Home Islamic Terms Fii Amanillah: Arabic, Latin, Jawaban dan Maknanya

Fii Amanillah: Arabic, Latin, Jawaban dan Maknanya

193
Fii Amanillah: Arabic, Latin, Jawaban dan Maknanya

Arti Fii Amanillah – Apa sebenarnya arti dari kalimat Arab yang berbunyi “Fii Amanillah”. Kita sering mendengar ada kata kata good bye saat perpisahan, ada kata-kata see you letter, see you soon, hati-hati di jalan dan lain sebainya sebagai kalimat yang diucapkan saat adanya perpisahan atau melepaskan seseorang untuk musafir dan melakukan perjalanan.

Namun ada kalimat lain yang lebih mengena dan bernilai doa yang luarbiasa. Ini adalah kalimat “Fii Amanillah”. Kalimat ini saat diucapkan dalam perpisahan atau ketika kita berpisah dengan teman di perjalanan, berpisah dengan saudara dan lain sebagainya akan memiliki makna yang luar biasa. Ini adalah doa untuk mereka yang pergi dan berpisah dengan kita.

Fii Amanillah dan artinya

Lantas apa arti Fii Amanillah? Inilah yang akan kita jelaskan disini. Mari baca terus artikel ini dan temukan makna fi amanillah, tulisan dengan Arab, latin dan penjelasannya.

Apa Arti Fii Amanillah

Ini adalah kalimat yang di ucapkan untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan baik darat, udara atau laut. ketika kita akan berpisah dengan orang yang akan melakukan perjalanan tersebut, sunnat bagi kita untuk mengucapkan Fii Amanillah. Ini adalah do’a untuk ke amanan bagi orang yang akan bepergian.

Arti dari kalimat Fii Amanillah adalah “Dalam pengamanan Allah atau dalam penjagaan Allah”.

Maka, kalimat ini cocok di ucapkan untuk orang yang akan pergi atau melakukan perjalanan sebagaimana yang kita jelaskan di atas.

Ucapan Fii Amanillah mengandung doa, dimana yang mengucapkannya meminta pengamanan dari Allah terhadap orang yang akan melakukan perjalanan, semoga ia di lindungi oleh Allah dan di jaga sehingga terhindar dari berbagai bahaya dan musibah.

Maka, sangat cocok dan pantas untuk di ucapkan kepada teman, saudara, atau kerabat yang akan melakukan perjalanan. Ucapan Fii Amanillah juga bisa di ucapkan untuk saudara kita yang sedang melakukan sesuatu yang kita anggap berbahaya. Inti dari ucapan Fii Amanillah adalah mengharapkan penjagaan Allah dan pengamanan-Nya.

Fii Amanillah dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Fii Amanillah dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Dalam bahasa Arab dan tulisan Arab di sebut:

فى أمن الله

Latin: Fii Amanillah

Artinya: Dalam pengamanan Allah

Penjelasannya: Ucapan Ini adalah do’a yang bermaksud meminta agar orang tersebut di jaga oleh Allah, di amankan dari berbagai bahaya dan marabahaya.

Sesama muslim kita sangat dianjurkan untuk sering mengucapkan ucapan فى أمن الله ini bagi saudara-saudara kita yang melakukan sesuatu yang berpotensi bahaya, termasuk melakukan perjalanan darat, laut dan udara.

Balasan Ucapan Fii Amanillah

Ketika seseorang mengucapkan فى أمن الله terhadap kita maka kita juga di anjurkan untuk mengucapkan sesuatu yang baik untuknya seperti mendoakan keselamatan terhadapnya juga.

Kita bisa menjawab ucapan Fii Amanillah (فى أمن الله) dengan Ma’assalamah atau Keselamatan juga atasmu.

Lebih bagus lagi jika kita menjawab dengan kalimat yang lebih panjang atau dengan doa yang lebih panjang lagi daripada yang di bacakan kepada kita. Misalnya kita membalasnya dengan kalimat: Semoga keselamatan atas anda dan Allah selalu menjaga anda dari berbagai hal buruk.

Ini sama seperti kita menjawab salam. Salam (Assalamu’alaikum wr.wb) adalah kalimat keselamatan yang kita doakan kepada orang lain. Disini, orang yang di doakan selamat tersebut sunnat menjawab dengan kalimat yang lebih sempurna. Sebagai contoh:

السلام عليكم

Maka kita menjawabnya:

وعليكم سلام ورحمة الله وبركاته

Nah, demikian juga halnya dengan ucapan balasan terhadap ucapan فى أمن الله atau Fii Amanillah. Ketika seseorang mendo’akan kita, maka sunnat mendo’akannya dengan doa yang lebih bagus.

Anda juga tertarik dengan:

Keutamaan Membaca Fii Amanillah

Sebagaimana kita sebutkan bahwa kalimat atau frasa tersebut adalah do’a untuk saudara kita. Maka, salah satu bentuk keutamaan membaca doa ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan cinta kita kepada saudara kita. Jadi, selain kita mengucapkan kalimat Uhibbuka Fillah, mendo’akan saudara kita juga bentuk dari cinta kepada saudara kita karena Allah.

Dengan mengucapkan atau mendo’akan saudara kita dengan ucapan Fii Amanillah, maka itu sudah termasuk cinta karena Allah terhadap saudara kita sebagaiman yang dianjurkan bahkan di perintah oleh Agama. Cinta kepada saudara muslim karena Allah adalah bentuk kesempurnaan Iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sumber: https://loveinshallah.com/fii-amanillah-meaning/

Previous articleArti Jazakallah Khairan Katsiiraa
Next articleArti Syukron: Balasan, Jawaban, dan Penggunaannya