Doa untuk Pengantin Baru
sumber img sebelum di edit pernikahan.asia

Doa untuk Pengantin Baru (Menghadiri Walimatul Ursy)

Posted on

Ketika menghadiri pesta perkawinan atau walimatul ursy, sebagai tamu kita sunnat mengucapkan doa untuk pengantin baru agar kehidupan mereka berkah dan mendapatkan restu serta di berkahi perkawinannya oleh Allah SWT. Diantara doa untuk pengantin adalah doa sebagaimana yang di ajarkan Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah memberkahi bagimu, dan memberkahi atasmu, serta menghimpunkan kalian berdua dalam kebaikan.

Luar biasa makna dalam doa yang di ajarkan Rasulullah SAW. Doa tersebut mengajarkan agar kita mendoakan keberkahan atas perkawinan kedua mempelai. Mengingat sangat banyak masalah dalam rumah tangga akibat dari tidak sama pikiran dan pendapat antara kedua suami Isteri. Namun, dengan doa tersebut di harapkan agar kehidupan mereka berkah, yaitu di karunia keluarga, keturunan, serta di himpun kan mereka dalam kebaikan. Salah satunya adalah perhimpunan tanpa perceraian dan langgeng selamanya hingga akhir hayat.

Hadist di atas adalah hadist riwayat Abu Hurairah, dimana doa untuk pengantin baru tersebut adalah do’a yang di bacakan Rasulullah SAW ketika hendak mendoakan pengantin baru.

Bunyi hadist tersebut secara lengkap adalah sebagai berikut:

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ, وَبَارَكَ عَلَيْكَ, وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Artinya: bahwa sungguh Nabi SAW apabila mendoakan seorang yang menikah maka beliau bersabda: Semoga Allah memberkatimu, memberkati atasmu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Derajat hadist tentang doa pengantin di atas adalah shahih sebagaimana di katakan Imam Turmuzi, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah.

Baca: Do’a yang Berhubungan dengan Aqiqah

Demikianlah doa menghadiri perkawinan atau walimatul ursy, semoga kita termasuk orang yang mau mendoakan saudara kita yang menikah agar keberkahan dilimpahkan atas kita semuanya. Semoga artikel super singkat ini bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan kepada kita semuanya.