Home Berkebun Cara Menanam Bawang Bombay, Syarat Tumbuh Bawang Bombay

Cara Menanam Bawang Bombay, Syarat Tumbuh Bawang Bombay

16
Cara Menanam Bawang Bombay

Kali ini kita akan membicarakan tentang cara menanam bawang bombay. Beda halnya dengan cara menanam kacang hijau dimana menanam bawang bombay memerlukan persiapan khusus. Namun demikian jangan khawatir karena menanam bawang bombay juga tidak serumit yang anda bayangkan.

Bawang bombay banyak di cari pasaran dan bentuknya besar-besar dan biasanya di gunakan dalam masakan tertentu seperti membua nasi biryani atau membuat makanan seperti sup dan lain-lain.

Ini Cara Menanam Bawang Bombay

kebutuhan terhadap bawang bombay selalu tinggi dan sekarang persediaan terbatas. Maka menanam bawang bombay bisa menjadi salah satu ide untuk menghasilkan banyak uang.

Jadi, tidak ada rugi jika anda menanam bawang bombay di rumah. Kita bisa menanamnya dengan mudah, hanya dengan mengikuti panduan kami ini, anda bisa menanam sendiri bawang bombay di rumah.

Mau tahu caranya, yuk kita lihat apa saja yang harus anda persiapkan dalam menanam bawang bombay.

Cara Menanam Bawang Bombay

Persiapan Menanam Bawang Bombay

Sebelum melihat persiapan menanam bawang bombay seperti menyediakan tempat dan menyediakan bibit bawang, mari kita lihat apa saja syarat tumbuh bawang bombay.

Ini penting dan merupakan hal pokok yang harus di pahami oleh setiap petani bawang bombay. Yuk kita lihat syarat tumbuh bawang bombay berikut ini.

1. Syarat Tumbuh

Bawang bombay butuh suhu dingin dan bagus di tanam di daerah dengan suhu 18 hingga 20 derajat celcius.

Selain butuh suhu dingin, bawang bombay ternyata juga memerlukan sinaran matahari yang lumayan lama. Tanaman ini butuh sinar matahari yang banyak setidaknya sehari 14 jam harus tersinari dengan matahari.

Tempat terbaik untuk menanam bawang bombay adalah 800 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Untuk itu, jika anda tinggal di daerah rendah atau di pinggir pantai sebaiknya tidak menanam bawang bombay karena akan kecil kemungkinan bisa panen dengan baik.

Syarat tumbuh bawang bombay lainnya adalah kondisi tanah. Tanah harus gembur, kemudian tingkat keasaman tanah harus berada antara 5,5-5,6. Selain itu perhatikan juga drainase air yang bagus yang tidak membuat air tergenang.

Itulah bebebrapa syarat tumbuh bawang bombay, jika anda telah memenuhi persyaratan tersebut, sekarang kita lihat apa saja persiapan lainnya seperti tempat dan bibit bawang bombay.

2. Bibit bawang bombay

Gunakan bibit yang bagus yaitu bibit dari tanaman bawang yang berkualitas.

Maksud dari varitas unggul adalah bibit bawang bombay anda tidak cacat, tumbuh dengan cepat, bebas hama. Jadi, ambil bibit dari tanaman bawang yang seperti itu riwayat pertumbuhannya.

Kita mulai dari menyemai umbi bawang.

3. Persiapan tempat

Jika sudah menyemai bibit bawang bombay, anda harus mempersiapkan tempat atau media tanamannya.

Gunakan polybag dengan ukuran besar seperti 30 x 40 cm atau sesuai dengan jumlah bibit yang akan anda tanam.

Media tanam yang disiapkan adalah campuran tanah + arang sekam + pupuk kandang atau bisa menggunakan kompos. Perbandingannya adalah 1:1:1.

Siapkan pupuk Sp-36 sebanyak 3 gram/polybag, gunakan juga fudaran sebanyak satu sendok kecil.

Semua bahan ini di campurkan dalam tanah dan disirami air, kemudian diamkan selama 1 hingga 2 hari.

Nah, jika semuanya sudah siap, sekarang waktunya untuk menanam bawang bombay.

Cara Menanam Bawang Bombay di Polybag

Cara Menanam Bawang Bombay di Polybag
bawang bombay di polybag

Masukkan media tanam yang sudah di campuri dengan perbandingan 1:1:1 tadi kedalam polybag. Sekarang tanam bibit bawang bimbay sebanyak 3 umbi perpot/polybag atau sesuai dengan ukuran polybag anda.

Antara setiap umbi, beri jarak sekitar 15 cm.

Demikian cara mudah menanam bawang bombay di pot atau polybag.

Cara Menanam Bawang Bombay di Bedengan

Cara Menanam Bawang Bombay di Bedengan

Jika anda menyediakan lahan tanam seperti bedengan, maka cara menanam bawang bombay sedikit berbeda, berikut penjelasannya.

Bedengan adalah tanah yang sudah di gundukkan atau di tinggikan serta telah di berikan pupuk di dalamnya. Untuk menanam bibit bawang bombay di bedengan, kita harus menunggu bibit yang di semai cukup umurnya. Kemudian baru bisa di pindahkan ke lahan atau bedengan yang sudah di buat.

Cara Menanam di Bedengan:

  • Buat lubang tanam umbi bawang dengan jarak 20 x 20
  • Tanam bibit bawang bombay pada masing-masing lubang
  • Lakukan di sore hari, ini penting agar tanaman bawang bombya yang mulai tumbuh tidak mengalami layu
  • Bibit yang baru di tanam atau di pindahkan ke bedengan harus segera di sirami agar tidak layu

Setelah seminggu, perhatikan tanaman bawang bombay, jika ada yang tidak tumbuh, segera lakukan penyulaman agar tanaman bawang anda tumbuh dengan rata dan seragam.

Perawatan Tanaman Bawang Bombay

Setelah menanam, sekarang yang harus di lakukan adalah merawat tanaman bawang bombay anda. Dalam perawatan ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan, diantaranya:

1. Penyiraman

Penyiraman penting namun anda harus memperhatikan tingkat kebasahan tanah. Tanah harus selalu basah agar bawang bombay tumbuh dengan baik.

Tanah yang kekurangan air akan menyebabkan pertumbuhan bawang bombay terhambat atau umbinya akan kecil-kecil.

Anda bisa menggunakan irigasi tetes jika ingin mudah dan tidak usah susah-susah mengambil air.

Kalau anda tidak menggunakan irigasi tetes, anda bisa menggunakan gembor untuk penyiraman di musim kemarau.

2. Penyiangan

Ini juga termasuk hal penting agar nutrisi tanha tidak di ambil gulma. Penyiangan harus di lakukan kapan saja anda melihat ada rumput atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di bedengan atau polybag.

3. Penanggulangan hama

Hama bawang bombay biasanya berupa jamur patogen, uret, dan ini bisa di tanggulangi dengan menggunakan pestisida tabur. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan jenis hamanya.

Sementara untuk jamur yang menyerang dan merusak akar tanaman bawang bombay bisa di atasi dengan mengocorkan fungisida.

Pengocoran pestisida juga penting untuk menyelamatkan umbi bawang. Umbi yang di serang bakteri akan mengalami pembusukan, maka jika anda mengidentifikasi malasah ini, segera lakukan pengocoran bakterisida.

Cara Panen Bawang Bombay

Cara Panen Bawang Bombay

Setelah skeian lama anda menanam, merawat tanaman bawang bombay dan akhirnya tiba waktu panen. Inilah yang anda tunggu-tunggu setelah sekian lama anda capek dan lelah. Hasilnya tentu akan setimpa dengan usaha perawatan sebelumnya.

Bawang bombay di panen dalam waktu sekitar 5 bulan atau 4 bulan. Ikuti cara panen bawang bombay yang benar sehingga tidak melukai umbinya. Jika umbinya terluka maka akan cepat membusuk dan tidak akan laku di pasaran. Maka dalam memanen bawang bombay juga ada cara dan tips panen tersendiri.

Cara Panen Bawang Bombay yang Benar

  • Gali tanah di sekitaran umbi bawang
  • Kemudian cabut secara menyeluruh agar umbi tercabut dengan baik
  • Simpan bawang di tempat sejuk, tempat kering dan terhindari dari pancaran langsung sinar matahari
  • Untuk mencegah umbi tumbuh, maka simpan umbi bawang dengan cara di gantung.

Lihat juga:

Demikianlah cara menanam bawang bombay serta syarat tumbuh bawang bombay. Kami juga telah menyertakan cara menanam di polybag dan di bedengan serta bagaimana pencegahan hama dan penanggulangannya.

Di bagian akhir kami menjelaskan cara panen bawang bombay dengan benar sehingga hasilnya tidak membusuk, dan tidak terluka. Semoga bermanfaat dan selamat menanam bawang bombay (babay).

Previous article9 Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan
Next articleEfek Samping Labu Siam, Nutrisi dan Cara Mengolahnya