Home Arabic Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki: Bahasa Arab dan Terjemahannya

Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki: Bahasa Arab dan Terjemahannya

78
Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki

Assalamualaikum wrwb, pada kesempatan ini kita akan menjelaskan tentang makan dan arti wa iyyakum. Sebuah istilah bahasa Arab yang biasanya digunakan dalam membalas ungkapan tertentu dalam bahasa Arab.

Kalimat ini semakin populer di kalangan orang Islam di Nusantara terutama di kalangan akhawat dan ikhwan sekalian.

Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki

Lantas, apa sebenarnya sebenarnya arti wa iyyakum? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan kepada kita tentang kalimat Wa Iyyakum yang bahasa Arab di tulis dengan: واياكم

Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki

Kalimat Wa Iyyakum atau Wa Iyyaki dan Wa Iyyaka adalah istilah dalam bahasa Arab yang artinya “dan terhadap engkau sekalian”. Ini biasanya digunakan dalam membalas ucapan zajakallahu khairan (Semoga Allah membalasmu yang lebih bagus).

Sebelumnya sudah belajar tentang arti jazakallahu khairan, dan ucapan ini di jawab dengan Wa Iyyakum atau Wa iyyaka dan Waiyyaki dan sebagainya.

Jadi, kalimat Wa Iyyakum adalah balasan terhadap ucapan Jazakallah Khairan Katsiiraa. Hanya saja kita menyesuaikan penggunaan dhamir pada akhir kalimat tersebut.

Jika yang mengucapkan jazakallah khairan adalah seorang laki-laki, maka kita menjawab dengan kalimat “Wa Iiyaka”

Namun, jika yang mengucapkannya adalah beberapa orang laki-laki maka jawaban kita adalah “Wa IyyaKUM” dengan Dhamir jamak mukhatab yaitu كم yang artinya “engkau semua.”

Ketika yang mengucapkan kalimat Wa iyyaka tersebut seorang ukhty atau khawat, maka kita jawab dengan kalimat “Wa IyyaKI”, “KI” adalah shamir khitab terhadap mukhatabah atau seorang perempuan.

Selain menggunakan dhamir mukhatab (ka), dhamir mukhatabah (ki), dhamir jamak mukhatab (kum), ada juga yang menggunakan dhamir lainya seperti dhamir (kuma atau كما) yang pemakaiannya adalah bisa untuk dua orang perempuan atau dua orang laki-laki. Ada juga menggunakan dhamir (kunna = كن) yang menunjukkan dhamir jama mukhatabah.

Anda juga belajar:

Arti Wa Iyyakum, Wa Iyyaka, Wa Iyyaki untuk balasan jazakallah

Jadi, jika yang mengucapkan JAZAKALLAH KHAIRAN KATSIRAA adalah beberapa orang perempuan maka jawabannya adalah “WA IYYAKUNNA”, jika dua orang laki atau pr, maka jawabannya adalah “WA IYYA KUMA”.

Arti kalimat Wa Iyya kum adalah “dan kepada engkau juga”.

jazakallah khairan Artinya: Semoga Allah membalas kebaikan mu dengan yang lebih baik, maka jawabannya adalah “Wa Iyyaka” yang artinya ” dan terhadapmu juga”, maksudnya dan dibalaskan juga yang lebih kepada mu oleh Allah.

Sumber: https://kumparan.com/berita-terkini/arti-wa-iyyaki-wa-iyyaka-dan-wa-iyyakum-dalam-percakapan-umat-muslim-1wOhwPP1afA

Previous articleArti Yaumul Jaza dan Gambarannya Sesuai dengan Al-Quran
Next articleArti Ahlan Wa Sahlan: Terjemahan Arab, Latin, dan Indonesia