Home Jalan-Jalan Danau Gunung Tujuh, Danau Eksotis di Indonesia

Danau Gunung Tujuh, Danau Eksotis di Indonesia

9
Danau Gunung Tujuh

Pesona danau gunung tujuh sangat menarik perhatian banyak kaulamuda, terutama mereka yang ingin menikmati keindahan alam dengan menerobos tantangannya. Sama seperti keberadaan danau kaco, danau gunung tujuh juga terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Provinsi Jambi. Ini adalah danau besar yang ada di Taman nasional Seblet Sumatra. Keindahannya banyak menyita perhatian mereka yang suka mendaki gunung. Sekalipun akeses menuju kesana cukup sulit dan butuh perjuangan, namuna tak sedikit yang menyukai tantangan ini.

Taman Nasional Kerinci juga terkenal dengan gugusan bukit barisan karena keberadaan gunungnya yang berbaris-baris. Maka, tak heran kalau anda mendengar ada danau yang namanya Danau Gunung Tujuh, karena memang danau luas ini di lingkari oleh 7 gunung sekaligus. Ketujuh gunung yang melingkari danau ini adalah: Gunung jar Panggang, Gunung Tujuh, Gunung lumut, gunung selasih, gunung Madura besi, Gunung Hulu sangir, dan Gunung Hulu Tebo.

Lantas apa saja yang membuat banyak orang memikat dengan keindahan danau gunung tujuh? Mari kita memulai perjalanan mendaki dan melihat keindahan yang tersimpan baik di atas gunung tujuh atau tepatnya di Danau Gunung 7.

Danau Gunung Tujuh, Keindahan Eksotis Indonesia

1. Treking ke Lokasi Tujuan

Treking ke Danau Gunung Tujuh Kerinci
nativeindonesia

Untuk menuju ke danau gunungh tujuh jika dari kabupaten Kerinci, kamu harus berjalan sejauh 60 km, dan tenabng saja karena akses jalannya sudah bisa di lalui roda dua ataupun roda empat.

Selain jalannya sudah di perlebar, kondisinya sekarang juga masih bagus dan yang menyenangkan lagi adalah pemandangan yang tersajikan selama perjalanan sangatlah indah. Sayang kalau perjalanan ini tidak di abadikan dengan kamera kesayangan kamu.

Perjalanan dengan kendaraan hanya bisa di akses hingga pos pertama dan kemudian kamu harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 hingga 3 jam.

Jangan lupa membawa akomodasi sendiri dan termasuk penginapan dan baju ganti, semua harus di persiapkan sendiri. Perjalanan ke danau gunung tujuh hanya tertata rapi di awalnya saja, namun kemudian perjalanan anda penuh dengan rintangan dan keseruan karena tidak ada jalan khusus yang telah di buat melainkan jalan atau bekas jalan pendaki sebelumnya yang kini terkesan seperti jalan. Jangan lakukan pendakian di musim hujan karena di takutkan kamu terpeleset akibat dari licinnya medan yang kami tempuh.

2. Daya Tarik Danau Gunung Tujuh

Setelah melakukan pendakian, pengunjung atau pendaki akan menemukan beberapa titik danau dengan air hijau toska dan dengan keidnahan yang luar biasa. Jika kamu tiba di danau gunung 7, maka kamu akan bisa menikmati beberapa daya tarik danau yang banyak di buru pecinta alam Indonesia.

– Panorama Danau G 7

Danau gunung tujuh adalah sebuah danau di atas gunung dengan ketinggian sekitar 1.950 mdpl, sementara luasnya 960 ha. Danau gunung 7 memiliki panjang yang lumayan yaitu 4.5 km dengan Lebarnya adalah 3 km. Sementara kedalamannya adalah sekitar 40 km dan danau gunung 7 di nobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara.

Kondisi seperti ini menyebabkan suhu air di danau menjadi semakin bekurang atau semakin dingin. Danau indah di Gunung Kerici ini masih sangat perawan tanpa ada sentuhan tangan-tangan jahil. Jika anda ingin berenang, kalian hanya di izinkan untuk berenang di bagian tepi danau saja.

Danau Gunung Tujuh juga termasuk lokasi pencarian ikan warga untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Aktivitas menangkap ikan juga termasuk hal yang seru untuk di tonton. Jika kalian mau, kalian juga di bolehkan warga untuk naik keperahunya untuk lebih menikmati keindahan danau tersebut.

– Panorama Pegunungan

Keindahan panoram danau gunung 7 tidak terlepas dari beberapa gunung yang mengelilinginya, atau ada 7 gunung yang mengelilingi danau ini. Ini adalah sebuah panorama mencengangkan yang membuat kalian perlu mengabadikannya.

Lingkaran danau yang di hiasi dengan gunung-gunung sekan sebagai penjaga terhadap kemurnian danau tersebut. Ini adalah background terbaik untuk menangkap photo kalian. Keluarkan kamera dan abadikan momen terbaik kalian di danau gunung tujuh Kerinci ini.

– Camping

Berkemah atau camping adalah salah satu aktivitas seru di sekitaran danau gunung tujuh. Kalian harus bawa peralatan sendiri karena tidak ada penyedia layanan disana. Selain itu jangan lupa ikutsertakan jacket karena cuaca mulai sore hari mulai dingin sekali. Ini akan berlangsung hingga pagi esok, cuaca dingin seperti ini tentu harus ada proteksi dari kalian agar tubuh kalian tetap segar dan sehat.

3. Misteri danau Gunung Tujuh

Danau gunung 7 yang berada di gunung Kerinci ini punuh misteri. Ada banyak hal yang sudah di lihat o9leh pendaki yang berkunjung ke danau tersebut. Diantara misteri yang hari ini belum terungkap adalah:

– Ada orang pendek yang selalu memabawa makanan di luar tenda

– Cuaca yang aneh di sekitaran danau, cuaca ini berubah sesaat dan menyebabkan dedaunan di sekitaran pohon menghilang

4. Lokasi Danau Gunung Tujuh

Danau gunung 7 berada di Taman Nasional Kerinci Seblat. Ini adalah termasuk dalam wilayah Desa Peompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

5. Rute Ke Danau Gunung Tujuh

Jika kalian berada di pusat kabupaten Kerinci, maka perjalanan yang di tempuh adalah 60 km, untuk perjalanan ini sudah mudah karena jalan sudah bisa di lalui oleh kendaraan roda empat.

Perjalanan dari kabupaten kerinci hingga ke pos utama adalah sekitar 2 atau 3 jam tergantung dari kecepatan dan istirahat. Jika sudah sampai ke post utama, mulai disini pengunjung harus mendaki dan disinilah mulainya pendakian dan perjuangan yang penuh pengorbanan untuk bisa sampai di danau gunung tujuh.

6. Jam Buka

Danau ini di buka 24 jam dan setiap harinya, belum ada pembatasan masa kunjung karena memang belum di kelola pemerintah atau pihak swasta dengan baik. Ini adalah keindahan alam kerinci yang masih alami.

Jadi, kalau kalian ingin berkunjung, kalian masih bisa berkunjung kapan saja, namun usahakan agar kalian mendaki di saat adanya matahari dan jauhi juga pendakian di saat hujan karena jalannya licin.

7. Harga Tiket ke Danau Gunung Tujuh

Untuk yang ingin berkungjung kalian bebas berkungjung tanpada ada tiket. Namun tiket hanya di sediakan untuki mereka yang ingin menjelajahi danau dengan menggunakan perahu. Harga perorang untuk jelajah dengan perahu adalah 50.000.

8. Penginapan

Kalau kalian mencari penginapan, disini tidak ada pihak yang menyediakan penginapan karena setiap pengunjung pasti tujuannya adalah camping dan merasakan suasana malam secara alami.

9. Fasilitas Wisatawan

Tidak ada fasilitas yang lengkap, setiap pengunjung danau gunung 7 di wajibkan membawa semnua peralatan sendiri bahkan termasuk makanan, minuman dan kemah.

Lihat juga:

Keberadaannya yang masih natural, membuat pengelola belum benar-benar memfungsikan tempat wisata ini sebagai objek wisata. Maka, fasilitaspun harus di bawa sendiri oleh yang berkunjung.

Itulah sedikit ulasan tentang Danau Gunung Tujuh dari pecinta alam tinggi atau pegunungan. Silahkan anda berkunjung keberbagai puncak gunung, temukan keindahannya dna pastikan anda ingat Allah sebagai maha yang menciptakannya. Tasbihmu adalah zikirmu yang membuat Tuhanmu Bangga..! Menikmati keindahan alam, adalah bentuk tafakkurmu tentang-Nya, karena semuanya di ciptakan oleh_Nya.

Previous article10 Destinasi Wisata di Banda Aceh yang Lagi Hits
Next article20 Tempat Wisata di Cianjur yang lagi Booming!