Home Health 6 Ciri Gerakan Janin Melintang dalam Rahim

6 Ciri Gerakan Janin Melintang dalam Rahim

12
Ciri Gerakan Janin Melintang dalam Rahim

Ciri gerakan janin melintang harus di ketahui oleh ibu yang sedang melahirkan sehingga bisa mengambil jalan dan soilusi sejak dini. Janin melintang dalam kandungan adalah janin yang posisi kepalanya berada di sebelah kanan perut dan kakinya ke sebelah kiri, atau sebaliknya. Bisa juga di kayakan melintang saat kepala janin berada di atas dan kakinya berada di dekat jalan lahir.

Nah, posisi janin melintang bisa menghambat proses persalinan secara normal, maka kita harus bisa mendeteksi posisi janin sebelum masa persalinan. Ini penting agar segera bisa di ambil solusi agar posisi janin bisa normal kembali. Posisi janin normal adalah saat kakinya berada di atas dan kelapa dekat dengan pintu lahir. Nah, cara mengetahui posisi janin melintang adalah dari gerakan-gerakan janin. Lantas bagaimana ciri-cirinya, beikur kami tunjukkan kepada anda ciri gerakan janin melintang.

The elsholat.com Contents

Ini Ciri Ciri Gerakan Janin Melintang

1. Mengalami ketidaknyamanan subkostal

Ketidaknyamanan di bagian panggul hingga tulang rusuk yang di rasakan oleh ibu hamil ketika beberapa bulan masa kehamilan bisa menjadi salah satu ciri gerakan janin melintang. Rasanya sakit ini seperti melilit atau seperti nyeri saat wanita kedatangan menstruasi.

Rasa tidaknyaman ini juga kadang sangat mengganggu aktivitas anda dan selalu membuat anda ingin menyandarkan punggung pada benda tertentu untuk mencari kenyamanan. Jika anda mengalami hal seperti ini saat hamil, mintalah saran ahli kandungan untuk mengetahui apa solusi yang harus di tempuh.

2. Tendangan kaki bayi terasa di samping rahim

Ciri gerakan janin melintang juga terasa saat janin menendang kakinya di dekat dengan rahim. JIka ini yang anda rasakan berarti kepala janin berada di atas dan kakinya di bawah, ini adalah posisi sungsang atau posisi janin melintang dalam kandungan.

Ibu hamil sangat mudah mengetahui dan merasakan tendangan si kecil saat dalam kandungan. Kalau tentangan itu dekat dengan rahim maka akan terasa baginya, segera hubungi dokter dan cari tahu bagaimana yang harus anda lakukan terutama jika anda akan segera melahirkan.

3. Posisi kepala janin

Ciri gerakan bayi melintang juga di ketahui dari letaki kepala bayi atau janin. Jika di samping perut ada bentuk yang besar dan itu kemungkinan kepala bayi. Ini mendakan bahwa kepalanya berada di samping dan kakinya ke samping yang lain. Ini juga posisi janin sungsang atau melintang.

Jika ibu hamil tidak bisa merasakannya, anda bisa mencoba bertanya kepada bidan kampung atau ahli kandungan. Mereka tanpa USG pun bisa mengetahuinya dengan cara meraba pada bagian perut ibu hamil.

4. Letak jantung bayi

kemudian, kita juga bisa mengetahui ciri gerakan janin melintang dari letak detak jantungnya. Pada usia kandungan 32 minggu hingga 35 minggu, detak jantung bayi yang posisinya normal harus terasa di pusar ibu hamil.

Tetapi kalau letak janin sungsang atau melintang, maka detak jantung bayi terasa pada sekitaran pusar, bisa di atas pusar atau sampingnya. Maka, sangat penting untuk mengontrol posisi janin saat anda sudah di trimester ke tiga kehamilan.

5. Di ketahui melalui pemeriksaan vagina

Selanjutnya, ciri gerakan janin melintang juga di ketahui dari pemeriksaan vagina. Saat pemeriksaan bukaan bagi ibu yang akan melahirkan biasanya di ketahui bagaimana letak sang bayi dalam rahim.

Saat di periksa dan bidan tidak menemukan massa keras (kelapa janin) di bukaan menjelang persalinan, maka besar kemungkinan bayi tersebut posisi kepalanya di atas dan ini adalah posisi sungsang.

6. Massa tidak teratur di bagian panggul sang ibu

Cara lain untuk mengetahui gerakan janin melintang adalah dengan memperhatikan massa di bagian panggul ibu, jika massa disini berbeda-beda, ini menandakan bahwa bayi atau janin sedang tidak berada pada posisi normal.

Massa yang tak teratur saat memeriksa palpasi abdomen sang ibu juga bisa menjadi bukti kalau janin bergerak secara melintang didalam rahim. Ini menunjukkan bahwa yang pertama turun kepanggul bukannya kepala bayi melainkan kakinya dan kepala berada di atas. Namun, bagi ibu yang mengalami hal ini tidak usah khawatir karena dokter akan memberikan solusi terbaik.

Anda juga tertarik:

Itulah ciri gerakan janin melintang, dengan mengetahui posisi janin saat usia kehamilan anda sudah masuk ke tremester ketiga, anda dan dokter bisa mengupayakan agar janin berada dalam posisi yang normal dimana kepala sang janin yang duluan masuk kedalam panggul ibu.

Namun saat masih di trimester kedua, anda tidak usah khawatir sama sekali karena posisi bayi di saat ini masih bisa berubah-ubah karena ukuran janin yang masih sangat kecil.

Previous articleDo’a Ketika Bercermin: Allahumma Kama Hassanta Khalqi Fahassin Khuluqi
Next articleIstinja: Pengertian, Hukum dan Tata Cara