Home Islami Al-Quran 10 Cara Menjaga Hafalan al-Quran dengan Mudah

10 Cara Menjaga Hafalan al-Quran dengan Mudah

37
Cara Menjaga Hafalan al-Quran

Menghafal al-Quran adalah sebuah ibadah yang luar biasa dan ada hikmah yang cukup banyak bagi siapa saja yang sanggup menghafalnya. Membacanya al-Quran saja sudah mendapatkan banyak pahala apalagi menghafalnya. Namun demikian tidaklah mudah menghafal al-Quran, terutama pada menjaga hafalan kita setiap harinya. Mungkin bagi sebagian orang mudah saja menghafal satu ayat atau satu halaman al-Quran setiap hari atau setiap minggunya, namun yang sangat sulit adalah menjaga hafalan tersebut agar tetap melekat dalam hati dan selalu dalam ingatan. Apalagi bagi kita yang memiliki banyak kesibukan, misalnya kita tidak hanya sibuk menghafal al-Quran namun juga ada kesibukan harian seperti mencari rezeki atau mencari nafkah. Lantas, bagaimana cara kita menjaga hafalan al-Quran dengan mudah di tengah kesibukan kita? Nah, dalam hal ini kami dari elsholat.com telah mengumpulkan beberapa tips penting untuk menjaga hafalan al-Quran, maka baca terus hingga selesai agar anda memahami tips penting dalam menghafal ini.

Sebuah kebanggaan tersendiri manakala kita bisa menghafal satu surah atau satu juz atau bahkan setengah al-Quran, apalagi kita menguasai hafalan secara khatam. Namun untuk menjaga hafalan tersebut kita di tuntut untuk bisa selalu mengulang hafalan tersebut sehingga menjadi menyatu dalam ingatan dan jiwa kita. Ketika ayat demi ayat yang kita bacakan sudah menyatu dengan jiwa, insyaAllah ini akan menjadi sesuatu yang cukup mengagumkan bagi penghafal. Dalam hal ini, kami akan membagikan beberapa tips menjaga hafalan al-Quran di tengah kesibukan kita sehari-hari. Yuk kita lihat!

Cara Menjaga Hafalan al-Quran dengan Mudah

Tips Menjaga Hafalan Al-Quran

1. Kuatkan niat untuk menguasai hafalan Al-Quran

Tidak ada yang lebih penting dalam setiap urusan mulia kecuali niat kita. Niat adalah sesuatu yang muncul dalam jiwa kita terhadap sesuatu yang akan kita kerjakan. Jika niat kita kuat atau kokoh, kita akan mudah menggapai cita-cita. Namun jika niat itu tidak kokoh atau tidak stabil, maka menggapai cita-cita akan sulit dan bahkan bisa di katakan tidak akan tercapai.

Ketika kita sudah ingin menghafal al-Quran maka hujamkan niat itu dalam dada, atau kuatkan niat itu, apapun yang terjadi kita harus bisa menguasai hafalan quran, ini insya Allah akan memudahkan kita dalam menggapai tujuan. Maka setiap kali ingin apa yang kita hajatkan atau cita-citakan berhasil, lihat niat niat kita, apakah sudah kokoh atau tidak. Seseorang yang memiliki kekuatan niat yang kokoh, biasanya ia akan mencari segala cara agar ia berhasil. Inilah niat kokoh yang harus di miliki oleh setiap orang yang ingin megnhafal al-Quran.

2. Optimalkan jadwal harian

Untuk bisa dengan mudah menjaga hafalan al-Quran, maka buat jadwal harian. kapan anda harus membaca al-Quran, misalnya setelah sholat anda harus membaca satu juz atau satu lembar. Buat jadwal dan kemudian berkomitmen untuk selalu mengikuti apa yang telah di jadwalkan.

Apapaun kesibukan anda, tentu anda tidak akan melewatkan shalat anda. Maka, dalam setiap momen setelah sholat, selalu ulang hafalan anda satu lembar atau sesuai dengan yang telah anda jadwalkan. Dengan berprinsip seperti ini andf setiap harinya berkesempatan untuk mengulang lima kali. Ini sangat berguna bagi hafalan anda jika anda bisa merutinkan. Jadwal ini tentu selain dari jadwal menghafal, anda bisa membuat jadwal menghafal sehari sekali atau dua hari sekali. Yang sangat penting adalah bagaimana anda bisa menjaga ayat-ayat suci al-Quran yang sudah anda hafal. Jadi, fokus pada dua hal ini: Menghafal dan menjaga hafalan atau mengulang setiap harinya setelah mengerjakan sholat.

3. Luangkan waktu anda untuk al-Quran

Menghafal secara konsisten bukanlah sesuatu yang mudah apalagi menghafal al-Quran, ad sangat banyak rintangan dan tantangan yang harus anda lawan terutama nafsu anda yang selalu ingin anda tidak mengulang satu waktu atau menunda-nunda pengulangan. Jadi, hal penting di sini adalah luangkan waktu anda untuk membaca al-Quran bukan membaca al-Quran di waktu luang.

Kalau anda memilih membaca al-Quran di waktu luang, ini akan sangat banyak waktu terbuang tanpa ada pengulangan hafalan anda. Jadi, ini sepeti memaksa diri anda untuk meluangkan waktu untuk mengulang atau menghafal al-Quran, inilah yang di sebut dengan memprioritaskan hafalan. Ingat kembali kalau al-Quran anda sesuatu yang agung dan mencapainya sangat sulit, anda harus mengerahkan segala kemampuan untuk bisa meluangkan waktu untuk mengulang hafalan al-Quran.

4. Buatkan target yang ingin di capai

Tips menjaga hafalan al-Quran dan cepat menghafal adalah membuat target setiap harinya atau setiap dua harinya, tergantung pada kesanggupan anda. Yang penting disini adalah anda bisa menepati apa yang sudah anda buat targetnya. Kalau setiap harinya anda menargetkan bisa menghafal setengah lembar, maka tepati komitmen itu setiap harinya. Demikian juga kalau komitment itu jika harus di tepati dalam dua hari sekali.

Demikian juga dengan waktu mengulang hafalan, buat target bahwa setelah sholat anda harus mengulangnya satu lembar atau dua lembar. Kemudian, berjanji bahwa anda harus menepatinya dalam keadaan apapun. Jika anda membuat taregt yang ingin di capai seperti ini, anda akan di kejar-kejar oleh beban harian sehingga anda berusaha setiap harinya untuk menunaikannya. Ingat lagi, kalau menghafal al-Quran bukanlah sesuatu yang mudah dan mereka yang telah mencapainya atau mereka yang telah menguasai al-Quran selalu di iringi dengan usaha yang sesuai. Jadi, kuatkan kembali niat anda, jangan sampai niat anda menghafal al-Quran di kalahkan oleh niat lain yang tidak mulia.

5. Jauhi maksiat

Ini adalah pantangan, maksiat adalah sesuatu yang menghalang kamu sampai pada cahaya Allah. Al-Quran adalah cahaya, ini adalah firman Allah dan mereka yang bermaksiat tidak akan bisa menghafalnya. Sekalipun bisa menghafalnya, itu tidak ada keberkahan didalamnya.

Maksiat bukan hanya pantangan bagi anda yang sedang menghafal al-Quran, namun ini adalah sesuatu yang harus di jauhi oleh semua orang Islam. Namun bagi penghafal al-Quran, maksiat adalah sesuatu yang sangat berbahaya dan dengan mudah akan menghilangkan setiap huruf dalam ingatan anda. Sama seperti anda menghafal bait alFiah ibu Malik (misalnya), jika anda bermaksiat, maka setiap bait ilmu Nahwu itu akan hilang dalam ingatan anda. Apalagi al-Quran yang merupakan Qalam Allah SWT.

Jika anda ingin menghafal al-Quran dan menjadi salah satu hamba Allah yang mulia di muka bumi ini, jauhi maksiat agar anda mudah dalam menuju khatam hafal Al-Quran.

6. Baca al-Quran dalam Sholat

Cara menjaga hafalan al-Quran yang termasuk tips yang sudah sangat lama di praktekkan oleh hafidh-hafidh adalah membacanya dalam sholat. ketika kita membacanya dalam shalat ini beda dengan di luar shalat. Dalam shalat biasanya orang akan mudah lupa jika belum benar-benar bisa. Maka, coba baca al-Quran banyak-banyak dalam shalat untuk cepat memurnikan hafalan anda.

Membaca al-Quran dalam shaolat setelah Membaca Fatihah adalah sunnat hukumnya pada setiap dua rakaat pertama. Anda tidak usah membacanya dalam dua rakaat terakhir shalata karena ini tidak sunnat hukumnya pada pendapat shahih. Ini adalah tips hafal al-quran yang bisa anda coba dan budayakan sehingga anda mudah mengingat al-Quran. Setiap kali anda lupa ayat ketika membacanya dalam shalat, fokuskan pada yang lupa itu saat anda berada di luar shalat. Dengan cara seperti ini akan membuat anda cepat menguasi setiap ayat suci al-Quran.

Baca juga: Amalan untuk Menguatkan Hafalan, dari Rasulullah SAW

7. Mendengar murattal al-Quran

Cara menjaga hafalan al-Quran selanjutnya adalah dengan sering-sering mendengar murattal al-Quran yang di bacakan oleh para huffaz sepertui masyaikh. Mendengar murattal Al-Quran sangat besar faedahnya, anda bisa mengoresksi setiap ada kesalahan dalam hafalan kamu, termasuk kesalahan dalam menghafal seperti tertinggal satu kalimat atau salah baris dalam menghafalnya. Dengan mendengar murattal yang di bacakan oleh syeikh atau para huffaz kami bisa dengan mudah mengetahui kesalahan kamu dan segera memperbaikinya.

Diantara murattal para Hafidh adalah yang di bacakan oleh syeikh seperti: Syekh Abdurrahman Assudais, Syekh Al-Ghomidi, Syekh Thaha Aljunayd, Syekh Mishari Rasyid Alafasiy dan lain-lain.

8. Pandai dalam memotivasi diri sendiri

Kamu harus bisa memotivasi diri kamu sendiri, jagnan sampai hanya karena kamu lambat hafal dibandingkan dengan t4eman kamu, kemudian kamu tidak lagi menghafal atau bermalas-malas menghafal. Ingat, jika kamu bermalas-malasan maka kamua kan terus tertinggal dari teman kamu yang terus memiliki semangat.

Jangan berpuas dirinya dengan apa yang sudah kamu capai, tetapi terus berjuang. Jika kamu merasa lambat dqari teman kamua, jangan merasa minder. Ingat bahwa Allah kadang tidak memberikan mu bonus cepat bisa hafal karena Allah ingin memberikan pahala besar kepada kamu dengan terus menerus kamu berjuang untuk bisa menghafal ayat-ayat-Nya. Orang yang perjuangannya lebih besar atau beart tentu memiliki nilai lebih di sisi Allah. Maka, jangan cepat pasrah namun tetaplah semangat dan terus menggapai cita-cita kamu untuk bisa mebgnhafal al-Quran.

Lihat juga: Tiga Waktu Mustajabah (Makbul) Do’a di Hari Jum’at

9. Berdo’a

Cara Menjaga Hafalan al-Quran dengan Mudah

Berdo’a adalah hal yang sangat penting dalam setiap usaha, karena apapun usaha kita yang membuatnya sukses atau tidak adalah Allah. Selalu minta pada Allah yang maha memberi karena dengan izin-Nyalah kita bisa menghafal.

Sekuat apapun otak kita kalau Allah tidak mengizinkan ayat-ayat sucinya berlabuh di sanubari kita, maka itu tidak akan terjadi. Selalu berdo’a, tawadhu’ dan selalu merasa rendah diri karena Allah-lah yang menempatkan setiap ayat alQuran itu bisa kita hafal dalam hati dan ingatan kita.

10. Konsisten atau Istiqamah

Ini adalah hal yang sepele di dengar namun ini adalah poin yang sangat sulit untuk di realisasikan. Sekaut apaun hafalan anda kalau anda tidak konsisten atau istiqamah maka hafalan itu tidak akan bertahan lama, sehari demi sehari ia akan pudar dan hilang dari Ingatan. Jadi, dalam menghafal, sangat di perlukan istiqamah apalagi menghafal al-Quran.

Istiqamah adalah kunci kesuksesan semua para hafiz yang telah berjuang untuk menjinakkan ayat al-Quran dan menghafalnya. Istiqamah dan sabar adalah dua kata kunci penting dalam perjuangan agar mudah menggapai asa dan cita kalian.

Itulah beberapa cara menjaga hafalan al-Quran dan tips memudahkan anda dalam memnghafal al-Quran, semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya danbisa menjadi sedikuit motivasi dan dorongan untuk kamu yang ingin menghafal Quran. Dari kami untuk kamu adalah do’a agar kalian semua bisa mudah dalam menghafal Kalmullah yang Tinggi. Amiin!

Previous articlePengertian Perdagangan Internasional, Manfaat, Jenis dan Faktor Pendukung
Next article7 Manfaat Kesehatan daun Ketapang, Salah Satunya Melawan Diabetes