Home Health Daftar Camilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Daftar Camilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

85
Daftar Camilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Sebelum kita membahas tentang makanan atau camilan sehat untuk penderita asam lambung, kita terlebih dahulu harus mengerti bagaimana situasi dan kondisi penderita di tinjau dari sisi kesehatan. Seorang dengan masalah asam lambung, ada beberpa aturan yang harus di garis bawahi. Dengan mengetahui aturan penting ini, maka kita bisa mudah memahami makanan apa saja yang bakal bisa di makan dan makanan yang tidak bisa di makan oleh penderita asam lambung.

Ok, berikut kita lihat ringkasan informasi tentang mereka yang mengalami asam lambung. Kami sebut saja dalam bentuk poin-poin sehingga mudah untuk di pahami dan di ingat! Di harapkan dengan sedikit informasi ini bisa membuat kita tahu apa camilan sehat untuk asam lambung dan apa saja yang harus di hindari selama mengalami asam lambung.

The elsholat.com Contents

Aturan Penting untuk Asam Lambung

1. Penderita asam lambung tidak di bolehkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, pedas, asam dan alergenik. Namun sebaliknya, bagi yang mengalami asam lambung, anda harus mengkonsumsi makanan kaya serat, lemak sehat dan makanan kaya protein.

2. Jika penderita asam lambung salah mengkonsumsi makanan (makanan yang seharusnya di hindari) maka mereka akan mengalami kenaikan aasm lambung yang di tandai dengan sensasi nyeri dan rasa yang tak enak di bagian perut, mungkin seperti sensasi terbakar. Sensasi ini kadang juga bisa di rasakan hingga ke tenggorokan.

3. Camilan yang sehat untuk pasien asam lambung ada beragam, diantaranya adalah buah-buahan, kacang-kacangan, makanan kaya probiotik, oatmeal dan salad.

4. Buah yang sehat sebagai camilan penderita asam lambung harus selektif. Diantara buah yang baik adalah apel, pir, alpukat, semangka, buah berry, pepaya, pisang dan buah berry lainnya yang kaya dengan antioksidan.

5. Penderita asam lambung tidak hanya bagus mengkonsumsi buah, namun sayuran juga menjadi makanan dan camilan terbaik untuk penderita asam lambung. Diantara sayuran sehat untuk penderita asam lambung adalah mentimun, jagung manis, wortel, salad yang terdiri dari kentang rebus, buncis, selada, juga bisa menjadi makanan sehat sekaligus sebagai camilan sehat yang bisa mempercepat penyembuhan asam lambung.

6. Sayuran yang mengandung gas sebaiknya di hindari karena tidak baik untuk lambung. Sayuran mengandung diantaranya adalah kubis, kembang kol, brokoli, gas bisa memperparah asam lambung dan menyebabkan sakit perut.

7. Minum yang cukup, berolah raga, ubah gaya hidup menjadi sehat, istirahat yang cukupdan hindari rokok untuk mempercepat penyembuhan asam lambung.

Itulah beberapa saran untuk penderita asam lambung atau beberapa aturan penjegaan kesehatan. Memilih camilan sehat untuk penderita asam lambung tidak sulit sebagaimana yang anda pikirkan. Formulanya adalah hindari makanan tinggi lemak, makanan asam, makanan pedas dan makanan alergik. Perbanyak makan makanan berprotein tinggi, kaya serat dan minum cukup air.

Mengalami asam lambung kadang menjadi tantangan sendiri dalam memilih makanan. Jika anda salah dalam mengkonsumsi makanan, maka bukan kesembuhan yang anda dapatkan namun sebaliknya. Kesalahan memilih makanan bagi asam lambung bisa menyebabkan perut mengalami nyeri, sensasi terbakar bahkan bisa terasa hingga ketenggorokan.

Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Walaupun banyak makanan yang menjadi pantangan bagi penderita, namun anda jangan khawatir karena ada banyak makanan juga yang bisa anda konsumsi bahkan bisa mendukung kesehatan anda. Makanan tersebut kami rangkum dalam beberapa poin berikut ini dan akan kami jelaskan lebih rinci untuk mudah di pahami.

1. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan sehat yang seringkali menjadi rekomendasi untuk berbagai kebutuhan nutrisi. Sekarang, bagi anda yang menderita asam lambung, berbagai buah juga masih menjadi primadona dan penting dikonsumsi bagi asam lambung. Diantara buah sehat sebacai camilan penderita asam lambung adalah semangka, apel, buah berry, pepaya dan buah pir.

Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung
buah buahan sehat untuk penderita asam lambung

Buah-buah yang di maksud tidak hanya memiliki rasa yang manis dan enak di jadikan camilan, namun juga kaya dengan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting dalam mengurangi peradangan dan sakit perut.

2. Makanan probiotik

Makanan lain yang bisa di fungsikan sebagai camilan sehat penderita asam lambung adalah makanan probiotik. Makanan probiotik adalah makanan yang mengandung bakteri baik yang bisa menguntungkan untuk kesehatan lambung dan usus. Diantara makanan probiotik adalah yogurt, kefir dan yaqult. Bakteri tersebut adalah Lactobacillus bulgaricus yang memberikan manfaat untuk kesehatan usus dengan cara menstabilkan asam lambung, menghambat ekspresi sitokin dan kemokin serta mencegah peradangan.

Penelitian juga membuktikan bahwa makanan kaya bakteri baik juga bisa mencegah perkembangan bakteri H. Pylori. Artinya ini bisa mencegah tukak lambung atau bisul lambung.

3. Kacang-kacangan

Makanan ini kaya serat yang mana manfaatnya bagus untuk membersihkan lambung dari limbah. Diantara kacang yang bagus untuk camilan sehat penderita asam lambung adalah kacang almond, dan acang merah rebus.

Penelitian juga mendukung hal ini, dimana sebuah study di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan atau makanan kaya serat bagus untuk mencegah penyakit lambung, dan gastritis hingga 60%.

Lihat juga: 7 Manfaat Kesehatan daun Ketapang

4. Salad

Salah adalah camilan sehat kaya serat yang terdiri dari sayruan dan buah-buahan. Seporsi salad yang anda buat menggunakan bahan seperti wortel, salada, buncis, kentang rebus, mentimun dan jagung manis adalah camilan sehat yang bagus dalam mengobati asam lambung.

Anda bisa menambahkan makanan dari produk hewani seperti dada ayam yang kaya protein, telur rebus, dan ikan salmon panggang. Sementara sausnya bisa dengan hanya menyirami minyak zaitun, yogurt dan saus kacang almond.

Jangan gunakan sayuran yang bisa menghasilkan gas seperti kembang kol, brokoli, dan kubis dalam salad anda.

5. Oatmeal

Selanjutnya, makanan atau camilan sehat untuk penderita asam lambung adalah oatmeal. Ini adalah makanan kaya serat, dan non-asam yang baik untuk memasukkan nutrisi kedalam tubuh.

Dalam secangkir oatmeal anda bisa mendapatkan sebanyak 7 hingga 9,8 gram serat makanan yang sangat bagus untuk memulihkan masalah pencernaan anda termasuk asam lambung. Selain serat, oatmeal juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Agar oatmeal anda lebih terasa enak dan kaya nutrisi, anda bisa menambahkan makanan lain seperti ubi jalar tumbuk, kacang hijau, biskuit jahe, biskuit sari gandum, puding lidah buaya, serta roti gandum utuh.

Baca juga: 10 Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

Jadi, kunci dan formulanya adalah konsumsilah makanan kaya protein, serat dan hindari makanan kaya lemak karena akan menjadi beban dalam usus anda. Diantara makanan buruk untuk penderita asam lambung adalah makanan yang kaya lemak jahat (LDL), asam, pedas, dan minuman beralkohol dan kaya kafein.

Previous articleLicostan: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping
Next articleDoa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar, Lengkap dengan Artinya