Home Health Daun Patikan Kebo: Kandungan dan Manfaat Kesehatan

Daun Patikan Kebo: Kandungan dan Manfaat Kesehatan

34
Daun patikan kebo adalah tanaman gulma atau tanaman pengganggu yang biasanya tumbuh di kebun, di jalan, area pinggir sungai atau di belakang rumah. Patikan kebo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekalipun namanya populer sebagai tanaman gulma. Namun bagi anda yang mengalami beberapa keluhan penyakit, daun patikan kebo kadang menjadi obat utnuk anda. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya daun patikan kebo, simak terus artikel ini hingga selesai. Apa itu Daun Patikan Kebo? Daun patikan kebo dalam bahasa latin di sebut

Daun patikan kebo adalah tanaman gulma atau tanaman pengganggu yang biasanya tumbuh di kebun, di jalan, area pinggir sungai atau di belakang rumah. Patikan kebo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekalipun namanya populer sebagai tanaman gulma.

Namun bagi anda yang mengalami beberapa keluhan penyakit, daun patikan kebo kadang menjadi obat utnuk anda. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya daun patikan kebo, simak terus artikel ini hingga selesai.

The elsholat.com Contents

Apa itu Daun Patikan Kebo?

Daun patikan kebo dalam bahasa latin di sebut “Euphorbia hirta L” adalah tanaman liar atau gulma yang biasa tumbuh di halaman, samping rumah atau di kebun dan pinggir jalan. Patikan kebo adalah daun tanaman herbal yang sudah sejak lama di manfaatkan sebagai obat dalam mengobati aneka jenis penyakit.

Manfaat dari daun patikan kebo untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan aneka nutrisi didalamnya. Berbagai jenis nutrisinya adalah:

  • Asam askorbat (vitamin C),
  • Beta-sitosterol
  • Euphorbin
  • Kaempferol
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Gallic-acid
  • Quercetin
  • Tanin

Senyawa tersebut memiliki banyak manfaat seperti sebagai anti peradangan, anti oksidan dan sebagai anti bakteri.

Manfaat Kesehatan Daun Patikan Kebo

Dari banyaknya kandungan senyawa penting tersebut, tanaman atau daun patikan kebo memiliki banyak manfaat kesehatan, diantara manfaat kesehatan daun patikan kebo adalah sebagai berikut:

1. Sebagai anti peradangan

Banyak orang mengkonsumsi rebusan patikan kebo untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh. Daun patikan kebo mengandung beberapa senyawa yang berfungsi untuk peradangan seperti beta-sitosterol, asam askorbat, dan tanin.

Jadi, manfaat kesehatan daun patikan kebo sangat besar bagi kesejahteraan manusia, hanya saja kita perlu menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Banyak yang belum paham dengan daun patikan kebo, maka tugas kita adalah menyampaikan informasi yang bermanfaat ini untuk mereka yang kadang membutuhkan.

2. Mengatasi infeksi

Salah satu manfaat kesehatan daun patikan kebo adalah mengatasi infeksi. Anti bakteri yang ada dalam patikan kebo di katakan sangat bagus dalam mencegah infeksi.

Banyak infeksi yang terjadi dari penyakit akibat adanya bakteri seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Bacillus subtili, dan Pseudomonas aeruginosa.

3. Membantu penyembuhan luka

Manfaat lain dari daun parikan kebo adalah menyembuhkan luka. Luka yang terjadi karena sayatan, karena tergores atau karena hal-hal lainnya bisa dengan mudah di sembuhkan dengan menggunakan daun herbal patikan kebo. Daun ini mengandung senyawa seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang bekerja mempercepat penyembuhan luka.

Misalnya, senyawa flavonoid yang bertugas mencegah perkembangan bakteri sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu, saponin dan tanin adalah berfungsi sebagai anti septik yang sangat bagus untuk menyembuhkan berbagai jenis luka.

Di sisi lain, saponin membentuk kolagen yang akan menyembuhkan jaringan kulit sehingga mempercepat penyembuhan luka. Kemudian. Tanin juga bekerja dengan mematikan protein transport, adhesin mikroba, dan enzim yang sangat berdampak pada penyembuhan luka.

4. Meningkatkan kualitas sperm@

Salah satu manfaat kesehatan daun patikan kebo adalah meningkatkan kualitas sperma. Namun penelitian ini baru di katakan berhasil pada domba Afrika.

Untuk mendapatkan hasil penelitian terhadap manusia, tentu penelitian lebih lanjut yang melibatkan manusia perlu di lakukan.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh yang cepat sakit atau sering sakit di pastikan karena sistem imunitas tubuhnya yang tidak baik. Maka, utnuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh atau imunitas tubuh, seseorang yang lemah imunitas tubuhnya harus mengkonsumsi obat yang terbukti bermanfaat untuk itu.

Manfaat kesehatan daun patikan kebo juga berkaitan dengan umintas tubuh, kandungan flavonoid, saponin, dan tanin ternyata tidak hanya memberikan manfaat terhadap penyembuhan luka, namun juga meningkatkan imunitas tubuh. Dan dengan kuatnya imunitas tubuh maka luka dan berbagai bentuk sayatan mudah sembuh.

6. Melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah zat berbahaya yang di hasilkan dari proses kimia, ini bisa berupa udara yang berpolusi, hasil olahan pabrik, amonia, atau dalam makanan seperti buah yang terkena semprotan pestisida. Ini semuanya bisa merusak sel tubuh dan ada beberapa bahan alami yang bisa mwlawan radikal bebas ini. Salah satunya adalah daun patikan kebo atau yang di kenal dengan daun gendong anak.

Zat atau senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam daun patikan kebo adalah beta-sitosterol, flavonoid, dan kaempferol. Nah, dengan mengkonsumsi daun gendong anak ini maka tubuh kita bisa menghalau zat beracun atau radikal bebas yang masuk melalui berbagai cara.

7. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Manfaat lain dari daun gendong anak adalah sebagai obat alami untuk mengobati gangguan pencernaan. Diare adalah salah satu gangguan kesehatan yang biasa terjadi. Obat alami untuk gangguan pencernaan seperti ini adalah daun patikan kebo. Dengan meminum air rebusan daun patikan kebo kita bisa dengan cepat mengatasi diare.

Rebusan daun patikan kebo di katakan bisa menggerakkan usus dengan lancar sehingga tidak mudah untuk terjadi diare.

Lihat juga manfaat:

Cara Mengolah Daun Patikan Kebo

Kita sudah tahu bahwa manfaat kesehatan daun patikan kebo atau daun gendong anak yang di kenal dengan “Euphorbia hirta L” sangat besar untuk kesejahteraan manusia. Lantas, bagaimana cara mengolahnya sehingga menjadi obat yang bisa menyembuhkan berbagai masalah dan keluhan kesehatan.

Cara mengolahnya: Rebuslah beberapa daun patikan kebo dengan segelas air (sesuaikan bayaknya air dan daun patikan), rebus hingga mendidih, dan kemudian minum selagi masih hangat.

Konsumsi rebusan patikan kebo sehari sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun ingat, mengkonsumsi daun ini kadang juga ada efek samping yang di timbulkan seperti mual dan muntah.

Bagi sebagian orang, getah dari daun patikan kebo bisa mengiritasikan kulit, maka berhati-hatilah saat anda menghambil daun herbal ini untuk kepentingan kesehatan tradisional.

Nah, sebelum mengkonsumsi daun patikan kebo, anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk lebih jelas mengetahui apa saja manfaat kesehatan dari daun patikan kebo tersebut.

Previous articleKalori Tomat, Hijau, Mentah Per 100 Gram
Next articleManfaat Fermentasi Kulit Nanas untuk Pertanian