Bacaan Doa Iftitah sholat

Bacaan Doa Iftitah dengan Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Posted on

Do’a ifititah adalah do’a yang dibacakan pada awal sholat atau tepatnya setelah takbiratul ihram. Pembacaan doa iftitah adalah bacaan awal dalam sholat sesuai dengan namanya iftitah yang artinya “pembuka”. Jadi setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al Fatihah kita disunnatkan membacakan do’a iftitah. Do’a iftitah sendiri mempunyai banyak varian atau banyak macamnya mulai dair yang pendek hingga yang bacaannya panjang. Baca juga do’a Bacaan Do’a Setelah Sholat Dhuha

Secara umum, do’a iftitah ini berbeda antara orang Nu dan orang muhammaddiyah. Mereka mempunya dalil sendiri-sendiri dalam menjadikan do’a iftitah sebagai do’a sebelum membaca alfatihah. Dalam postingan ini kita akan menjelaskan aneka do’a iftitah, dan termasuk do’a iftitah dalam tulisan arab, doa iftitah dalam tulisan latin dan arti do’a iftitah serta keutamaa membaca doa iftitah.

Do’a Iftitah dalam Bahasa Arab

Bacaan Doa Iftitah

Itu doa iftitah dengan tulisan arab, sementara doa iftitah dalam tulisan latin adalah sebagai berikut. Ini di peruntukkan bagi anda yang tidak bisa membaca aksara arab. Namun anda harus belajar agar lafadh bacaan bisa sempurna, karena dengan tulisan latin bacaan yang kita bacakan dalam sholat tidak akan sempurna makhrajnya.

doa iftitah latin

Arti Bacaan doa Iftitah

Untuk lebih kusyuk dalam sholat alangkah baiknya kita tahu makna yang doa yang kita bacakan. Berikut makna doa iftitah:

“Allah maha besar dengan sebesar-besarnya. Segala pujian yang ssebanyak-banyaknya bagi Allah, maha suci Allah di pagi dan petang hari. Aku hadapkan wajahku kepada Tuhan yang mempunyai langit dan bumi dengan seluruh kepatuhan dan kepasrahan diri dan aku tidak termasuk orang yang menyekutunya.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya milik Allah Tuhan semesta alam yang tida ada satupun sekutu baginya. Dengan semua itu aku di perintahkan dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

Macam-Macam Do’a Iftitah

Do’a iftitah ada beberapa macam dan ini berdasarkan hadist dari Rasulullah SAW. Namun yang sangat masyhur adalah seperti yang sudah kita sebutkan di atas.

Berikut beberapa contoh do;a iftitah lainnya yang bisa anda bacakan:

Doa Iftitah 1

Doa ini sebagaimana hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim

اللَّحُمَّ بَا عِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَا يَاىَ كَمَا بَاعَدْتْ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ , اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِن الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

ALLAHUMMA BAA’ID BAINII WABAINA KHATHAAYAAYA KAMAA BAA’ADTA BAINAL MASYRIQI WA MAGHRIBI, ALLAHUMMA NAQINII MIN KHATHAAYAAYA KAMAA YUNAQATS TSAUBUL ABYADHU MINAD DANAS. ALLAHUMMAGHSILNII MIN KHATHAAYAAYA BIL MAA’I WATS TSALJI.

Artinya:

Ya Allah, jauhkan aku antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkan aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih yang dibersihkan dari kotoran kotorannya, ya Allah cucilah aku dari kesalahanku dengan salju, air dan air es.

Do’a Iftitah 2

Doa iftitah ini didasarkan pada hadist Muslim dimana Rasulullah membacanya pada shalat wajb dan kadang juga membacayanya dalam sholat sunnat.

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِى فَطَرَ السَّمَوَ اتِ وَالاَرْضَ حَنِيفًا (مُسْلِمًا) وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِ كِيْنَ اِنَّصَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى الِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَ شَرِ يْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِنَ اللَّهُمَّ اَنْتَالْمَلِكُ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ . اَنْتَ رَبِّى وَاَنَ عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِى وَاعْتَرَ فْتُ بِذَنْبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى جَمِيعًا اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ اِلاَّ اَنْتَ وَاهْدِنِى لاَحْسَنِ الاَخْلَاقِ لاَ يَهْدِى لاَحْسَنِهَا اِلاَّ اَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنِّى سَيِّئَهَا اِلاَّ اَنّتَ لبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالشَّرُّ لَيْسَ اِلَيْكَ اَنَا بِكَ ؤَاِلَيْكَ تَبَارَ كْتَ وَتَعَا لَيْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوبُ اِلَيْكَ .

Doa iftitah dalam tulisan latin:

WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARASSAMAAWAATI WAL ARDHO HANIFAWWAMAA ANA MINAL MUSYRIKIINA. INNA SHOLAATII WA NUSUKII, WA MAHYAAYA WA MAMAATII LILLAHI RABBIL ‘AALAMIINA. LAA SYARIIKALAHU WA BIDZALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIINA.

ALLAHUMMA ANTAL MALIKA LAA ILAHA ILLAA ANTA ANTA RABII WA ANA ‘ABUKA DZOLAMTU NAFSII WA’TARAFTU BIDZAMBII FAA GHAFIRLII DZUNUUBII JAMII’AN INNAHU LAAYAGHFIRUDZUNUUBA ILAA ANTA, WAHDINII LAH SANIL AKHLAAQI LAA YAHDII LAHSANIHAA ILLA ANTA, WASHRIF ‘ANNISAYYI AHAA, LAA YASHRIFU ‘ANNII SAYYIAHAA ILLA ANTA,

LABBAIKA WA SA’DAIKA, WALKHAIRUKULLUHU BI YADAIKA, WASYARRU LAISA ILAIKA, ANA BIKA WA ILAIKA TABAARAKTA WA TA’AALAITA, ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIK.

Artinya:

arti doa iftitah

Hukum dan Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Hukum membaca do’a iftitah adalah sunnat baik dalam shalat fardhu atau dalam shalat sunnat. Namun untuk kesempurnaan shalat, maka hendaknya kita tidak meninggalkan membaca do’a iftitah ini. Walaupun sunnat namun doa ini memiliki makna yang luas dan mnendalam bagi seorang yang tunduk pada perintah Tuhannya.

Do’a iftitah mengandung makna penghambaan seorang manusia di hadapan Allah, dan kehidupan kita didunia fana ini tidak luput dari dosa dan kesalahan.