Home Berkebun 5 Tahap Cara Menanam Kangkung di Polybag dengan Mudah

5 Tahap Cara Menanam Kangkung di Polybag dengan Mudah

21
Cara Menanam Kangkung di Polybag dengan Mudah

Cara Menanam Kangkung di Polybag sekarang menjadi tren dan kesukaan banyak emak-emak, soalnya kangkung mudah tumbuh dan cepat panennya. Menanam kangkung dalam polybag sangat mudah sekali, bahkan bagi pemula juga bisa mencobanya. Hanya dalam waktu 25 hari anda bisa panen kangkung.

Tanaman kangkung yang di sebut dalam bahasa ilmiah dengan Ipomoea aquatic sp adalah sayuran populer dan banyak di gemari orang Indonesia dan Asia secara umum. Rasanya lezat dan memiliki tekstur yang bagus serta manfaat kesehatan langkung yang sangat besar bagi tubuh membuat banyak orang menyukai kangkung, bahkan banyak yang memasaknya dengan ditambahkan dalam mie seperti mie Aceh dan lain-lain.

Sistem perakaran kangkung yang lembut, tidak dalam ke tanah, membuatnya cocok untuk di tanam baik di lahan terbuka atau di polybag. Ini juga menjadi penyebab utama kenapa sekarang banyak yang mulai menanam kangkung di polybag dan pot. Bukan hanya karena keterbatasan lahan saja, tetapi pengontrolan yang mudah dan pertumbuhan yang cepat serta panen yang melimpah.

Bagaimana? Apakah anda juga tertarik untuk memulai menanam kangkung di polybag, yuk kita simak 5 cara mudah menanam kangkung di polybag berikut ini.

Cara Menanam Kangkung di Polybag

Bagi anda yang sedang smeangat-semangat berkebun, kami akan berbagi kepada cara cara mudah menanam kangkung di polybag.

Pertumbuhannya cepat dan panennya melimpah serta kurang serangan hama, ini menjadikan banyak petani kecil mulai menanam kangkung di polybag dan pot.

Tahap 1: Persiapan bibit kangkung

Persiapan bibit kangkung

Tahap pertama adalah menyemai bibit kangkung. Proses persemaian bisa memakan waktu selama 7 hari. Mulailah dengan mebuat tempat semai, anda bisa menggunakan tempat semai bibit khusus atau menggunakan botol kecil atau botol gelas bekas minuman mineral.

Gunakan tanah gembur dan kompos, campurkan keduanya dan kemdia biarkan sehari semalam. Selanjutnya sebarkan benih kangkung dan sirami secara ringan dan tutup wadah persemaian dengan jaring-jaring. Tunggu bibit kangkung sekitar 7 hari untuk siap di tanam.

Tahap 2: Menyiapkan polybag atau pot

Menyiapkan polybag atau pot

Cara menanam kangkung di polybag selanjutnya adalah dengan mempersiapkan polybag itu sendiri.

Selain menggunakan polybag anda bisa menggunakan pot tanaman. Namun menggunakan polybag tentu lebih murah dan tidak menghabiskan banyak biaya.

Jangan lupa buat lubang dibagian bawahnya, ini sebagai lubang drainase untuk menjaga media tanam tidak tergenang air.

Isikan polybag dengan media tanam tanah + kompos dengan perbandingan 1:2. Tambahkan juga arang sekam sebagai nutrisi tambahan untuk pertumbuhan kangkung anda.

Jiak sudah, maka diamkan polybag anda selama dua hari sebelum kemudian memulai transplantasi bibit kangkung dari tempat semaian ke polybag penanaman.

Tahap 3: Proses menanam bibit kangkung ke polybag

Proses menanam bibit kangkung ke polybag

Cara menanam kangkung di polybag selanjutnya adalah dengan melakukan perpindahan tanaman dari tempat semai ke polybag.

Proses perpindahan ini sangat mudah, anda tinggal memindahkan beberapa tanaman kangkung ke tiap polybag yang sudah di sediakan. Pemindahan di lakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu akarnya.

Anda bisa membuat 3 lubang dengan kedalaman 10 cm di setiap polybag, masukkan dua batang kangkung di setiap lubang. Jadi, untuk tiga lubang anda bisa mendapatkan 6 batang kangkung.

Tahap 4: Proses perawatan tanaman kangkung

Proses perawatan tanaman kangkung

Perawatan kangkung sangat mudah, anda tinggal merawatnya dengan melakukan penyiraman rutin setiap harinya di pagi hari dan sore hari jika sedang kemarau.

Jika ada gulma dan rumput yang tumbuh di dalam polybag, segera hapus dan cabut agar tidak mencuri nutrisi untuk tanaman kangkung.

Tahap 5: Panen kangkung

Panen kangkung

Sekarang saatnya untuk memanen kangkung organik yang anda tanam sendiri tanpa semprotan pestisida. Hanya dalam waktu 25 hari anda sudah bisa memanen kangkung anda.

Cara memanen sangat mudah, anda bisa mencabut kangkung hingga akar-akarnya.

Bisa juga dengan tidak mencabut akarnya tetapi dengan memotong batang kangkung. Sisa batang yang tertinggal bisa di rawat kembali dan ia akan kembali tumbuh untuk dipanen selanjutnya. Namun hasilnya tentu akan tidak sama dengan panen pertama.

Lihat juga:

Itulah 5 tahap cara menanam kangkung di polybag dengan mudah, dan dengan hasil panen yang banyak serta sehat untuk konsumsi keluarga.

 

Previous article16 Macam Macam Bunga Langka di Indonesia [+Gambar]
Next article10 Manfaat Bunga Bougenville bagi Kesehatan