Home Islamic Terms Arti Mabruk Alfa Mabruk: Bahasa Arab dan Indonesia

Arti Mabruk Alfa Mabruk: Bahasa Arab dan Indonesia

34
Arti Mabruk Alfa Mabruk

Apa arti mabruk alfa mabruk? Ini adalah bahasa Arab yang jika di Indonesiakan memiliki arti berkah beribu berkah atau semoga mendapatkan ribuan keberkahan.

Dalam bahasa Arab di tulis

The elsholat.com Contents

مبروك الف مبروك

Mabruk Alfa Mabruk adalah ucapan selamat yang biasanya di ucapkan untuk seseorang yang sedang berulang tahun atau memperingati hari jadinya.

Di kalangan ummat Islam ucapan Mabruk Alfa Mabruk sudah sangat terkenal bahkan sudah menjadi bahasa Arab yang di Indonesiakan. Sekalipun kita ngomong bahasa Indonesia, namun kalimat Mabruk Alfa Mabruk tetapi di ucapkan dengan bahasa Arab.

Bahkan ada lagu Mabruk Alfa Mabruk yang biasanya di lagukan dan di dengungkan di momen-momen ulang tahun.

Sebenarnya mengucapkan kalimat ini adalah sebagai pengganti ucapan Selamat Ulang Tahun dalam bahasa Indonesia seperti “Selamat ultah ya” atau menggantikan ucapan ulang tahun bahasa Inggris yaitu “Happy birth Day”.

Arti Mabruk Alfa Mabruk berkah seribu berkah

Ucapan Mabruk Alfa Mabruk tidak hanya sebagai pengganti ucapan SELAMAT ULANG TAHUN namun juga sebagai ucapan doa dimana Ucapan bahasa Arab مبروك الف مبروك memiliki makan doa yaitu permohonan keberkahan untuk seseorang yang sedang merayakan ulang tahun.

Jadi, sangat beda dengan ucapan Selamat Ulang Tahun dalam bahasa Indonesia yang hanya merupakan ucapan kegembiraan saja. Ok, untuk lebih jelas tentang arti Mabruk alfa Mabruk atau مبروك الف مبروك mari kita lihat ulasan berikut ini.

Arti Mabruk Alfa Mabruk

Dalam Islam arti Arti Mabruk Alfa Mabruk adalah beberapa sudut pandang, diantaranya adalah:

1. Arti Mabruk Alfa Mabruk secara Harfiah

Dalam bahasa Arab tulisan مبروك الف مبروك memiliki arti berkah seribu berkah dan bisa juga di artikan secara insyaiyyah atau bermakna Thalab (tuntut) sehingga artinya adalah semoga Allah memberkati dengan ribuan berkah.

Kalimat ini sangat cocok di ucapkan saat ada teman atau saudara kamu yang sedang merayakan ulang tahunnya. Kadang juga di ucapkan kepada seseorang yang behasil dalam suatu acara seperti sukses dalam cerdas cermat, atau mendapatkan promosi doktor dan sebagainya, sangat bagus untuk di ucapkan kalimat tersebut kepadanya.

2. Arti Mabruk Alfa Mabruk secara Etimologi

Secara bahasa atau Etimologi kalimat Mabruk Alfa Mabruk terdiri dari tiga kalimat dalam bahasa Arab yaitu:

  • مبروك Berkah atau di berkahi
  • الف Seribu atau ribuan
  • مبروك Semoga di berkahi

Jadi, makana dari kalimat Mabruk Alfa Mabruk adalah: “Semoga di berkahi dengan ribuan keberkahan”.

3. Mabruk Alfa Mabruk Secara Terminologi

Kalimat ucapan dalam bahasa Arab ini adalah kalimat yang di tujukan untuk sebuah hari jadi atau ucapan kebahagiaan untuk seseorang yang sedang mengalami kesenangan seperti ulang tahun atau sukses dalam suatu hal.

Daripada mengucapkan “Selamat ulang tahun” atau “happy birth day”, lebih baik kita mengucapkan Ucapan Mabruk Alfa Mabruk karena mengandung doa dan pengharapan keberkahan dari Allah.

Lihat juga:

Previous article5 Hikmah Memiliki Sifat Istiqamah
Next articleManfaat dan Khasiat Kulit Semangka Buat Kesehatan