Home Tips 18 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami, Ampuh!

18 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami, Ampuh!

10
Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Nyamuk adalah serangga penggigit yang cukup meresahkan. Semua pasti sudah tidak asing dengan gigitan nyamuk, efek dari gigitanya bisa menyebabkan benjolan dan gatal-gatal. Gigitan nyamuk kadang menyebabkan penyakit seperti DBD dan malaria, maka mau tidak mau kita harus menghidari gigitannya. Ada banyak cara untuk mengusir nyamuk mulai dari menggunakan bahan kimia hingga bahan alami yang ramah lingkungan. Mengusir nyamuk adalah cara untuk mencegah diri kita dari gigitannya. Maka, disini kami akan jelaskan cara mengusir nyamuk secara alami dna sudah terbukti ampuh.

Disini kita akan menjelaskan cara mengusir nyamuk secara alami, dengan cara ini kita bisa terbebas dari gangguannya dan selamat dari gigitannya yang berbahaya. Jika kalian ingin tahu bagaimana cara efektif menghindar dari gigitan nyamuk, simak ulasan kami tentang cara mengusir nyamuk berikut ini.

The elsholat.com Contents

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

1. Membersihkan lingkungan

Cara pertama mengusir nyamuk adalah dengan membersihkan lingkungan. Nyamuk tumbuh dan berkembang di tempat yang kotor dan lembab seperti tempat pembuangan sampah yanga da genangan airnya. Disitu nyamuk bertelur dan menumbuhkan leibh banyak jenis nyamuk lainnya.

Maka, dia kui atau tidak salah satu cara menyingkirkan nyamuk atau mengusirnya adalah dengan membersihkan lingkungan. Sekalipun nyamuk tidaka akan habis, namun dengan membuat lingkungan bersih dari kotoran dan tempat genangan air, maka setidaknya kita sudah meminimalisir keberadaan nyamuk dan tentunya mereka tidak akan mengganggu seperti sebelum membersihkan lingkungan.

Jadi, mulailah membersihkan selokan-selokan, parit-parit, tempat genangan air, bak mandi dan sebagainya yang berpotensi menumbuhkan nyamuk.

Baca juga:

2. Minyak kayu putih

Cara lain mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Kalian pasti sudah tahu minyak kayu putih yang biasa di gunakan untuk mencegah mual atau menghangatkan tubuh.

Minyak kayu putih juga bisa di gunakan pada tubuh yang benjol akibat gigitan nyamuk, kalian bisa mengolesinya pada badan atau pada tempat yang rentan terkena gigitan nyamuk.

3. Menggunakan minyak lavender

Minyak lavender juga termasuk bahan alami yang bisa mengusir nyamuk. Aromanya yang harum bagi manusia ternyata sangat menganggu bagi serangga yang satu ini. Aroma dari bunga lavender yang berwarna ungu sebenarnya bagi manusia menjadi bahan untuk relaksasi, tetapi bagi nyamuk sangat mengganggu bahkan bisa mengusirnya.

Menggunakan minyak lavender sebagai pewangi ruangan bisa mencegah nyamuk masuk keruangan.

4. Cat dinding warna kuning atau orange

Apakah anda tahu bahwa nyamuk menyukai tempat yang gelap-gelap, maka kita harus mengakalinya dengan menggunakan cat dinding berwarna cerah seperti warna kuning dan orange. Selain itu, buat pencahayaan yang terang, ini membuat nyamuk tidak nyaman dan tidak akan datang mengganggu.

Anda juga bisa mengecat tembok dengan warna kuning atau orange, ini akan membuat nyamuk sulit bergerak.

5. Daun dan batang serai

Bahan alami lain yang bagus untuk mengusir nyamuk adalah batang serai dan daunnya. Anda bisa menggunakan batang serai atau daun serai, tumbuk daunnya atau batangnya dan tanaman ini akan mengeluarkan aroma sedap yang bagi nyamuk ini sangat menyakitkan.

Anda bisa menambahkan air dalam tumbukan serai dan menyemprotnya meruangan dengan semprotan khusus, atau diffuser. Aroma serai pasti akan membuat nyamuk kalang kabut dan menghindar dari ruangan.

6. Kulit jeruk

Menggunakan kulit jeruk adalah salah satu cara mengusir nyamuk dengan bahan alami. Aroma kulit jeruk yang menyengat membuat nyamuk terasa terusik. Maka wajar saja banyak yang menggunakan jeruk jeruk sebagai bahan dalam memproduksi obat nyamuk cair.

Cara mengusir nyamuk dengan kulit jeruk sangat mudah, simpan beberapa kulit jeruk dan kemudian letakkan di sudut rumah atau pada tempat yang banyak nyamuknya. Ketika anda meletakkan kulit jeruk, aromanya akan menyebar ke ruangan dan ini akan membuat nyamuk terasa terganggu dan pergi.

Agar kulit jeruk anda tahan lama, maka kami sarankan untuk menjemurnya. Jika kulit jeruk sudah kering, maka ini akan membuat bahan alami ini tahan lama dan bisa digunakan lebih lama dalam mengusir nyamuk.

7. Menggunakan bunga

Bunga juga menjadi salah satu bahan alami dalam mengusir nyamuk, jadi selain bunga lavender ada beberapa jenis bunga lainnya yang keharumannya membuat nyamuk terusik. Untuk mengusir nyamuk anda bisa menggunakan bunga seperti rosemary, bunga krisan dan bunga geramary.

Anda bisa menanam tanaman bunga itu dalam pot dan letakkan di sudut ruangan, aromanya akan menyebar ke seluruh ruangan dan membuat ruangan anda bebas dari nyamuk yang bkeliaran.

8. Buah lemon

Nyamuk juga bisa di usir dengan menggunakan buah lemon, buah lemon kaya dengan anti septik dan ia tidak di sukai oleh nyamuk dan serangga. Cara membuat pengusir nyamuk dari buah melon adalah dengan memeras air buahnya dan memasukkan dalam penyemprot.

Semprot cairan lemon ini ke ruangan anda dan ini akan membuat serangga yang bernama nyamuk ini terganggu bahkan kalau terkena nyamuk, cairan ini bisa membunuhnya.

9. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan alami yang juga bisa mengusir nyamuk. Rasanya dan aroma bawang putih sangat menyengat dan ini tidak hanya mengganggu manusia tetapi juga bisa mengusir nyamuk yang berkeliaran di ruangan rumah anda.

Anca bisa mengisir bawang putih dan meltakkan pada sudut ruangan, aromanya yang tidak enak akan di takuti oleh nyamuk. Tetapi masalahnya adalah aroma ini juga tidak enak di penciuman kita.

10. Bubuk kopi

Siapa yang suka minum kopi, kalau suka buat kopi dirumah dengan kopi tradisional atau kopi saring, maka ini kesempatan bagus bagi kamu untuk menyimpan bubuk kopi. Bubuk kopi memiliki aroma yang enak dan wangi, tetapi tidak bagi nyamuk, karena ini justru bisa membuat nyamuk kalang kabut dengan aroma kopi.

Kalau kamu menaburi bubuk kopi dalam genangan air yang ada jentik atau anak nyamuk, maka mereka akan mati dan menghindari untuk bertelur disana. Secara ilmiah, kopi menyerap oksigen dan membuat jentik kehabisan oksigen dan mati.

11. Daun Peppermint

Daun peppermint banyak digunakan karena kesegarannya, ia banyak di manfaat dalam minuman teh atau dalam makanan. Tetapi siapa sangka daun peppermint ternyata menjadi bahan efektif dalam mengusir nyamuk. Bau peppermint ternyata bisa mengusik nyamuk da membuatnya lari dari ruangan.

Cara membuat ramuan pengusir nyamuk dari peppermint adalah dengan merebus beberapa daun peppermint dan tunggu hingga dingin, gunakan airnya sebagai semprotan ruangan untuk menghilangkan nyamuk.

12. Kapur barus

Bahan alami lainnya untuk mengusir nyamuk adalah kapur barus. Aroma menyengat dari kapur barus membuat serangga tidak tahan dan harus lari dari tempat tersebut. Bukan hanya nyamuk yang bisa terganggu tetapi semua serangga lainnya juga akan terganggu termasuk kecoak, semut dan lain-lain.

Kamu bisa meletakkan beberapa butir kapur barus dalam ruangan di pojok-pojok atau dengan melarutkan kapur barus dalam air dan airnya di letakkan di sudut rumah. Aroma kapur barus yang keluar dari cairan ini akan menghalau nyamuk yang datang.

Kalau anda menggunakannya untuk mengusir rayap atau kecoak, anda bisa meletakkan kapur barus di sudut lemari bagian dalam.

13. Lilin aroma terapi lavender

Selanjutnya, cara mengusir nyamuk secara alami adalah dengan menggunakann lilin aroma terapi, khususnya lilin aroma terapi lavender. Lilin ini mengeluarkan aroma yang harum namun bagi nyamuk ini sangat mengganggunya.

Lilin aroma terapi selain mmemberikan aroma yang bagus untuk ruangan, ia juga bisa mengahalau dan mengusir nyamuk dari ruangan rumah anda.

14. Gula merah cair

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk adalah dengan gula merah cair. Sebenarnya ini bukan mengusirnya tetapi menjebaknya dan memusnahkannya.

Cara membuat ramuan gula merah untuk membunuh nyamuk adalah dengan mencairkan sedikit gula merah dengan cara memanaskannya. Selanjutnya ambil botol plastik yang di bagi dua, olesi dengan gula merah cair. Gunakan corong atau penutup botol secara terbalik sehingga nyamuk yang masuk perangkap tidak bisa keluar lagi.

15. Minyak dan plastik yang di gantung

Cara lain megusir nyamuk adalah dengan menggunakan plastik yang berisikan minyak dan di gantung di area tertentu yang banyak nyamuknya.

Plastik di olesi dengan minyak goreng dan plastik tersebut di gantung degnan seutas tali, sebelumnya olesi plastik dan talinya dengan minyak.

16. Pengasapan secara rutin

Cara lain yang bisa di tempuh untuk mengusir nyamuk adalah dengan melakukan pengasapan. Pengasapan ini adalah tugas pemerintah dalam membasmi nyamuk Demam Berdarah, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal ini.

Pengasapan seperti ini tidak hanya mengusir nyamuk saja, tetapi juga bisa membunuh nyamuk termasuk nyamuk demam berdarah yang sulit di identifikasi keberadaannya.

17. Menanam tanaman lavender

Lavender adalah tanaman yang menghasilkan aroma khas, diatas kita sudah bicarakan tentang manfaatnya dalam mengusir nyamuk, tetapi dengan menggunakan air tanaman lavender. Sekarang anda bisa menanam tanaman ini disudut ruangan, tanaman ini tetap mengeluarkan aromanya sehingga nyamuk tidak suka bermain di daerah yang ada tanaman ini.

Tanam lavender dalam pot dan letakkan di sudut rumah, tanaman mudah di tanam dan media tanamnya juga tidak sulit, ini sama seperti menanam tanaman lainnya.

Selain lavender, anda bisa menanam tanaman serai, serai juga bisa mengusir nyamuk karena aromanya yang khas.

18. Raket Nyamuk

Raket nyamuk bekerja dengan sistem kontak, saat anda mengontaknya tentu nyamuk akan kestrum dan hangus. Anda hanya perlu membeli raket nyamuk dipasar.

Raket nyamuk ini biasanya di charge pada listrik, jadi anda tidak usah membeli baterai setiap kali habis baterainya.

Previous articleDaun Bungkus Papua, Apakah Efektif Memperbesar Alat Vital [Cek Fakta]
Next articleDaftar Harga Baja Ringan Terbaru, Cek Sebelum Membuat Rumah