Home Berkebun 2 Cara Menanam Kacang Hijau, Bisa Menggunakan Tanah atau Kapas

2 Cara Menanam Kacang Hijau, Bisa Menggunakan Tanah atau Kapas

25
Cara Menanam Kacang Hijau

Kacang hijau adalah tanaman muda yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hanya beberapa bulan saja kita bisa memanen kacang hijau dari rumah. Lantas bagaimana cara menanam kacang hijau dirumah? Disini kami akan jelaskan beberapa cara menanam kacang hijau baik menggunakan tanah atau menggunakan kapas.

Kenapa harus menanam kacang hijau sendiri? Menanam sendiri tidak memberikan kepuasan saat panen dan saat tumbuh dengan suburnya. Namun ada manfaat lain dari menanam kacang hijau yaitu mendapatkan kacang hijau dari hasil panen sendiri. Kalau tanam sendiri kita mengontrol pupuknya, dan tentu kita hanya menggunakan pupuk kandang saja sehingga emnghasilkan kacang hijau oragnik yang kaya manfaat.

Diantara sekian banyak manfaat kacang hijau adalah mencegah berbagai penyakit kronis, mencegah tekanan darah dan bagus dalam menjalani program diet. Kacang hijau kaya protein sehingga bagus dalam pembentukan otot. Maka, bagi anda yang sedang membentuk otot, kacang hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk anda.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Sebelum kita lihat cara menanam kacang hijau, mari kita lihat dulu apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

1. Mengurangi risiko terhadap penyakit kronis

Kacang hijau tidak hanya lezat saat di jadikan bubur, namun ia memiliki banyak manfaat dalam mencegah penyakit kronis. Kacang hijau mengandung banyak senyawa seperti henolic acid, flavonoid, caffeic acid, dan cinnamic acid dimana mereka adalah zat penting atau antioksidan yang bisa mengurangi kemungkinan terjadi penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, dan kanker.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat adalah biang masalah bagi penyakit seperti jantung koroner, panyekit tekanan darah tinggi, bahkan stroke.

Kolesterol dalam tubuh ada dua macam ada HDL atau kolesterol baik dan LDL yaitu kolestero jahat. Jika kadar kolesterol jahat berlebihan atau lebih banyak dari kolesterol baik, maka yang menimbulkan bahaya seperti yang di sebutkan tadi. Maka kita perlu mengkonusumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Kacang hijau adalah salah satu makanan sehat yang bisa menstabilkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

3. Mengontrol Tekanan darah

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan juga nampak pada tekanan darah, Kacang hijau bermanfaat dalam menurunkan tensi darah. Ini di sebabkan kacang hijau kaya dengan kalium, magnesium dan serat yang semuanya akan menyehatkan darah dan mencegah terjadinya Tekanan Darah Tinggi.

Dalam sebuah study yang di publikasi di A prospective study of nutritional factors and hypertension among US men”, menunjukkan bahwa nutrisi seperti serat, magnesium dan kalium bagus dalam menurunkan tekanan darah.

4. Melancarkan pencernaan

Kita tahu bahwa serat adalah penting untuk melancarkan pencernaan dan membuat tubuh senantiasi sehat. Diantara makanan kaya serat yang bagus di konsumsi untuk mencegah masalah pencernaan adalah mangga, dan kacang hijau serta kacang-kacang lainnya.

Maka, pada kesempatan ini kita perlu mengetahui bagaimana cara menanam kacang hijau yang benar hanya dengan menggunakan kapas atau tanah. Dengan menanam sendiri, kita bisa menemukan banyaknya manfaat tersebut setiap saat.

Ok, jangan basa basi lagi, sekarang kita lihat bagaimana cara menanam kacang hijau di rumah dengan murah, menggunakan tanah atau kapas.

Cara Menanam Kacang Hijau di Rumah

Cara Menanam Kacang Hijau di Rumah

Menanam kacang hijau sangat gampang. Kita bisa dengan mudah menamanya di tanah karena tanah kita subur. Jika anda tidak memiliki tanha yang subur anda bisa menggunakan media tanam berupa kapas untuk menanam kacang hijau.

Berikut kita perhatikan dua metode menanam kacang hijau dengan mudah.

Cara Menanam Kacang Hijau di Tanah

Untuk menanam kacang hijau di tanah, ikuti panduan berikut ini:

1. Rendam kacang hijau selama 24 jam dan kemudain tiriskan air dan biarkan selama 24 jam lagi hingga muncul akar kecilnya.

2. Masukkan kacang hijau yang sudah berkecambah dan berakar kecil ketanah dengan kedalaman sekitar 2.3 cm dan buat jarak tanah antara satu dengan yang lain sekitar 10 cm.

3. Sirami dengan air secara cukup dan jangan berlebihan, perhatikan juga agar mendapatkan sinar matahari dengan baik.

4. Kacang hijau akan panen dalam masa 100 hari setelah tanam atau sekitar 3 bulan 10 hari. Biasnya tanaman kacang hijau sudah meninggi sekitar 45 cm.

Setelah panen, jika hasilnya memuaskan, tentu kamu harus menyimpan hasil panen kamu, perhatikan cara simpan kacang hijau agar tahan lama berikut ini:

Cara menyimpan kacang hijau agar tahan lama:

  1. Ambil kacang hijau yang sudah di panen, cuci dengan air dingin hingga bersih
  2. Kemudian tiriskan air, dan setelah itu masukkan lagi dalam mangkok berisi air, rendam selama 10 jam.
  3. Kemudian, tiriskan kembali hingga kering dan tidak ada airnya.
  4. Kemudian, masukkan biji kacang hijau yang sudah kering dalam wadah, tutup bagian atasnya dan simpan di tempat yang jauh dari sinar matahari.

Cara Menanam Kacang Hijau dengan media Kapas

Cara Menanam Kacang Hijau dengan kapas

LIhat juga:

Menanam kacang hijau dengan kapas juga tergolong mudah. Anda hanya perlu menyediakan biji kacang hijau, kapas dan wadah transparan. Silahkan ikuti panduan menanam kacang hijau dengan kapas berikut ini.

  1. Rendam kapas dengan air hangat, dan biarkan hingga air rendaman tersebut berhenti menetes dengan sendirinya, jangan diremas.
  2. Kemudian, kapas ini di masukkan dalam wadah bening atau wadah transparan
  3. Letakkan biji kacang hijau di atas kapas tersebut, tidak usah di tekan kedalam kapas. Penting di perhatikan bahwa biji kacang hijau menempel dengan kapas, itu saja.
  4. Tutup wadah tersebut dan letakkan di tempat yang mengenai sinar matahari

Perhatikan selalu perkembangannya, dan ketika kecambah sudah besar, anda bisa memanen kecambah sebagi bahan sayuran. Ini bukan untuk memanen biji kacang hijau melainkan kecambahnya yang di panen.

Previous article10 Manfaat Bunga Bougenville bagi Kesehatan
Next article6 Manfaat Bunga Bangkai yang Langka Itu