Home Do'a Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap Artinya

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap Artinya

28
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara: Arab, Latin dan Artinya

Islam adalah agama yang sempurna yang mengatur semua lini kehidupan manusia. Setiap kegiatan yang kita lakukan selalu dianjurkan untuk kita bacakan doa termasuk ketika hendak bepergian. Kita dianjurkan membacakan doa naik kendaraan baik kendaraan darat, laut atau kendaraan udara seperti pesawat dan lain-lain.

Membacakan doa itu artinya meminta perlindungan, bantuan dari Allah sebagai Tuhan sekalian alam. Kita hayalah hamba lemah yang butuh Allah. Maka dengan membacakan doa dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, artinya kita butuh Allah dalam setiap hela nafas kita. Itulah kenapa doa itu senjata yang penting bagi setiap mukmin.

Sebelumnya, kita sudah belajar tentang doa untuk kedua orang tua, doa belajar dan lain-lain, dan sekarang kita akan belajar tentang bacaan doa naik kendaraan. Di harapkan kita menghafalnya dan membacakan dalam setiap momen ketika naik kendaraan baik darat, laut atau udara.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap Artinya
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara

Sekarang ada sangat banyak jenis kendaraan, kita dianjurkan atau disunnatkan membacakan doa dalam setiap kesempatan naik knedaraan, apapun bentuk kendaraan itu, sekalipun kendaraan itu tidak ada pada masa Rasulullah SAW.

Dahulu yang ada hanya unta, kuda, keledai atau perahu laut. Dengan banyaknya jenis kendaraan seperti sekarang maka kita hanya perlu memilah antara kendaraan darat (motor, mobil, kereta api, sepeda dll), kendaraan laut (perahu, kapal, ferry, dll) dan kendaraan udara saja (balon udara, pesawat, helicopter, dll).

Namun, semuanya sama karena sama-sama kendaraan dan kita bisa membacakan doa yang sama juga. Hanya saja untuk kendaraan kapal laut mungkin ada tambahan doa yang cocok untuk keadaan di laut.

Karena semuanya disebut dengan kendaraan dan disunnat membacakan doa saat kita menaikinya.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Serta Artinya

Dibawah ini kita lihat bacaan doa naik kendaraan baik darat, laut dan udara lengkap dengan artinya serta doa dalam tulisan latin.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Serta Artinya

Note: Kami menganjurkan anda untuk belajar Arab untuk bisa membacakan doa dengan fasih, karena tulisan latin tidak akan sempurna untuk sebuah bacaan Arab.

Doa naik kendaraan secara Umum

Doa naik kendaraan dalam bahasa Arab

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Tulisan Latin: Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menundukkan kepada kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali”.

Ada hikmah membacakan doa naik kendaraan ini, ini adalah bentuk syukur dan terimakasih kita Allah yang telah menundukkan kendaraan ini. Misalnya kita menggunakan unta, keledai dan kuda, hewan ini tunduk dan ia mau mengantarkan kita yang duduk di atasnya. Bagaimana kalau mereka lari dan menjatuhkan kita. Jadi ALLah lah yang telah menundukkannya. Demikian juga lendaraan modern seperti mobil, motor, siapa yang telah membuatnya bisa berjalan, tidak meledak, dan nyaman di kendarai? Semuanya telah di tundukkan oleh Allah sehingga semuanya berfungsi sebagai knedaraan yang baik untuk di gunakan.

Demikian juga halnya dengan pesawat, siapa yang telah membuatyna terbang dan tidak jatuh? Apakah itu karena kepandaian manusia mendesainnya? Bukan, sama sekali bukan, tetapi itu semua karena Allah telah mengizinkannya untuk terbang. Secanggih apapun teknologi kalau Allah tidak mengizinkannya maka ia tidak akan bisa berfungsi!

Maka, membacakan doa naik kendaraan itu sangat penting untuk menunjukkan bahwa kita manusia adalah hamba Allah yang lemah, butuh kepada Allah karena dengan izinnya lah semuanya terjadi.

Baca juga: Doa-Doa Ketika Gunung Meletus, Doa Terhindar dari Musibah

Untuk naik kendaraan laut, anda bisa membacakan juga doa di atas dan kemudian menambahkan dengan doa dibawah ini. Dibawah ini adalah doa khusus naik kapal laut atau kendaraan diatas air termasuk perahu dan berbagai jenisnya.

Doa naik Kapal (Kendaraan Laut)

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Ini adalah doa naik kapal laut yang di bacakan Nabi Nuh AS saat beliau berlabuh di lautan lepas dengan Bahteranya yang di buat untuk menghadapi banjir bandang masa itu. Ini sebagaimana yang telah di abadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Huud ayat 41 yang bunyinya adalah:

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Doa naik kapal laut tersebut tidak khusus kapal, anda bisa membacakannya saat naik rakit air, doa naik perahu, naik sampan, doa untuk naik sekoci, doa naik ferry, atau kendaraan laut atau air lainnya.

Doa naik pesawat (kendaraan udara)

Untuk doa naik pesawat, balon udara, hellicopter, doa naik drone, atau kendaraan udara lainnya, kita bisa membacakan doa naik kendaraan secara umum sebagaimana yang telah kami tulis di atas dengan bahasa Arab, latin serta terjemahannya.

Dengan membacakan doa naik kendaraan kita mengharapkan agar Allah memudahkan perjalanan kita, terhindar dari bahaya, dan tidak ada halangan apapun di jalan. Oleh karena mari hafalkan doa naik kendaraan, sehingga termasuk salah satu hamba-Nya yang bersyukur.

Previous articleDoa untuk Kedua Orang Tua (Ibu Bapak) Lengkap
Next article10 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Untung Besar!