Home Arabic Arti Ahlan Wa Sahlan: Terjemahan Arab, Latin, dan Indonesia

Arti Ahlan Wa Sahlan: Terjemahan Arab, Latin, dan Indonesia

177
Arti Ahlan Wa Sahlan

Assalamu’alaikum wrwb, segala puji Allah dan Shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabat beliau sekalian. Pada kesempatan ini, elsholat akan menjelaskan dan mengupas tentang arti Ahlan Wa Sahlan serta terjemahannya dalam bahasa Arab, latin dan Bahasa Indonesia.

Apa Arti Ahlan Wa Sahlan?

Arti Ahlan Wa Sahlan: Terjemahan Arab

Ahlan Wa Sahlan terdiri dari dua kalimat Ahlan dan Sahlan yang bahasa Arab di tulis dengan kalimat أهل dan سهل. Artinya adalah “keluarga” dan “mudah”.

Jadi, kalau keduanya digabungkan maka artinya adalah kami menerima anda sebagai bagian dari keluarga dan dengan mudah menerima anda tanpa menyulitkan apapun.

Jadi kalimat Ahlan wa Sahlan adalah ungkapan cinta juga, dan menghargai tamu dan orang datang ke tempat anda. Maka Ahlan Wa Sahlan di ucapkan saat menerima tamu.

Ada juga yang mengucapkan Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban bi Quduumikum. Artinya adalah Selamat datang kami menerima anda sebagai bagian dari keluarga dan tanpa menyulitkan anda papun serta kami menyambut anda dengan dada yang lapang. Karena kalimat MARHABAN adalah berasal dari kalimat RAhb yang artinya “luas atau lapang dada”.

Ada juga yang mengatakan bahwa arti Ahlan Wa Sahlan adalah “halalta ahlan wa nazalta sahlan”.

Sementara yang lain mengatakan arti Ahlan Wa Sahlan أهلا و سهلا adalah ji’ta ahlan wa wati’ta sahlan atau atayta ahlan wa halalta sahlan dan qadimta ahlan wa wata’ta sahlan, sebagaimana yang di katakan oleh kabarkan.com.

Namun demikian, sebagian besar orang Indonesia dengan sederhana mengartikan kalimat Ahlan Wa Sahlan dengan “Selamat Datang” walaupun makna lebih luas daripada itu. Maka, sering kita dengar dalam banyak pertemuan di ucapkan ahlan Wa Sahlan dengan arti selamat di tempat kami.

Kalimat tersebut sekalipun diartikan dengan Selamat Datang, ini tidak salah karena makna daripada KAMI MENERIMA ANDA SEBAGAI BAGIAN DARI KELUARGA DAN MEMUDAHKAN TANPA MENYULITKAN ANDA tetap mengandung makna Selamat Datang.

Namun demikian, kita perlu pahami makna yang sesungguhnya sehingga saat seseorang menyambut kita dengan Ahlan Wa Sahlan kita memahami bahwa mereka menerima kita dengan mudah, dada lapang, dan tanpa menyulitkan. Ini mengandung makna cinta sesama saudara dan bisa mengikatkan tali persaudaraan antara sesama.

Balasan terhadap Ahlan Wa Sahlan

Balasan terhadap Ahlan Wa Sahlan

Kita sudah memahami makna dan arti Ahlan Wa Sahlan, lantas bagaimana dengan balasan atau jawaban terhadap yang mengucapkan kalimat ahlan wa sahlan.

Saat seseorang mengucapkan Selamat datang dengan ucapan Ahlan Wa Sahlan, maka kita menjawabnya dengan kalimat Ahlan Bika, Ahlan Biki, Ahlan bikum atau Ahlan bikunna (Sesuai dengan dhamir atau siapa yang mengucapkannya dan berapa jumlahnya).

Arti Ahlan Bika, atau Ahlan biki, bikum, bikunna adalah “Sama-sama”.

Jawaban dalam Bahasa Arab: أهلا بك, أهلابكم, أهلا بكن (Ahlan Bika/biki, Ahlan bikum, dan Ahlan Bikunna)

Sama seperti kita mendengar seseorang yang mengucapkan kalimat terimakasih dalam bahasa Arab dengan ucapan “Syukron”, maka kita menjawabnya dengan “Afwan” yang artinya “sama-sama”.

– Jika yang mengucapkan Ahlan Wasahlan Seorang perempuan, maka kita menjawab “Ahlan Biki”, namun bacaannya kita waqaf sehingga bunyinya adalah “Ahlan Bik”.

– Jika yang mnengucapkan Ahlan Wa Sahlan seorang laki-laki, maka kita menjawabnya dengan “Ahlan BIka”, ketika di waqaf jadi bunyinya adalah “Ahlan Bik”.

– Jika yang mengucapkan Ahlan Wa Sahlan beberapa orang laki-laki atau ada beberapa orang disana, maka jawabankita adalah “Ahlan Bikum”. Dengan menggunakan dhamir jamak mukhatab (plural untuk laki-laki atau muzakkar).

– Jika yang mengucapkannya beberapa orang perempuan seperti beberapa akhawat maka kita jawab dengan kalimat “Ahlan Bikunna”.

Ahlan Wa Sahlan Vs Marhaban

Ahlan Wa Sahlan Vs Marhaban

Keduanya nampak sederhana dan sama, namun ada perbedaan yang mendasar antara kalimat atau ucapan Ahlan Wa Sahlan dan Marhaban.

Arti Ahlan Wa sahlan adalah selamat datang dan menerima tamu dengan baik dan memudahkan tamu yang bertamu. Sedangkan Marhaban sebenarnya lebih lembut dan sopan, maka kalimat MARHABAN INI cocok untuk di ucapakan ketika menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan. jadi, kita sering mendengar Marhaban yang Ramadhan.

Anda juga suka:

Marhaban berasal dari kalimat Rahb yang artinya luas dan lapang, dan sering di artikan dengan lapang dada. Marbahan Ya Ramadhan artinya kami menyambut kedatang Ramadahan dengan dada lapang dan senang gembira. Karena hal ini kadang orang kita sering menggabungkan kedua ucapan selamat datang ini denan mengatakan AHLAN WA SAHLAN WA MARBAHAN.

Demikianlah penjelasan dan pelajaran kita hari ini tentang arti Ahlan Wa Sahlan, baik dengan bahasa Arab, terjemahan dan bahasa Indonesia. Semoga menambah wawasan kita dan mengetahui arti yang sesungguhnya serta bisa di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Previous articleArti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki: Bahasa Arab dan Terjemahannya
Next articleLirik Sholawat Khudzuni: Khudzuni Fabu’di…