Home Info Cara Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar Nakir dalam Kubur

Cara Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar Nakir dalam Kubur

128
Cara Menjawab Pertanyaan Malaikat

Cara menjawab pertanyaan malaikat dalam kubur – Kehidupan seorang muslim tidak hanya didunia saja, bahkan ketika mati babak baru dari kehidupan baru di mulai. Jika di dunia ada banyak masalah maka di ahirat akan ada lebih banyak masalah dan persoalan bahkan mulai di alam kubur. Alam kubur atau alam barzah adalah tempat peristirahatan manusia sebelum manusia dibangkitkan di akhirat kelak.

Diantara masalah besar dalam kubur adalah pertanyaan dua malaikat yang namanya Munkar Nakir tentang Man Robbuka, Ma Dinu ka dan sebagainya. Jika seseorang yang shaleh tentu ia bisa menjawabnya dan jika orang itu adalah orang jahat dan tidak beramal semasa di dunia maka ia tidak akan bisa menjawabnya.

Seseorang yang meninggal, jika ia orang shaleh ia akan berkata “segeralah bawa aku ke kuburan”, ini di karenakan ia akan mendapatkan nikmat Allah sejak dalam kuburnya. Namun jika yang meninggal adalah orang jahat maka ia akan berkata “celakalah aku, mau kau bawakan aku kemana?”. Suara ini akan di dengar oleh semua makhluk Allah kecuali manusia dan jin. Jika manusia sanggup mendengarnya, maka ia akan pingsan karena tidak mampu membayangkan nikmat atau siksa yang akan didapatnya di alam kubur.

Baca juga: Ziarah Kubur, Dalil Ziarah Kubur, Lihat Anjuran Ziarah Kubur

Cara Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar Nakir dalam Kubur

Pertanyaan Malaikat dalam Kubur

Saat koita sudah di makamkan dan berada dalam kubur dan semua sanak keluarga, handai taulan sudah pulang meninggalkan kuburan. Maka datanglah dua orang malaikat yang namanya Mungkar Nakir. Kedua adalah malaiakta yang di perintah oleh Allah untuk menanyai manusia dalam alam kuburnya. Mereka duduk di dekat kepalanya dan berkata: “keluarlah wahai jiwa yang tenang menuju rahmat dan ridha Allah”, demikian di katakan andaikata yang meninggal itu adalah orang shaleh. Kedua malaikay Munkar Nakir datang untuk menanyakan 6 persoalan kepada orang yang didalam kubur. Ini adalah sebagai berikut:

  1. Man Robbuka?, Artinya Siapa Tuhan-mu?
  2. Ma Dinuka?, Artinya: Apa agamamu?
  3. Man Nabiyyuka? Artinya: Siapa Nabimu?
  4. Ma Kitabuka?, Artinya Apa kitabmu? Atau Siapa Imammu?
  5. Aina Qiblatuka?, Artinya: Apa kiblatmu?
  6. Man Ikhwanuka?, Artinya: Siapa saudaramu?

Sekilas ini adalah pertanyaan simpel, bagi orang didunia mungkin ini dianggap sebagai pertanyaan yang mudah untuk di berikan jawabannya. Namun sebenarnya itu tidaklah sebagaimana yang di pikirkan semasa didunia. Karena yang bisa menjawab pertanyaan ini hanya orang-orang beriman yang semasa hidupnya selalu menyibukkan dirinya dengan amal shaleh. Jika kita tidak beramal semasa didunia, sekalipun kita sudah hafal jawaban Man robbuka, kita tidak akan bisa menjawabnya, karena itu semua tergantung pada amalan kita semasa didunia.

Bca juga: Mengenal Kitab Mauidlatul Mukminin

Maka disebutkan, jika kita ingin sukses di akhirat, maka sukseslah didunia. Artinya, bukan sukses mencari harta dan kekayaan melainkan sukses dalam beramal dengan ikhlas semata karena Allah semasa di dunia. Itulah maknanya kehidupan didunia. Jadi, dunia ini sangat penting karena ini mennjadi tempat bagi kita untuk mempersiapkan amalan dan bekal untuk akhirat kelak. Jadilah sebagai orang yang sukses didunia dengan ilmu, amal sehingga kita menjadi orang yang sukses di akhirat kelak, amiin Allahumma Amiin!

Lantas bagaimana agar kita bisa mudah menjawab pertanyaan malaikat dalam kuburan. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini dalam kubur, kita senantiasa di dunia melaksanakan shalat lima waktu dengan teratur bahkan dengan berjamaah. Menjalankan puasa dengan ikhlas. Secara umum adalah menta’ati perintah Allah yaitu menjalankan semua perintahNya terutama yang wajib dan meninggalkan semua larangannya, terutama yang haram.

Jadi, melaksanakan sholat dengan teratur dan tidak pernah meninggalkan sholat ada relasinya dengan pertanyaan Man Robbuka. Ketika ditanyakan “Man Robbuka?, Siapa Tuhanmu? Karena kita selalu mengerjakan sholat 5 waktu maka dengan mudah kita bisa jawab bahwa Tuhan kita adalah Allah SWT. Maka, selalu kerjakan sholat wajib. Tak terbayangkan jika kita jarang melaksanakan sholat apalagi jika tidak sholat, tentu kita tidak akan bisa menjawab pertanyaan “MAn Robbuka?”.

Kaitannya dengan pertanyaan MA Dinuka? Apa agamamu? Seseorang yang rajin sholat ia akan mudah menjawab bahwa agamanya adalah Islam. Karena hanya agama Islam saja yang memerintah untuk Sholat. Dengan rajin mengerjakan sholat 5 waktu kita berharap bisa menjawab pertanyaan Ma Dinuka nantinya di kuburan.

Baca juga: Bacaan Zikir Setiap Saat

Kaitannya dengan pertanyaan Man nabiyyuka? Siapa Nabimu?, Jika seseorang rajin sholat maka ia insya Allah akan mudah untuk menjawab bahwa nabinya adalah Nabi Muhammad SAW karena dalam sholatnya ia selalu menyebutkan nabi Muhammad seperti dalam bacaan Tahiyat.

Kaitannya dengan pertanyaan Malaikat Munkar Nakir dalam kubur tentang Ma Kitabuka? atau man Imamuka?, Apa kitab mu atau siapa imammu?. Bagi seseorang rajin sholat, ia akan mudah insya Allah untuk menjawab pertanyaan ini karena dalam sholatnya selalu ia bacakan al-Quran yaitu surah al-Fatihah. Bahkan jika seseorang tidak membacakan surah ini dalam sholat, maka sholatnya tidak sah. Ia akan menjawab bahwa al-Quran adalah imamnya atau kitabnya atau pedoman dan petunjuk hidup.

Demikian juga dengan pertanyaan Aina Qiblatuka? Dimana kiblat mu? bagi seseorang yang rajin sholat lima waktu, insya Allah ia akan mudah untuk menjawab bahwa kiblatnya adalah Ka’bah Bitullah. Ini disebabkan karena sholat adalah ibadah yang di kerjakan dengan cara menghadap ke Ka’bah. Tidak ada seorangpun yang mengerjakan sholat dengan menghadap bukan ke Ka’bah.

Sementara pertanyaan ke enam adalah “Man Ikhwanuka? Siapa saudaramu? Bagi yang sering mengerjakan sholat, ia akan mudah untuk menjawab bahwa almuslimun wal muslimat adalah saudraku. Ketika mengerjakan sholat dengan berjamaah, kita akan merasa bersatu dengan satu jamaah atau kelompok, dimana mereka adalah saudara kita se-iman dan se agama.

Akhir kata: Kita semua mengharapkan agar di berikan kemampuan (Tufiq dan M’unah) oleh Allah SWT untuk bertaubat, mampu menjadi salah satu dari hamba-Nya yang sholeh yaitu orang yang mampu menjawab pertanyaan malaikat Munkar Nakir didalam kubur.

Previous articleBacaan Zikir Setiap Saat: Ini Zikir yang Selalu di Baca Rasulullah SAW
Next article10 Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut