Home Info Cara Merekam Layar Laptop dengan Windows Game Bar

Cara Merekam Layar Laptop dengan Windows Game Bar

Cara Merekam Layar Laptop dengan Windows Game Bar

Mau tahu bagaimana cara merekam layar laptop? Disini kami akan jelaskan secara singkat namun jelas tentang cara merekam layar (screen recording) laptop menggunakan windows game bar. Ini sangat mudah anda lakukan dan menjadi pilihan terbaik untuk merekam layar saat anda tidak menggunakan aplikasi.

Sekarang banyak diantara kita yang beralih aktivitasnya ke kerja di depan komputer baik sebagai pengelola akun media sosial atau sebagai penjual online. Maka, dengan sendirinya pengguna laptop atau komputer semakin banyak dan tentu informasi ini akan semakin berguna. Mungkin inilah alasan kenapa sekarang banyak yang mencari di mesin pencari Google tentang cara merekam layar laptop dengan windows game bar.

Fitur game Bar memungkinkan user laptop atau komputer untuk merekam kinerjanya di depan laptop. Dengan screen recording anda bisa dengan mudah merekam layar, atau kemudian melihat kembali di folder penyimpanannya.

Bagi anda yang bekerja di rumah menjadi sangat mudah dengan adanya fitur screen recording dan ini sangat menarik karena anda tidak perlu membuat laparan sebagaimana mereka yang bekerja di kantor.

Jadi, dengan adanya screen recording, anda hanya perlu merecord tampilan layar atau laporan anda dan kemudian mengirimnya ke tujuan anda. Jadi, sama sekali tidak perlu membuat laporan yang rumit. Sangat mudah sekali merekam layar laptop menggunakan Windows Game Bar.

Namun yang sangat kita sayangkan adalah hari ini masih banyak teman kita yang belum tahu bagaimana merekam layar laptop atau komputernya. Inilah alasan kenapa pada hari ini kami mencoba membuat artikel tutorial cara merekam layar laptop atau screen recording.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Game Bar

Jika anda merasa masih perlu mengetahui cara screen recording atau merekam layar laptop dengan mudah, anda bisa mengikuti langkah dan cara yang kami bagikan ini.

Merekam layar laptop sangat mudah, kalau anda menggunakan Windows 10 atau windows 11, maka aktivitas screen recording sangat mudah. Ada fitur bawaan Microsoft yang namanya Windows Game Bar. Dengan Game bar anda dengan mudah bisa menangkap atau merekam layar laptop anda sehingga kinerja anda didepan komputer sangat mudah. Anda tidak mengirim laporan yang anda buat secara manual, tetapi tinggal merekam layar kerja anda dan mengirimnya. Sangat mudah bukan!

Langkah-Langkah Cara Merekam Layar Laptop

Langkah pertama: Untuk bisa merekam layar laptop anda, tentu laptop anda harus dalam keadaan menyala. Di halaman muka atau halaman awal anda bisa menekan Windows + G pada keyboard, ini akan memunculkan fitur yang akan anda gunakan untuk merekam layar yaitu Game Bar.

langkah selanjutnya adalah memilih opsi capture, nanti akan muncul “Screen Recording”.

Kalau user ingin merekam layar laptop yang di sertai dengan suara, maka anda bisa menekan “Turn On Mic While Screen Recording”, ini pada menu setelah “Screen Recording”.

Setelah aktivitas merekam layar komputer selesai, maka file rekaman tersebut secara otomatis tersimpan di folder sendiri yang ada di Windows Explorer, format yang tersimpan adalah Mp4. Hasil tangkapan atau rekaman layar ini bisa anda gunakan sebagaimana yang anda butuhkan.

Anda juga tertarik dengan:

Anda bisa mengirim file kepada atasan anda, teman anda atau kepada yang membutuhkan. Bahkan kalau anda seorang Youtuber sekalipun, anda bisa menggunakan rekaman layar ini sebagai video untuk konten youtube anda. Biasanya rekaman layar seperti ini banyak digunakan untuk membuat video tutorial komputer atau laptop.