Home Do'a Do’a Ketika Bercermin: Allahumma Kama Hassanta Khalqi Fahassin Khuluqi

Do’a Ketika Bercermin: Allahumma Kama Hassanta Khalqi Fahassin Khuluqi

18
Do'a Ketika Bercermin

Do’a ketika bercermin adalah doa penting yang dianjurkan untuk di bacakan saat kita bercermin. Bukankah setiap hari kita pernah bercemin dan melihat diri kita, keadaan tampilan kita dan wajah kita serta anggota badan lainnya yang tidak bisa di lihat dengan mata telanjang.

Maka, sangat besar pahala saat kita membacakan doa ketika bercermin, karena dengan banyaknya bercermin maka kita akan banyak membacakan doa dan hukumnya sunnat. Sunnat artinya di berikan pahala manakala di kerjakan dan tidak di siksa jika di tinggalkan. Jadi, semakin banyak kita bercermin (dengan membaca do’a) maka semakin banyak pahala kita.

Bercermin adalah melihat penampilan kita yang sebenarnya melalui perantara cermin, kita bercermin untuk bisa melihat rambut, wajah, mata, mulut, gigi dan lain sebainya yang tidak bisa langsung di lihat dengan mata telanjang.

Ini adalah rutinitas yang sangat sering di kerjakan oleh semua orang. Dalam hal ini Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk membacakan doa ketika bercermin. Kandungan doa bercermin adalah permintaan kita sebagai hamba pada Allah sebagai khaaliq agar Allah mengindahkan akhlak kita, membaguskan adab dan akhlak kita sebagaimana Allah telah mengindahkan penciptaan kita.

Penciptaan manusia adalah penciptaan terindah dibandingkan dengan makhluk lainnya. Allah berfirman dalam al-Quran bahwa Allah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk.

Jadi, sudah sangat pantas dan sudah sememangnya kita selalu berdoa kepada Allah saat kita bercermin, semoga dengan banyak-banyak berdoa saat bercermin, Allah membaguskan akhlak kita dan bisa mengikuti akhlaknya baginda Rasulullah SAW.

Doa Ketika Bercermin Memohon Akhlak yang Bagus

Berikut ini doa bercermin, silahkan di hafal dan di praktekkan setiap kali bercermin.

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Tulisan Latin

Allohumma kamaa hassanta kholqii, fahassin khuluqii

Artinya:
“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka perbaikilah akhlakku.” (HR. Ahmad disahihkan oleh Ibnu Hibban)

Beberapa hikmah yang bisa di ambil dari bacaan do’a bercermin adalah:

1. Selalu meuji Allah atas bagusnya ciptaan Allah

2. Seseorang memiliki dua rupa: dhahir yaitu fisik yang sebaik-baik penciptaan dan rupa bathin yang berupa akhlak.

3. Doa ini menunjukkan bahwa kebaikan dan kebagusan batin sangat penting, maka setiap klia kita melihar rupa fisik kita, Allah anjurkan kita untuk mendoakan untuk kebagusan akhlak dan bathin.

Lihat juga doa:

Itulah do’a ketika bercermin, doa yang hukumnya sunnat di ucapkan saat bercermin dan sangat ringkas namun memiliki makna yang mendalam dan luas untuk kebaikan manusia. Jika kita memahami maksud doa tersebut, maka senantiasa kita meminta kepada Allah untuk membaguskan bathin atau akhlak kita karena kebaikan akhlak adalah diatas segala-galanya.

Previous articleLirik Sholawat Tibbil Qulub atau Sholawat Syifa
Next article6 Ciri Gerakan Janin Melintang dalam Rahim