islami.co

Bacaan Zikir Pagi untuk Keselamatan Dunia Akhirat

Posted on

Salah satu zikir yang patut di amalkan adalah zikir pagi agar kita selalu semangat mengawali hari-hari kita dan agar dimudahkan segala urusan. Waktu zikir pagi adalah sebaiknya di bacakan ketika pertama kali keluar fajar atau ketika masuk waktu subuh hingga matahari terbit. Namun, boleh juga di amalkan sampai akan memasuki waktu zuhur.

Zikir pagi yang kami tuliskan di sini adalah berdasarkan hadist dan pendapat para ulama. Kami juga mengemukan faedah dari zikir itu sendiri berdasarkan hadist sehingga bisa di renungkan dan di hati dengan baik ketika di ucapkan.

Zikir pagi yang kami tulis ini juga kami bantu pembaca dengan menyertakan artinya sehingga pembaca lebih khusyu’ dan lebih mantap dalam beramal.

Zikir Yang di Bacakan di Waktu Pagi

Pertama di awali dengan membaca ta’awuz untuk berlindung dari syaithan.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Aku berlindung dengan nama Allah dari Syaithan yang terkurtuk”

1. Membaca Ayat Kursi

Berikut bunyi ayar kursi sebagaimana yang termaktub dalam surat al baqarah ayat 255.

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang disembah dengan sebenarnya) melainkan Dia, yang hidup kekal secara terus menerus lagi yang mengurus (makhluk-Nya). Dia (Allah) tidak mengantuk dan tidak tidur. BagiNya segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, Tiada yang bisa memberi syafa’at di sisi-Nya kecuali dengan izinNya. Dia maha mengetahui terhadp apa-apa yang ada di hadapan mereka dan yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah kecuali sesuatu yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255). Ayat kursi ini dibaca sekali (1X)

Faedah membaca ayat kursi: Bagi yang membaca ayat kursi di petang, maka ia akan di jaga oleh Allah hingga pagi dan siapa saja yang membaca ayat kursi di pagi, maka ia akan di jaga oleh Allah hingga petang.

2. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas

Setelah membaca ayat kursi, dalam zikir pagi ini juga kita membacakan surat al ikhlas, al falaq, dan an-Nas. Berikut bacaannya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada suatupun yang setara dengan Dia.” (QS. Al Ikhlas: 1-4) Surat al-Ikhlas di baca sebanyak 3 kali (3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Dengan menyebut nama Allah yang pemurah lagi maha penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita penyihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5) surat al-Falaq dibaca sebanyak 3 kali. Kemudian di lanjutkan dengan membaca surat an-Nas 3 kali.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.” (QS. An Naas: 1-6) di baca sebanyak 3 kali.

Faedah Membacakan tiga surat di atas: Siapa saja yang membacakan tiga surat di atas yang masing-masing tiga kali di waktu pagi dan sore, maka segala kebutuhannya akan di cukupkan.

3. Membacakan do’a di Bawah ini

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Dibawah ini do’a dengan Latin
zikir pagi

Artinya:
“Kami sudah memasuki pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang disembah dengan sebenarnya) kecuali hanyalah Allah semata, tiada syarikat bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan milikNya segala pujian. Dia adalah Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan neraka dan siksaan di alam kubur.”
(Dibaca 1 x)

Faedah do’a ini: Membaca do’a di atas adalah memohon pada Allah agar dijauhkan dari kejelekan di hari ini dan kejelekan sesudahnya serta di berikan kebaikan dihari ini dan di hari sesudahnya. Dalam do’a ini juga mengandung permohonan agar dihindarkand ari malas dalam beribadah.

4. Membaca Zikir dibawah ini

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

ALLAHUMMA ASHBAHNA WA BIKA AMSAINA WA BIKA NAHYA WA BIKA NAMUTU WA ILAIKANNUSYUR

Artinya:
“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (SETIAP MAKHLUK).”
(Dibaca 1 x)

5. Membaca Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ 

ALLAHUMMA ANTA RABBI LA ILAA HA ILLA ANTA, KHALAQTANI WA ANA ‘ABDUKA, WA ANA ALA ‘AHDIKA WAWA’DIKA MASTATHA’TU A’UZIKA MIN SYARRI MA SHANA’TU, ABU’U LAKA BINIKMATIKA ‘ALAYYA, WA ABU’U LAKA BIZANBI, FAGHFIRLI FAINNAHU LA YAGHFIRUZZUNUUBA ILLA ANTA.

Artinya:
“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”
(Dibaca 1 x)

Faedah membaca sayyidul istighfar: Siapa saja yang membaca sayyidul istighfar ini dengan penuh keyakinan disiang hari dan kemudian dia mati hari tersebut sebelum petang, maka ia termasuk penghuni surga. Demikian juga jika ia mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

6. Membaca Zikir di Bawah Ini

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ

ALLAHUMMA INNI ASHBAHTU, USH HIDUKA WA USYHIDU HAMALATA ‘ARSYIKA, WA MALAIKATAKA, WA JAMI’A KHALQIKA, ANNAKA ANTA ALLAHU LA ILAAHA ILLA ANTA WAHDAKA LA SYARIKALAKA WA ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUKA WA RASULUKA

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku di waktu pagi ini mempersaksikan Engkau, malaikat yang memikul ‘Arys-Mu, malaikat-malaikat dan seluruh makhluk-Mu, bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau semata, tiada sekutu bagi-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu.”
Ini di baca 4x

Faedah membacanya: Siapa saja yang membaca zikir ini di waktu pagi dan petang, masing-masing sebanyak 4x, maka Allah akan membeaskannya dari Api neraka.

7. Membaca Do’a di Bawah Ini

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

zikir di waktu pagi

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).”
(Dibaca 1 x)

Faedah membacanya: Rasulullah SAW tidaklah pernah meninggalkan do’a ini di waktu pagi dan petang. Di dalamnya berisi perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta dari berbagai macam gangguan yang datang dari berbagai arah.

8. Membaca Zikir berikut ini

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرُّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Zikir di waktu pagi latin

Artinya:
“Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya (godaan untuk berbuat syirik pada Allah), dan aku (berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan terhadap diriku atau menyeretnya kepada seorang muslim.”
(Dibaca 1 x)

Faedah membacanya: Do’a ini diajarkan oleh Rasulullah SAW. pada Abu Bakar Al-Shiddiq RA. untuk dibaca pada pagi, petang dan ketika akan tidur.

9. Membaca Zikir di Bawah Ini

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

BISMILLAHILLAZI LA YADHURRU MA’ASMIHI SYAIUN FIL ARDHI WA LA FISSAMAA’

Artinya:
“Dengan nama Allah yang bila disebut maka segala sesuatu di bumi dan di langit tidak bisa memudharatkan, Dia adalah maha mendengar lagi Maha mengetahui”.
(Dibaca 3 x)

Faedahnya: Orang yang membaca zikir ini tiga kali di waktu pagi dan petang, maka tidak akan ada bahaya yang tiba-tiba memudharatkan.