Home Islamic Terms Arti Syukron: Balasan, Jawaban, dan Penggunaannya

Arti Syukron: Balasan, Jawaban, dan Penggunaannya

14
Arti Syukron: Balasan, Jawaban, dan Penggunaannya

Assalamu’alaikum wr wb. Segala puji bagi Allah dan Shalawat kepada Rasulullah SAW. Pada kesempatan ini kita kembali berjumpa di elsholat.com dan akan menjalaskan tentang kalimat atau ucapan Syukron. Disini kita akan melihat apa arti syukron, bagaimana balasan syukron, makna dan penggunaanya dalam malimat.

Apa Arti Syukron

Syukron dalam aksara Arab di tulis dengan “شُكْرًا” dan artinya adalah “terimakasih”. Jadi, kalimat ini adalah ucapan terimakasih atau sebagai ganti dari ucapan terimakasih, maka kita ucapakan dalam bahasa Arab dengan lafadh “Syukran atau Syukron”.

Arti Syukron

Biasanya kata-kata syukron ada lanjutannya seperti Syukron Katsiraa atau syukron katsiran yang artinya adalah termakasih banyak.

Ucapan terimkasih dengan kata Syukron adalah hasil adobsi ucapan dari bahasa Arab. Ini biasanya di di dengar dari film-film islami yang mana pemerannya kadang sering mengucapkan kata-kata terimakasih dalam bahasa Arab (شُكْرًا).

Sebagai contoh: film ayat-ayat cinta dan film ketika cinta bertasbih adalah film islami yang mana tokoh-tokohnya sering mengucapkan ucapan Syukron Katsira dan ini menjadi hal yang berbekas di pendengaran penonton sehingga ucapan bahasa ini kemudian menjadi masyhur dan populer di kalangan orang islam terutama akhawat.

Ini sebuah hal yang menarik dan menjadi sesuatu yang bagus, bahasa Arab adalah bahasa mulia, bahasa dimana Allah menurunkan kitab sucinya dengan bahasa tersebut. Bahasa dimana Allah menurunkan wahyunya dan menurunkan AgamaNya pertama kali di daerah dimana orang berbahasa Arab dan ini menyebabkan bahasa Arab menjadi mulia. Bahkan di katakan, bahwa bahasa Arab adalah bahasanya penduduk surga.

Beberapa Variasi kalimat Syukron

Kata-kata Syukron sering di lanjutkan dengan berbagai model, tidak hanya SYUKRAN KATSIRA saja namun ada sejumlah variasi dari bahasa Arab yang diucapkan sebagai bentuk terimakasih.

Diantara variasi dari kata-kata ucapan Syukran dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

 – Syukron laka: terimakasih untuk mu (laki-laki)
 – Syukron laki: terimakasih untuk mu (pr)
 – Syukran jazilan: Terimakasih banyak
 – Syukran ya habibi: terimakaasih wahai kekasihku (laki2)
 – Syukron ya habibati: terimkasih wahai kekasihku (pr)
 – Syukron ala kulli hal: Terimakasih atas segalanya
 – Syukron ya zaujati: Termakasih wahai istriku
 – Syukron ala du’aika: Terimakasih atas doamu (lk)
 – Syukron ala du’aiki: Terimakasih atas do’amu (pr)

Dan masih banyak lagi variasi tambahan dari ucapan syukron tergantung pada dhamir atau kata ganti yang di gunakan.

Lantas, kenapa kita suka mengucapkan ucapan terimakasih dengan bahasa Arab “Syukron”, apa saja keutamaan dan kelebihannya.

Keutamaan Mengucapkan Syukron

Mengucapkan syukron memiliki manfaat dan keutamaannya. Karena kalimat ini adalah ucapan terimakasih maka ketika kita mengucapkan Syukron terhadap seseorang, maka ia akan merasa senang dan merasa di hargai.

Selain itu, bagi kita yang mengucapkannya dianggap sebagai bentuk syukur kita atas nikmat yang Allah berikan kepada kita lewat hamba-Nya.

Apalagi dalam ajaran Agama Islam, ucapan terimakasih atau Syukron sangat dianjurkan. Ini adalah ucapan yang membuat tali persaudaraan semakin indah. Arti Syukron juga sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah dan ini mengecualikan kita dari orang-orang yang kkufur nikimat Allah.

Penggunaan kalimat Syukron

Keutamaan Mengucapkan Syukron

Syukron adalah ucapan terimakasih dalam bahasa Arab yang digunakan sama seperti kita menggunakan ucapan “terimakasih”. Ketika seseorang membantu kita, memberikan sesuatu yang baik untuk kita, maka kita dianjurkan untuk mengucapkan Terimakasih atau Syukron.

Namun, ada ucapan yang lebih bagus dari Syukron yaitu Jazakallah Khairan atau Jazakumullah, jazakillah, ajarakallah karena kalimat ini tidak hanya sebagai penghargaan atau kebaikan orang lain melainkan sebuah doa berharga untuk sesa muslim.

Jadi, seperti itulah penggunaan ucapan Syukron. Dengan mengucapkan kalimat itu baik dalam bahasa Arab atau Indonesia, kita sudah menghjargai nikmat Allah, kita berterimakasih atas pemberian Allah yang datang kepada kita lewat hamba-hamba-Nya.

Namun, ucapan Syukron tidak hanya cukup di lidah saya, tidak hanya cukup di ucapkan saja, namun harus di realisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Lihat juga:

Syukur atas nikmat Allah tidak hanya lewat ucapan saja, namun harus di aplikasikan dalam kehidupan kita. Caranya adalah dengan menggunakan nikmat Allah pada tempatNya, menggunakan nikmat Allah pada tempat yang diperintahkan untuk menggunakannya.

Secara umum bisa di katakan menggunakan nikmat Allah pada perbuatan tha’at dan tidak menggunakannya pada perbuatan maksiat. Itulah hakikat dari syukur nikmat Allah SWT.

Jawaban terhadap Ucapan Syukron

Ketika seseorang mengucapkan Syukron kepada kita dengan “Syukron laka”, syukron laki, syukron lakum, syukron lakuma, syukran lakum jami’an, Syukron jazilan, syukron bika, atau variasi-variasi lainnya, maka kita menjawab dengan ucapan tertentu juga.

Nah, jawaban terhadap ucapan Syukron adalah “Afwan (عَفْوًا)” yang artinya “Sama-sama”.

Asal arti dari kalimat “Afwan (عَفْوًا)” adalah “maaf”. Namun ini di artikan lebih luas, kalimat Afwan adalah kalimat yang menunjukkan kepada merendahnya orang yang menerima ucapan terimakasih, sikap rendah hati seseorang yang menerima ucapan Syukron tersebut.

Maka, kadang juga di maknai dengan “sama-sama”. Maka ketika ada yang mengucapakan terimakasih kita menjawabnya dengan “sama-sama”, ketika ada yang mengucapkan Syukron, maka kita jawab dengan “Afwan”.

Contoh Penggunaan Kalimat Syukron

Sebagaimana yang sudah kita jelaskan bawah ini adalah kalimat terimakasih yang di ucapkan sebagai bentuk syukur dan senang dengan sesuatu yang didapatkan. Dalam percakapan sehari-hari, kita bisa melihat contoh penggunaan kalimat Syukron sebagai berikut:

A: Assalamu’alikum wrwb

B: Alaikum salam wrwb

A: Pak bagaimana keadaannya, apakah bapak sudah sehat kembali, kami selalu mendo’akan bapak

B: Alahmdulillah kondisi saya berangsur membaik, Syukron ya atas do’anya. Semoga bapak juga selalu dalam keadaan sehat.

A: Sama-sama bapak.

Itulah kupasan kita tentang ucapan Syukron: Artinya Syukron, cara menjawab, penggunaan dan contoh dalam percakapan sehari-hari. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk kita semuanya.

Sumber: https://loveinshallah.com/shukran-meaning/

Previous articleFii Amanillah: Arabic, Latin, Jawaban dan Maknanya
Next articleUcapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab: Arti dan Balasannya