Home Health Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki karena Jatuh

Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki karena Jatuh

75
Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki karena Jatuh

Ketahuilah cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh agar bisa cepat sembuh dan kembali bisa nyaman dalam beraktivitas. Ketika terjatuh, kaki kita mengalami tekanan kuat dan mengalami hantaman tiba-tiba yang menyebabkan cedera di bagian kaki.

Ketika cedera seperti ini, tubuh merespon dengan mengalirkan anti body, protein, sel darah putih ke bagian yang terbentur tersebut sehingga mengalami pembengkakan. Selain bengkak, bagian yang terkena tekanan tersebut juga mengalami warna merah, biru, serta rasa panas.

Disini kami akan menjelaskan bagaimana cara menangani masalah jatuh yang menyebabkan bengkak di kaki. Tujuan dari artikel ini adalah menyebarkan informasi kesehatan agar di ketahui khalayak ramai sehingga kita mengetahui bagaimana solusi yang harus di tempuh manakala mengalami bengkak kaki.

Cara Menghilangkan Bengkak di Kaki karena Jatuh

Hal ini termasuk bagian yang penting anda ketahui. Ketika seseorang mengalami benturan atau jatuh maka bagian kakinya akan mengalami pembengkakan. Jika hal ini di biarkan, maka kaki yang terjatuh tersebut akan mengalami pengerasan dan kurang lentur dan ini akan menyulitkan anda bergerak dan bisa menyebabkan cedera permanent.

Maka, mengetahui cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh penting dan termasuk dalam pengetahaun yang harus di ketahui oleh semua orang. Bagi anda yang merasa ini bermanfaat, silahkan baca hingga selesai agar mengetahui bagaimana langkah dan tips menghilangkan bengkak tersebut.

1. Istirahat cukup

Istirahat adalah hal penting untuk mengamankan kaki yang terbentur akibat jatuh. Jika anda tetap berjalan sementara kaki anda bengkak, maka ini akan memperparah luka anda dan menyebabkan jaringan di bagian bengkak rusak. Jadi, salah satu cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh adalah dengan beristirahat cukup.

Anda di larang bergerak secara berlebihan, namun bergerak tetap penting tetapi jangan terlalu banyak bergerak karena ini bisa menyebabkan nyeri semakin bertambah.

Ketika rasa nyeri berkurang, anda bisa memulai untuk menggerakkan kaki anda secara perlahan agar aliran darah lancar kebagian yang sakit dan jaringan tidak tegang.

2. Kompres dengan air es

Kompres dengan air es untuk hilangkan kaki bengkak

Mengkompres dengan es batu juga bisa anda lakukan untuk menghilangkan bengkak di kaki akibat jatuh, namun ini adalah cara cepat yang harus anda lakukan dalam 72 jam pertama kecelakaan.

Nah, sensasi dingin tersebut bisa mencegah menumpuknya aliran darah putih, cairan protein dan lain-lain di daerah bengkak. Anda bisa mengkompres dengan es bartu setiap tiga jam sekali selama 20 menit lamanya.

Kompres dengan es tidak boleh di lakukan terlalu lama atau lebih dari 20 menit, karena terlalu lama malah bisa memperparah bengkak di kaki.

3. Cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh dengan menggunakan perban

Mengikat bagian kaki yang bengkak dengan perban bisa menjadi salah satu tips menghilangkan bengkak. Ini akan menekan bagian kaki dan mencegah penumpukan cairan di bagian tersebut.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan cara ini. Ini penting agar anda menggunakan perban dengan benar sehingga bisa menjadi solusi dalam menghilangkan bengkak.

4. Mengangkat kaki

Mengangkat kaki di atas jantung atau lebih tinggi dari posisi jantung bagus dalam mencegah penumpukan cairan ke area bengkak.

Anda bisa menggunakan bantal di bawah kaki yang bengkak sehingga posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Jika tidak ada bantalan, anda juga bisa menggunakan sangkutan atau menggantungkan kaki dengan tali sehingga bisa mencegah turunnya cairan ke arah bengkak.

Pada 72 jam pertama mengalami jatuh, bengkak kaki tidak boleh di pijat atau di rendam dengan air panas karena bisa menyebabkan bengkak yang semakin parah.

Itu beberapa cara menghilangkan bengkak karena kecelakaan, anda juga bisa mengadopsi cara ini untuk bengkak yang terjadi pada anggota tubuh lainnya akibat benturan atau jatuh.

Untuk perawatan lebih lanjut anda bisa menghubungi bagian medis atau tempat urut tradisional yang telah terbukti dan terpercaya kemampuannya. Ikuti praktek tenaga urut patah tradisional terdekat yang berkompeten untuk mendapatkan perawatan yang maksimal.

Makanan Pantangan untuk Memulihkan  Kaki Bengkak

Saat anda terluka kaki atau bengkak karena terjadi peradangan, termasuk kaki bengkak akibat jatuh karena ini adalah bentuk peradangan, ada sejumlah pantangan yang harus anda perhatikan.

Makanan pantangan untuk kaki bengkak adalah makanan yang bisa menyebabkan peradangan lebih lanjut, diantaranya adalah:

– Roti putih

Produk roti putih adalah jenis roti yang telah di murnikan dan dihilangkan seratnya sehingga kelembutan roti tersebut kehilangan serat sebagai zat penting untuk mencegah lonjakan gula.

Roti putih yang di murnikan ini bisa mempercepat proses cerna dan ini menyebabkan naiknya gula darah dengan cepat, dan akibatnya akan banyak penggunaan insulin sehingga peradangan semakin cepat dan hebat.

Maka, hindari roti putih tersebut, sama seperti penderita gula yang juga harus menghindari makanan seperti ini karena termasuk dalam makanan dengan indek glikemik tinggi atau makanan yang cepat di cerna dan cepat menaikkan kadar gula.

– Produk susu

Termasuk makanan yang harus di hindari selama peradangan adalah makanan dari susu. Makanan ini saat di cerna menyebabkan iritasi sel-sel usus. Demikian di katakan Danielle O’Connor, ND, seorang dokter naturopati di Ontario (nakita.grid.id)

Iritasi ini bisa menyebabkan alergen bocor dan masuk kedalam darah yang menyebabkan peradangan. Diantara gejala peradangan ini termasuk sakit kepala, ruam kaki, nyeri sendi, dan lelah.

– Gula

Makanan yang termasuk pantangan untuk mencegah kaki bengkak atau peradangan adalah gula. Gula adalah makanan yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh bahkan penderita diabetes terjadi peradangan di seluruh bagian tubuhnya karena lonjakan gula darah.

Selain gula, pengawet, dan pewarna juga menyebab peradangan dalam tubuh yang harus di hindari untuk menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh dan lain-lain. Makanan penyebab peradangan biasanya merusak usus dengan menyebabkan kebocoran di usus.

Partikel makanan seperti gula sangat mungkin masuk ke aliran darah manakala usus kita rusak. Usus sangat tipis dan sangat mudah rusak jika kita mengkonsumsi makanan tertentu seperti gula.

– Soda

Minuman soda juga penyebab peradangan tubuh. Soda adalah minuman kaya gula yang harus anda hindari karena bisa merusak usus dan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian yang di publikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa seseorang minum soda menimbulkan penanda peradangan dalam tubuhnya.

Lihat juga:

Nha, selain menghindari makanan yang menyebabkan peradangan dan kaki bengkak, kita juga harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bisa mencegah peradangan dan menguranginya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bengkak di kaki karena jatuh, semoga kita bertambah pengetahuan kita dan bisa menghilangkan bengkak kaki dengan cepat dan kembali bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. Jika artikel ini bermanfaat, maka anda bisa share ke teman-teman dan keluarga anda sebagai tambahan pengetahuan tentang kesehatan. Semoga bermanfaat!

Previous articleKanker Dapat Disebabkan Oleh Material Bangunan
Next articleBenjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana