
Uhibbuka: dalam bahasa Arab terdiri dari Fiel, Fael dan maf’ul yang artinya: Saya mencintaimu
Fillah: karena Allah. Kalimat Fi disini bermakna Ta’lil atau alasan atau sebab, sehingga kita mengartikannya bukan saya mencintaimu pada Allah, namun “saya mencintaimu karena Allah”.

Arti Ana Uhibbuka Fillah

Baca juga: Talak Khulu’ dalam Fiqih Munakahat

Kita mencintai saudara kita karena perintah Allah yang menyruh kita untuk salig menyayangi, karena perintah Rasulullah SAW yang menyuruh kita untuk menyayangi dan mencintai saudara kita.

Maka, ucapan Ana Uhibbuka Fillah atau انا احبك فى الله tidak ditujukan kepada lawan jenis yang bukan mahram atau tidak ada ikatan nasab, ikatan pernikahan. Bila ucapan ini digunakan untuk menyatakan sayang kepada lawan jenis karena pacaran maka kita akan berdosa, karena tidak ada istilah pacaran dalam Islam.

Maka lafadh Ana uhibbuka Fillah di gunakan oleh pria kepada pria yang lain yang mencintai saudaranya karena Allah. Sementara bagi akhawat atau yang perempuan, mereka menggunakan lafadh Ana Uhibbuki Fillah dan ini ditujukan kepada teman atau saudara yang perempuan yang muslim lainnya.

Penggunaan Ana Uhibbuki Fillah adalah dengan menggantikan dhamir khitab (Ka) menjadi (ki).

  • Uhibbuka: digunakan kepada Engkau (pria)
  • Uhibbuki: Digunakan kepada engkau (pr)

Maka laki-laki yang menyatakan cinta kepada saudaranya karena Allah menggunakan kalimat UhibbuKA, sementara akhawat yang cinta kepada saudara perempuannya karena Allah menggunakan kalimat UhibbuKI.

  • Penggunaan Dhamir KA: MUfrad mukhatab yaitu untuk seorang laki-laki.
  • Penggunaan Dhamir KI: Mufrad mukhatabah yaitu untuk seorang perempuan

Ada juga penggunaan untuk jamak dengan menggunakan dhamir KUM dan Kunna. UhibbuKUM digunakan untuk laki-laki secara jamak atau plural. Sementara UhibbuKunna digunakan untuk perempaun secara jama’ atau PLral.

Ana Uhibbukum Jami’an: Saya mencintai kalian (laki2) semuanya. Ana Uhibbukunna Jami’an: Saya mencintai kalian (pr) semuanya.

Nah, kalimat انا احبك فى الله dan turunannya sesuai dengan dhamir masing-masing adalah kalimat cinta yang ditujukan kepada saudara seiman. Islam menyuruh kita untuk mencintai sesama kita, Islam menyuruh kita akan menyayangi dan mencintai saudara kita sebagaimana kita mencintai kita sendiri. Rasa cinta ini akan membuat hidup ini aman, damai dan indah.

Allah adalah maha Kasih sayang yang memyayangi hamba-Nya, maka semua hamba-Nya harus menebar kasih sayang, bukan bermusahan tanpa sebab.

Bahkan jika kita ingin disayangi oleh orang lain, kita harus menyayangi.

من لا يرحم لا يرحم

Siapa yang tidak menyayangi, niscaya ia tidak di sayangi.

Maka, mulailah kita mencintai dan menyayangi saudara kita karena Allah, bukan karena hartanya, bukarena ia tampan, bukan karena ia punya jabatan tinggi, dan bukan karena hal-hal lain yang berhubungan dengan dunia, namun cinta dan sayang karena Allah. Itulah cinta yang di anjurkan dan harus di realisasikan dalam kehidupan ini.

Itulah arti Uhibbuka Fillah, uhibukki fillah atau uhibbukum fillah, semoga penjelasan singkat ini bisa menambah sedikit pengetahuan kita tentang Islam, khususnya tentang memahami makna kalimat انا احبك فى الله

Sumber: Loveinshallah

Previous articleQasidah Burdah: Penulis, Sejarah, dan Keutamaan
Next articleAllahumma Yassir Wala Tu’assir: Arab, Latin dan Maknanya