Home Info Apa Arti Jahiliyyah? Zaman Jahiliyyah

Apa Arti Jahiliyyah? Zaman Jahiliyyah

Apa Arti Jahiliyyah

Apa arti jahiliyyah atau zaman jahiliyyah? Sering kita mendengar bahwa zaman jahiliyyah itu adalah masa di mana orang belum mengenal Tuhan yang sebenarnya, masa di mana manusia tidak kenal Allah atau mengenal namun berpura-pura tidak mengenal Allah sebagai Tuhan sekalian alam.

Apakah benar seperti itu arti jahiliyyah? Mari kita lihat ulasannya berikut ini.

Apa Arti Jahiliyyah?

Zaman jahiliyyah adalah zaman sebelum di utusnya nabi Muhammad SAW atau zaman sebelum datangnya Islam.

Ini sebagaimana yang di jelaskan dalam kitab Al-mausuu’ah al fiqhiyyah, yang bunyinya adalah sebagai berikut:

الْمُرَادُ بِالْجَاهِلِيَّةِ: مَا قَبْل الإِْسْلاَمِ، أَيْ قَبْل مَبْعَثِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُمُّوا بِذَلِكَ لِكَثْرَةِ جَهَالاَتِهِمْ، أَوْ مَنْ كَانَ بَعْدَ مَبْعَثِهِ وَلَمْ تَبْلُغْهُ الدَّعْوَةُ.

Artinya: Yang di maksudkan dengan al-jahiliyyah adalah zaman sebelum datangnya Islam. Artinya sebelum masa bangkit atau di utusnya Nabi Muhammad SAW. Mereka di namakan seperti itu (jahiliyyah) karena banyaknya kebodohan mereka saat itu. Atau jahiliyyah itu adalah orang yang hidup setelah dibangkitnya Nabi Muhammad SAW namun kepada mereka tidak sampai dakwahnya Nabi SAW.

Artinya dalam kesendirian kehidupan mereka yang tanpa dakwah Islam, mereka bisa di sebut dengan jahiliyyah.

Dalam naskah lain, arti jahiliyyah adalah zaman fathrah atau zaman sebelum datangnya Islam. Zaman di mana orang Arab masih bodoh karena tidak mengenal Allah. Pada saat itu kehidupan mereka membanggakan keturunan atau nasab, angkuh dan selalu merasa dirinya benar. Zaman dimana mereka tidak mengenal Allah, tidak mengenal utusan Allah dan syari’at-syari’at-Nya.

Lihat juga:

Ini sebagaimana yang di sebutkan dalam kitab LIsanul ‘Arab:

والجاهلية : زمن الفترة ولا إسلام ، وقالوا : الجاهلية الجهلاء، فبالغوا . والمجهل : المفازة لا أعلام فيها ، يقال : ركبتها على مجهولها ، قال سويد بن أبي كاهل :

فركبناها على مجهولها بصلاب الأرض فيهن شجع وقولهم : كان ذلك في الجاهلية الجهلاء ، هو توكيد للأول ، يشتق له من اسمه ما يؤكد به ، كما يقال : وتد واتد ، وهمج هامج ، وليلة ليلاء ، ويوم أيوم .

وفي الحديث : إنك امرؤ فيك جاهلية ; هي الحال التي كانت عليها العرب قبل الإسلام من الجهل بالله سبحانه ورسوله وشرائع الدين والمفاخرة بالأنساب والكبر والتجبر وغير ذلك .

Kita bisa menyimpulkan bahwa zaman jahiliyyah atau jika ada yang bertanya Apa arti jahiliyyah? Maka jawabannya adalah masa dimana mereka belum mengenal Islam atau tidak mengenal Allah. Bisa juga kita mengatakan bahwa Jahiliyyah itu adalah orang yang hidup setelah Islam namun tidak datang dakwah Islam kepadanya.

Atau kita mengatakan bahwa Arti jahiliyyah adalah zaman fathrah atau zaman sebelum datangnya Islam. Sementara orang yang hidup waktu di sebut dengan orang Jahiliyyah.