Home Health Benjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana

Benjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana

17
Benjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana

Benjolan kanker payudara letaknya dimana? Sebuah pertanyaan yang sering di tanyakan kaum wanita. Mereka sangat khawatir dengan setiap benjolan yang muncul di payudaranya apalgi muncul secara tiba-tiba. Apakah setiap benjolan di payudara itu adalah benjolan kanker? Ini belum tentu, maka untuk mengetahui hal ini anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana karakter benjolan tersebut.

Jadi, untuk mengetahui secara jelas tentang benjolan tersebut, simak ulasan kami dibawah ini tentang letak benjolan kanker payudara.

The elsholat.com Contents

Benjolan Kanker Payudara Letaknya di Mana

Untuk mengetahui hal ini anda harus baca terus artikel hingga selesai. Karena memang artikel ini di khususkan untuk menjawab pertanyaan ini. Bagi wanita yang sering mengalami munculnya benjolan di area payudara sebaiknya menyimak dengan baik ulasa ini.

Benjolan kanker payudara memiliki karakteristik padat, dan saat di tekan akan sangat terasa dan bisa juga benjolan ini kadang tidak nampak di permukaa kulit karena ia tumbuh didalam namun jika anda menekannya, ini akan terasa keras dan padat.

Untuk kanker payudara stadium awal, permukaan kanker payudara tidak rata dan saat di tekan kadang tidak nyeri.

Ukuran benjolan bukan salah satu tanda, karena ukurannya bisa berbeda-beda antara setiap individu. Jadi, setiap ada benjolan yang muncul di sekitaran itu, baik di bagian payudara atau di bagian ke tiak atau agak ke ketiak patut di curigai.

Nah jika anda masih menanyakan “benjolan kanker payudara letaknya di mana” maka jawabannya adalah terletak di kedua bagian tersebut yaitu di bagian ketiak dan bagian payudara itu sendiri. Maka setiap benjolan yang muncul di situ, anda patut mencurigainya dan konsultasilah dengan dokter.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah ada indikasi tertentu dimana saat muncul benjolan kanker payudara anda merasakan hal-hal berikut ini.

1. Kulit payudara menebal

Salah satu indikasi dan gejala kanker kayu payudara adalah benjolan yang muncul di sekitaran payudara mengalami perubahan bentuk, tekstur dan warna kulit. Biasanya kulit payudara di sekitaran benjolan akan terasa tebal, berkerut yang membuat lesung, atau mengalami rasa gatal saat di garuk.

2. Ukuran payudara membesar sebelah

Ketika ada benjolan yang menjadi tanda dan gejala kanker payudara maka ukuran payudara biasanya mengalami besar sebelah. Memang ada yang ukurannya berbeda antara sebelah kiri dan kanan, namun dengan munculnya benjolan kanker payudara anda akan melihat bahwa ukuran payudara anda berbeda secara signifikan.

Jadi, jika ada yang bertanya benjolan kanker payudara letaknya di mana? anda dengan mudah bisa melihat dan mendeteksinya. Kalau ada perubahan tersebut di lingkungan payudara atau bagian ketiak maka anda harus cepat menanganinya.

3. Puting payudara menjorok kedalam

Puting yang menjorok ke bagian dalam atau berbentuk cekung adalah tanda lain dari benjolan payudara. Jadi, tidak hanya di tandai dengan perubahan bentuk, warna, atau tekstur kulit payudara saja. Biasanya seseorang yang mengalami kanker payudara, bagian puting akan nampak kemerahan dan putingnya kadang menjorok ke dalam sebagai bentuk bahwa sel kanker memakan bagian puting.

Dalam beberapa kasus, puting payudara mengeluarkan susu coklat atau kemerahan yang merupakan darah yang bercampur dengan susu akibat dari penggerogotan sel kanker di bagian dalam.

Pertumbuhan Benjolan Kanker

Pertumbuan kanker payudara bertahap, mulai stadium awal, stadium lanjut dan stadium akhir. Jadi, ini adalah tahapannya mulai dari yang biasa hingga sudah pada tingkat bahaya. Untuk mengenali tahapan-tahapan atau stadium kanker payudara, simaklah ulasan berikut ini.

1. Stadium Awal

Stadium awal benjolan payudara adalah stadium dimana kanker payudara belum menyebar ke mana-mana. Kanker payudara masih berada pada area payudara saja. Besar benjolan biasanya masih 3 cm atau kurang dari itu.

Pada stadium ini anda masih punya harap besar untuk sembuh. Jika anda menyadari kanker payudara pada saat stadium ini dan segera mengobatinya, anda masih punya harapan sembuh sekitar 96%. (sehatq.com)

2. Stadium Lanjut

Pada stadium lanjutan ini kanker payudara sudah menyebar tidak hanya di payudara saja, namun melalui getah bening, ia menyebar hingga ke dada anda, bahkan ketiak atau leher.

Jika anda baru melakukan pencegahn dan pengobatan saat masuk dalam stadium ini, anda masih memiliki harapn sembuh hingga 75% saja.

3. Stadium akhir

Ketika masuk ke stadium akhir, kanker payudara tidak hanya membesar dan menyebar ke area leher atau ketiak saja, tetapi sel kanker sudah menyerang bagian tubuh lainnya. Cara penyebarannya adalah melalui cairan getah bening dan darah. Sel kanker telah berkembang dan bisa menggerogoti hati, otak bahkan paru-paru anda.

Ini bisa terjadi kalau anda membiarkan kanker payudara ini menyebar dan merasakan nyeri. Jika anda tidak mengobatinya dan membiarkannya, maka tingkat hidup anda selama 5 tahun kedepan sangat rendah.

Maka, jika anda telah mengetahui bahwa benjolan tersebut adalah benjolan kanker payudara, maka segera mencari jalan keluarnya. Ketahui gejala dan ketahui juga benjolan kanker payudara letaknya dimana, sehingga meudahkan anda dalam mendeteksinya sedini mungkin.

Tidak Semua Benjolan adalah Kanker Payudara

Sekalipun benjolan itu menjadi tanda kanker payudara, namun tidak semuanya adalah bentuk dari kanker tersebut. Tidak semua benjolan di tubuh menjadi tanda kanker payudara. Ada banyak hal yang mempengaruhi munculnya benjolan, kadang dalam beberapa kasus benjolan yang muncul menghilang dengan sendirinya.

Beberapa pengaruh munculnya benjolan

1. Hormon

Hormon yang tak stabil kadang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di bagian tubuh termasuk di payudara dan ini baisanya akan menghilang dengan sendirinya.

2. Berkurang daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang berkurang juga menjadi sebab bagi sebagian orang untuk munculnya benjolan-benjolan. Ini juga bukan karena sel kanker. Jadi, daya tahan tubuh penting di jaga agar kita memiliki benteng pertama dalam mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara.

3. Radang

Radang akibat terkena benturan tertentu juga bisa menyebabkan benjolan di payudara anda atau di bagian tubuh lainnya. Jadi, anda harus mengingat apakah pernah terjadi benturan atau tusukan benda tumpul yang menyebabkan bagian tertentu dari tubuh muncul atau meyembul.

Tidak hanya tiga masalah tersebut, munculnya benjolan di bagian tubuh selain sel kanker payudara, hormon, kurangnya daya tahan tubuh dan radang, ini juga bisa terjadi karena beberapa masalah kesehatan lainnya. Gangguan kesehatan yang menyebabkan benjolan ini bisa berupa fibroadenoma, fibrosis, fibrokistik, kista, ataupun intraductal papilloma.

Lihat juga:

Demikian jawaban kami tentang benjolan kanker payudara letaknya di mana, sekarang anda sudah tahu dimana letaknya, bagaimana gejalanya dan stadium kanker tersebut. Maka, deteksi sejak dini untuk mengetahui kesehatan anda dan cepat mengambil langkah preventif. Anda juga tidak perlu merasa shok atau terlalu khawatir saat menemukan benjolan tersebut, karena benjolan itu belum tentu sebagai tanda dan gejala kanker. Kadang muncul karena penyebab lainnya sebagaimana yang telah kita jelaskan di atas.

Previous articleCara Menghilangkan Bengkak di Kaki karena Jatuh
Next articleTips Agar Labu Berbuah Banyak, Ini Cara Budidaya Labu