Home Islamic Terms Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, Syafakumullah, Syafahullah

Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, Syafakumullah, Syafahullah

403
Arti Syafakallah: Tulisan Arab, Makna

Assalamu’alaikum wr.wb, pada kesempatan ini kami akan jelaskan arti Syafakallah. Apa arti syafakallah dan beberapa istilah lainnya yang serupa seperti Syafahullah, syafakumullah, syafakillah, dan lain-lain.

Ini adalah sitilah dalam bahasa Arab, dan secara umum digunakan oleh orang Islam dalam mendoakan saudaranya yang sedang sakit. Maka, kami masukkan dalam kategori Islamic terms karena memang khusus digunakan oleh orang Islam, bukan karena bahasa Arabnya tetapi karena unsur doa. Lantas, apa arti Syafakallah atau ucapan syafakallah, syafahullah dan lain-lain. Mari kita explore lebih jauh pembahasannya.

Arti Syafakallah, Tulisan Arab dan Penjelasannya

Arti Syafakallah, Tulisan Arab dan Penjelasannya

Syafakallah adalah Bahasa Arab dan sudah populer di ucapkan sebagai doa untuk kesembuhan orang sakit. Tidak hanya populer di kalangan orang Arab saja, tetapi ucapan Syafakallah juga sudah menyebar dan menular ke seluruh kalangan Ummat Islam dimana saja tak kecuali di Indonesia.

Kita banyak melihat tulisan Syafakallah atau dalam Tulisan Arabnya “شفاك الله” di tulisa teman kita, saydara kita di staust WA atau di chat WA. Lantas apa arti kalimat tersebut dalam bahasa INdonesia?

ِArti Syafakallah: Tulisan dalam Bahasa Arab:

شفاك الله

Latin: Syafakallah

Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu

Semoga Allah menyembuhkanmu, ini adalah doa yang kita mohon pada Allah yang maha berkehendak dan Maha Kuasa agar saudara kita, keluarga kita dan teman-teman kita di sembuhkan dari penyakit yang di alaminya.

Jadi, arti syafakallah adalah semoga Allah menyembuhkan penyaktimu, menyingkirkan penyakit dan membuat engkau kembali sehat seperti sedia kala.

Selain term atau istilah Islam SYAFAKALLAH, ada beberapa variasi lainnya sesuai dengan penggunaann shamir dalam bahasa Arab. Mari kita lihat lebih jauh lagi!

Arti Syafahullah, Syafahallah, Syafakumullah, Syafakillah, Syafahumullah

Arti Syafahullah, Syafahallah, Syafakumullah, Syafakillah, Syafahumullah

1. Syafahullah: شفاك الله

Arti syafahullah sama seperti syafakallah, hanya saja dalam term ini menggunakan dhamir “hu” yang menunjukkan kepada seorang laki-laki (dia seorang laki-laki).

Kita mengucapkan kalimat tersebut atau syafahullah saat mendengar teman kita membicarakan kondisi temannya atau kondisi teman kita yang sedang sakit. Maka kita katakan kepada lawan bicara kita “Syafahullah” Semoga Allah menyembuhkannya dari penyakit.

2. Arti Syafahallah: شفاها الله

Sementara Syafahallah menggunakan shamir “ha” yang menunjukkan kepada dia orang perempuan. INi sama seperti penjelasan pada nomor 1, hanya saja yang membedakannya adalah penggunaan terhadap “perempuan”. kalau dhamir “hu” penggunaan terhadap laki-laki.

Jadi, saat kita mendengar teman kita atau saudara kita yang perempuan sakit, maka kita ucapkan Syafahallah yagn artinya Semoga Allah menyembuhkannya (dia seorang perempuan)

3. Arti Syafakumullah: شفاكم الله

Beda lagi halnya dengan Syafakumullah. Ini adalah di ucapkan kepada jamak mukhatab atau beberapa lawan bicara kita yang sedang mengalami sakit dan mereka adalah terdiri dari beberapa orang laki-laki.

Ini di ucapkan saat kita mengetahui atau mendengar bahwa beberapa atau banyak lawan bicara kita mengalami sakit, bisa juga saat kita berkunjung ke tempat beberapa orang sakit. Arti dari ucapakan Syafakumullah adalah Semoga Allah menyembuhkan kalian semuanya.

4. Arti Syafakillah: شفاك الله

Syafakillah juga mempunyai arti yang sama dengan ucapan-ucapan lainnya hanya saja ini menggunakan dhamir mukhatabah yang ditujukan kepada seorang lawan bicara perempuan.

Arti Syafakillah (ki) adalah semoga Allah menyembuhkanmu (engkau perempuan). Bisa di katakan, ini adalah lawan dari ucapan Syafakallah dengan dhamir (ka).

5. Arti Syafahumullah: شفاهم الله

Disini kita menggunakan dhamir jamak ghaib (هم) yang ditujukan kepada banyak laki-laki dan mereka bukan lawan bicara kita. Syafahumullah di ucapkan saat kita mendengar ada banyak saudara kita atau teman-teman kita yang mengalami sakit. Maka kita do’akan dengan lafadh “Syafahumullah”.

jadi, ucapan syafakallah atau syafakillah bukan hanya sebatas ucapan saja namun itu adalah doa. Dimana yang mengucapkannya mendoakan agar orang sakit di sembuhkan oleh Allah SWT. Makanya saya katakan ini adalah istilah islami dan tidak digunakan oleh orang non-Islam.

Lihat juga frasa lainnya:

Penggunaan Ucapan Syafakallah dan lain-lain

Semua ucapan dan doa kesembuhan yang di ucapkan ini di bacakan harus sesuai dengan kondisi seperti yang sudah kita jelaskan di atas.

Syafakallah di gunakan saat kita mengetahui teman bicara kita sakit, demikan juga dengan beberapa variasi kalimat syafa lainnya. mengingat kalimat ini adalah do’a maka sepatutnya kita menggalakkan mengucapkan kalimat-kaliamat tersebut saat mendengar saudara seiman kita, se islam mengalami sakit atau hal lainnya yang berkenaan dengan kesehatannya yang kurang baik.

Arti Syafahullah

Kalimat atau istilah Syafahullah berasal dari bahasa Arab yang artinya semoga Allah menyembuhkannya. Akhiran “nya” ini ditunjukkan kepada satu laki-laki baik besar atau kecil.

Jadi, ketika anda ingin mendo’akan seorang laki-laki agar di berikan kesembuhan oleh Allah, maka anda bisa mengucapkan ucapan doa kesembuhan dalam bahasa Arab yang bunyinya “Syafahullah”.

Jadi, Arti Syafahullah adalah semoga Allah menyembuhkannya (seorang laki-laki yang maklum dalam diri seseorang).

Disini kita menggunakan dhamir “hu” yaitu ia seorang laki-laki ghaib atau bukan lawan bicara.

Ini berebda dengan Syafahumullah, dalam kalimat Syafahumullah yang artinya “Semoga Allah menyembuhkan mereka” kita menggunakan shamir jama’ muzakkar yaitu “hum”. Ini terdiri dari kalimat “Syafa” dan “Hum” dan Allah. Sama halnya dengan kalimat Syafahullah, ini menggunakan dhamir mufrad ghaib yang terdiri dari kalimat “Syafa” dan “hu” dan Allah.

Semua kalimat doa kesembuhan ini (baik syafahullah, syahumullah dan lain-lain) adalah khabariyyah. Dalam lingkungan pondok pesantren sering di sebut dengan Khabariyyah bermakna Insyaiyyah. Artinya adalah Secara dhahir artinya khabar dan secara makna ini adalah tuntutan atau do’a.

Sumber: https://loveinshallah.com/syafakillah-and-syafakallah/

Previous articleUcapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab: Arti dan Balasannya
Next articleArti Yaumul Jaza dan Gambarannya Sesuai dengan Al-Quran