Home Info Ini Arti Mimpi Hamil Secara Umum dan Menurut Ajaran Islam

Ini Arti Mimpi Hamil Secara Umum dan Menurut Ajaran Islam

59
Ini Arti Mimpi Hamil

Mimpi hamil, mungkin bagi wanita ini adalah sesuatu yang pernah di alaminya karena memang hamil itu terjadi pada wanita secara fakta. Ok, baiklah pada kesempatan ini kita akan melihat apa saja arti mimpi hamil, sedikit banyaknya ada wanita yang mengalami mimpi seperti ini terutama mereka yang sudah lama mengidamakn datangnya si kecil atau memiliki momongan.

Simak terus ulasan dalam artikel ini karena kami akan mengulas tentang arti hamil yang cukup beragam, mulai dari mendapatkan keberuntungan bahkan ada yang lucu penafsirannya. Apa itu, simak terus ulasan kami berikut ini.

Mimpi sering di istilahkan dengan bunga tidur, artinya dengan adanya mimpi kadang memberikan keindahan dalam tidur (tentu kalau mimpi yang menyenangkan). Mimpi dalam bahasa Arab di sebut dengan “Ra’yun” atau “rakyun fil manam”. Melihat sesuatu dalam keadaan tertidur. Dalam pengetahuan modern mimpi di artikan dengan suatu halusinasi yang terjadi selama rapid eye movement (REM).

Mimpi seseorang cendrung sesuai dengan pikiran yang selalu di pikirkan, jadi ini terkait dengan pikiran emosional seseorang. Apa yang selalu kita ingat, biasanya akan muncul dalam mimpi, maksudnya sesuatu yang kita lihat itu merasuk dalam sanubari atau emosional kita.

The elsholat.com Contents

Jenis-Jenis Mimpi

Dalam Islam, mimpi ada tiga jenis, ada mimpi dari Allah, mimpi dari syaithan dan ada juga mimpi yang datang dari diri seseorang.

Arti Mimpi Hamil Secara Umum

Sekilas kita lihat bahwa mimpi dari Allah adalah mimpi tentang sesuatu yang benar dan terjadi ketika seseorang tidur dalam keadaan suci. Mimpi ini sangat real dalam jiwa seseorang sekalipun ia sedang tidur pulas. Contoh mimpi dari Allah adalah seperti mimpi yang di alami Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anaknya Islamil AS. Demikian juga dengan mimpi yag di alami nabi Yusuf AS dimana beliua bermimpi bintang sujud kepadanya.

Kemudian ada mimpi dari syaithan, ini adalah mimpi buruk atau mimpi yang di alami seseorang ketika dalam keadaan tidak bersih dari hadas. Maka, ketika tidur dalam Islam disunnatkan untuk bersuci dengan berwudhu. Tidur dalam keadaan suci tidak hanya tentang bagusnya mimpi tetapi akan mendapatkan penjagaan dari Allah selama kita tidur.

Ada juga mimpi dari diri seseorang itu sendiri, ini bukan datang dari Allah atau dari setan, tetapi memang hal yang terjadi pada diri seseorang karena ia terlalu terbawa emosional tentang sesuatu. kadang ketika seseorang melihat dengan matanya sesuatu yang menakutkan, kemudian terbawa mimpi, atau ketika ia menginginkan sesuatu dengan harapan yang sanat kuat, bisa juga terbawa dalam mimpinya.

Baik, kembali kepada mimpi hamil, jadi mimpi hamil itu bisa datang dari Allah, dari setan atau dari jiwa seseorang. INi tergantung bagaimana cara seseorang mengalami mimpi tersebut dan di kaitkan dengan gejolak psikologisnya.

Baca juga: Tata Cara Mandi Junub, Niat Mandi Wajib

Mimpi seseorang tentang hamil kadang bisa jadi kenyataan atau tidak tetapo hanya sebatas bunga tidur saja. Namun, kalau itu dari Allah dan cara ia bermimpi juga dengan cara yang bagus, mulai dari tidurnya, do’a-do’a yang di bacakan dalam tidur, kemudian berwudhu dan ia mengalami mimpi hamil, ini bisa jadi dari Allah dan akan menjadi kenyataan. Namun, ahli mimpi kadang menafsirkan mimpi itu bukan seperti yang dimimpikan itu sendiri. Kalau seseorang bermimpi hamil (misalnya), bisa jadi ini sebuah makna keberuntungan. Artinya, seseorang yang bermimpi bisa jadi akan mengalami keberuntungan baik dari perdagangan, binsisnya dan lain sebagainya.

Jadi, ketika seseorang bermimpi hamil, belum tentu ia akan hamil, jadi reaksi anda ketika bermimpi tentang sesuatu yang sangat anda harapkan dan itu terjadi dalam mimpi anda dengan sangat jelas. Reaksi anda adalah untuk tidak membicarakannya kepada siapapun kecuali yang berkompeten dan benar-benar memiliki akhlak yang bagus. Namun kalau penulis lebih kepada mendiaminya aja sambil berdoa kepada Allah agar bisa tercapai seperti dalam mimpi.

Ok, jadi arti mimpi hamil kadang bukan hamil itu sendiri, namun ada hal-hal lain dalam kehidupan kita, atau bisa saja itu hanya bunga tidur dan tidak memiliki arti sama sekali.

Seorang ahli mimpi yang bernama Lauri Loewenberg, penulis tentang mimpi yang sangat profesional. Ia mengatakan bahwa mimpi kehamilan biasanya di kaitkan dengan hal-hal lain dalam kehidupan yang biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang sedang tumbuh atau berkembang.

Lihat juga: Kumpulan Kata Bijak Paling Bermakna

Ia mengatakan bahwa arti mimpi hamil bisa beragam, diantara adalah:

  • Menggambarkan tentang bagaimana planning yang sedang di tekuni
  • Gelar yang sedang di perjuangkan akan membuahkan hasil
  • Juga bisa berupa tanda bahwa anda akan segera membuka lembaran kehidupan baru

Mimpi hamil yang di alami perempuan biasanya adalah beberapa jenis, seperti:

  • Mimpi sedang mengandung
  • Mimpi sedang menjalani program kehamilan
  • Persiapan melahirkan

Bercengkrama dengan suami dan menjalani trismester kedua kehamilan

Bagaimana bentuk mimpi kehamilan yang di alami seorang wanita, tetap saja ini memiliki makna yang luarbiasa baginya. Lantas bagaimana makna mimpi hamil yang sebenarnya. Berikut beberapa penafsiran makna mimpi hamil yang dianggap sangat istimewa.

Arti Mimpi Hamil Secara Umum Menurut Pakar Mimpi

Bermimpi sedang hamil bisa di alami oleh wanita kapan saja, sekalipun sekarang beoum menikah atau sudah menikah namun tidak sedang hamil. Jadi, bisa saja di alaminya kapan saja. Lantas bagaimana arti mimpi hamil tersebut? Yuk kita lihat beberapa makna mimpi hamil yang spesial dan istimewa.

1. Menunjukkan kreativitas pemimpi

Seorang analisis mimpi atau pakar mimpi, Stephanie Gailing mengatakan bahwa arti mimpi hamil adalah sering melambangkan hubungan antara pemimpi dengan kreativitasnya.

Dalam artik kata, arti mimipi hamil itu adalah sebuah ide yang sudah muncul dari seorang pemimpi didunia nyata. Jadi, seseorang yang bermimpi sedang hamil, itu menandakan bahwa ia adalah seorang yang kreatif dan mimpi ini bisa menjadi tanda atau sebagai pemberitahuan bahwa ia adalah kreatif dan punyai ide cemerlang.

namun, demikian, arti seperti ini bukanlah satu-satunya penafsiran dari mimpi hamil. Kadang mimpi hamil juga bisa berarti tentang masalah seksualitasnya yang tidak memuaskan atau tidak terpuaskan. Ini sebagaimana yang di katakan Matt Lundquist, psikoterapis dari Columbia University, Amerika Serikat.

2. Memiliki arti berbeda sesuai dengan waktunya

Berbeda waktu bermimpi akan berbeda penafsirannya. Kalau bermimpi di pagi hari ini artinya anda akan mendapatkan pekerjaan yang anda dambakan. Namun kalau mimpi itu di siang hari, ini berarti bahwa jerih payah anda akan terbayarkan berlipat ganda.

jadi, mimpi hamil itu di artikan sesuai dengan waktu anda bermimpi.

3. Tak percaya kepada diri sendiri

Ada juga penafsiran dari mimpi hamil adalah sebagai bentuk bahwa pemimpi tidak mempercayai dirinya sendiri. Ini biasanya seseorang pemimpi mengalami mimpi hamil yang sama sekali kehamilan itu sesuatu yang tak di rencanakan atau di inginkan.

Gailing menyebutkan bahwa bermimpi tentang hamil yang tak di rencanakan atau melahirkan sesuatu yang mengerikan, ini menunjukkan bahwa anda tidak mempercayai diri anda sendiri.

4. Memiliki semangat dalam diri (jiwa)

Bermimpi hamil tidak melulu bermakna sesuatu yang buruk, ada juga makna yang special dan bagus seperti anda adalah seorang yang memiliki semangat yang luarbiasa dalam diri anda.

Gailing mengatakan bahwa mimpi yang memiliki arti seperti ini adalah mimpi terhadap kehamilan yang membahagiakan atau kehamilan yang sehat dan sesuai dengan yang di rencakan.

5. Ketakutan alam bahwa sadar

Ada juga makna dari mimpi hamil itu adalah ketakutan alam bawah sadar anda.

Jadi, ketika anda bermimpi sedang hamil bisa saja ini menunjukkan adanya sesuatu yang dari alam bawah sadar anda seperti ketakutan alam bawah sadar. Ini bisa berupa masalah s3ksual, keinginan yang tak tercapai, atau masalah ketakutan bawah sadar anda, ini sebagaimana yang di katakan Matt Lundquist, LCSW, psikoterapis dan terapis pasangan.

Kadang ada sesuatu yang dalam hidup anda yang membuat anda menjadi gelisah atau menjalani kehidupan ini dengan tanpa kepastian.

6. Arti hamil untuk wanita yang sudah menikah

Dalam menafsirkan mimpi hamil bagi yang sudah menikah para ahli tafsir mimpi mengatakan itu bisa saja akana da cobaan yang harus di hadap seseorang tersebut di masa depan. Jadi, bukan hamil benaran yang di artikannya, melainkan akan ada masalah dalam rumah tangga yang akan terjadi. Namun inghat, ingat hanya arti mimpi dari sebagian orang. Kita belum lihat arti mimpi menurut Islam, karena pada akhir artikel nantinya kami akan menulis bagaimana arti mimpi menurut Islam sebagaimana yang di katakan oleh para ulama.

Namun, arti hamil lainnya juga bisa merupakan sebuah pertanda yang bagus untuk anda. karena sebagian orang juga mengatakan bahwa arti hamil dalam mimpi orang yang sudah menikah adalah pertanda bahwa ia akan segera ada momongan.

Sementara bunda yang sudah memiliki anak, namun bermimpi hamil, ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa anda akan mengalami kemajuan dan perkembangan dalam kehidupan.

7. Mimpi mengandung bayi bukan manusia

Sangat aneh ya, namun sebuah mimpi bisa saja terjadi, karena kadang mimpi itu seperti sebuah film yang semuanya bisa terjadi. Jadi, bisa saja seseorang bermimpi sedng mengandung bayi bukan manusia. Lantas apa arti mimpi seperti ini?

Disebutkan itu adalah akan ada perkembangan baru dalam hidupmu dan kamu merasa asing dengan hal itu. Jadi, bukan sesuatu yang familiar atau yang pernah anda temukan dalam hidup anda, jadi terasa asing bagi anda. Demikain yang di jelaskan oleh Loewenberg.

8. Bermimpi hamil ketika sedang hamil

Bagaimana kalau seorang bunda bermimpi hamil ketika ia sedang hamil? Jika seorang yang sedang hamil dan bermimpi sedng hamil, wajar saja karena itu sedang di alaminya secara fisik dan terbawa dalam alam bawah sadar dan muncul dalam mimpi.

Kalau anda bermimpi misalnya ada sesuatu yang salah dengan kehamilan anda, jangan terlalu di pikirkan karena itu belum tentu akan terjadi seperti di mimpi. Namun, lebih kepada adanya kasus di alami secara wajar seperti ada kegelisahan selama kehamilan dan lain sebagainya. Bukan sesuatu yang akan terjadi dan menakutkan, jadi tetap berpikrian positif dan selalu optimis.

9. Mimpi keguguran

Pernahkah anda bermimpi akan mengalami keguguran? INi bisa terjadi bagi seorang yang sedang hamil dan bisa terjadi bagi seorang yang tidak hamil. Kalau orang lain bermimpi sedang mengalami hamil, namun bagi sebagian yang lainnya atau anda justru bermimpi keguguran.

Orang pernah mengalami keguguran di masa lalu dan bermimpi tentang hal itu, wajar saja karena ini hanya sebagai bentuk rasa ketakutan yang hadir dalam benaknya karena pernah mengalaminya. Sementara mimpi keguguran bagi orang yang belum pernah mengalami keguguran, ini hanya pertanda bahwa ia takut terhadap keguguran.

Namun bisa saja mimpi keguguran di artikan dengan cara lain seperti bunda ada hal-hal yang harus di lepaskan dalam kehidupan bunda, misalnya: Clubbing, minum olkohol, atau olahraga berat.

10. Mimpi hamil juga diartikan sebagai pertanda baik

Ketika seorang ibu mengalami mimpi hamil muda, ini di katakan bahwa anda akan sedang mengalami pertanda baik. Bisa jadi ini adalah sebuah kepercayaan yng di berikan sekalipun beresiko untuk di jalankan namun bisa memberikan kesuksesan besar jika berhasil di jalankan.

Para ahli mimpi menyebutkan bahwa bentuk kesuksesan itu bisa berupa mendapatkan banyak harta atau kekayaan.

Arti Mimpi Hamil Secara Umum Menurut Pakar Mimpi

Arti Mimpi Hamil dalam Islam

Hamil adalah sesuatu yang didambakan oleh semua wanita yang telah menikah, karena hamil merupakan salah satu tujuan dalam sebuah pernikahan. Maka, ketika seseorang mengalami kehamilan, ada rasa percaya diri dan senang serta bahagia. Namun ada juga yang tidak menginginkan kehamilan untuk sementara dengan alasan tertentu, atau tidak lagi ingin hamil karena sudah merasa cukup dengan anaknya.

Namun, hamil adalah sesuatu yang identik dengan kebahagiaan dan senang. Lantas, bagaimana dengan hamil dalam mimpi. Apa arti mimpi hamil menurut Islam dan apakah ini pertanda baik atau sebaliknya atau diartikan seperti mimpi itu sendiri atau sebaliknya.

Setelah tadi kita melihat berbagai arti hamil menurut pakar mimpi dan analis terkemuka. Sekarang kita ingin tahu juga bagaimana sebenarnya arti hamil dalam pnadangan Islan. Sebagai muslim, tentu kita perlu tahu dari aspek keislaman karena ini adalah sesuatu yang lebih kita percaya sekalipun tidak ada juga Islam kewakjiban untuk percaya terhadap sebauh makna mimpi.

Sebelum kita arti mimpi dalam Islam, sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas bahwa dalam Islam mimpi itu ada 3 jenis. Ada mimpi dari Allah yaitu mimpi yang benar, ada mimpi dari syaithan yaitu mimpi yang tidak diinginkan oleh pemimpi, misalnya sesuatu yang menyeramkan atau hal-hal menakutkan dalam mimpinya dan ketiga ada mimpi dari diri seseorang. Misalnya, seseorang sering melakukan suatu perbuatan di alam nyata, maka terbawa hal itu dalam mimpinya.
Ini lebih kepada sebab hal itu menjadi berbekas dalam alam bawah sadarnya atau psikologisnya.

Selain pembagian mimpi kepada tiga hal ini, dalam Islam juga di sebutkan bahwa orang yang paling banyak mengalami mimpi benar adalah mereka yang paling shaleh dalam hidupnya, mereka yang paling jujur dalam hidupnya. Dalam hal ini, Dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim menyebutkan bahwa siapa yang paling jujusr dalam hidupnya, dialah yang paling banyak benar mimpinya. Jadi, sesuatu yang di lihat dalam mimpinya bisa saja itu pertanda sebuah kenyataan yang akan di hadapinya.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُسْلِمِ تَكْذِبُ وَأَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا

Artinya: Apabila telah dekat hari kiamat, hampir saja mimpi seorang muslim tidak akan berbohong, yang paling benar mimpinya adalah yang paling benar ucapannya.. (HR. Muslim)

Lantas, bagaimana dengan mimpi hamil dalam Islam? Dalam bermimpi tentang hamil, ada perkataan dari seorang Ulama yang bernama Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsa’i dalam kitab Jami Tafasir al-Ahlam yang menyebutkan:

رؤية الحمل. وأما الحمل فهو للمرأة زيادة المال وللرجل حزن وقيل رؤية الحمل دليل على النعمة والمال سواء كان الرائي رجلا أو امرأة ورؤية الصبي الذي دون البلوغ أنه حامل تؤول لوالده ورؤية الصبية ذلك لوالدتها ومن رأى أن امرأته حامل فإنه يرجو شيئا من عرض الدنيا وقال بعضهم والحمل صالح للرجال والنساء على كل حال ومن رأى أن شيئا من الحيوان حامل فهو خير ومنفعة خصوصا إن كان نوعه محبوبا

Artinya:
Mimpi hamil yaitu sesuatu yang di alami oleh perempuan artinya adalah bertambah hartanya, namun jika mimpi hamil di alami oleh laki-laki, maka arti mimpi hamil bagi laki-laki adalah bertambah gundah atau sedih. Ada juga yang berpendapat bahwa ini adalah penambahan nikmat (rezeki) dan harta baik yang bermimpi itu adalah kaum laki-laki atau wanita. Namun apabila yagn bermimpi hamil adalah anak-anak yang belum baligh, jika ia laki-laki maka mimpinya id tujukan kepada Ayahnya, namun jika anak-anak itu adalah perempuan, maka mimpi hamil yang di alaminya adalah di tujukan kepada Ibunya. Namun, apabila seorang suami bermimpi bahwa isterinya sedang hamil, maka arti mimpi ini adalah seorang suami tersebut sedang mengharapkan sesuatu yang berhubungan dengan perkara duniawi. Sementara pendapat lain menyebutkan bahwa siapa saja yang bermimpi tentang hamil baik laki-laki maupun perempuan, maka arti mimpi itu adalah suatu kondisi yang bagus dan itu menunjukkan kepada sebuah kebaikan, apapun kondisinya. Dan apabila seseorang bermimpi bahwa yang hamil adalah hewan, maka itu artinya akan ada sebuah manfaat besar yang akan datang kepadanya apalagi kalau hewan tersebut termasuk dari jenis hewan yang disukainya.

Itulah beberapa arti mimpi hamil yang disebutkan dalam khazanah Islam dan anda juga bisa menjumpai hal ini dalam kitab karangan seorang ulama yang bernama Ibu Sirin, nama kitabnya adalah Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam.

Jadi, hingga sampai ini, kita bisa menyimpulkan bahwa arti mimpi hamil menurut Islan adalah sebuah kebaikan dan manfaat atau sebuah kebahagiaan. Demikian juga kebanyakan penafsiran yang di lakukan oleh pakar alam mimpi sebagaimana yang kita sebutkan di atas. Namun demikian, apakan yang kita mimpikan itu akan datang sebagaimana dari tafsir mimpi yang sudah di artikan oleh pakar-pakar. Belum tentu, jika Allah berkehendak, itu terjadi dan jika Allah tidak berkehendak, maka itu tidak terjadi. Segala sesuatu atas ketentuan-Nya.

Mari kita renungkan sebuah firman Allah SWT.

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ ۚ

Artinya: Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya.

Previous article7 Manfaat Kesehatan daun Ketapang, Salah Satunya Melawan Diabetes
Next articleMengenal Kitab Mauidlatul Mukminin, Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin