Home Do'a Doa Penutup Majelis (Doa Kafaratul Majelis): Arab dan Artinya

Doa Penutup Majelis (Doa Kafaratul Majelis): Arab dan Artinya

103
Doa Kafaratul Majelis atau penutup majelis

Sebelum kita membahas tentang doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu majelis. Kita sering mendengar majelis ilmu, majelis ta’lim, majelis musyawarah dan lain-lain. Apa sebenarnya arti dari majelis tersebut?

Majelis atau majlis (مجليس) dalam bahasa Arab di sebut dengan Isim makan yang artinya nama tempat duduk. Jadi, kalimat majlis itu mempunyai arti tempat duduk. Misalnya dua orang duduk berbincang-bincang, ini disebut dengan majlis berbincang, dua orang atau lebih duduk bermusyawarah, maka di sebut majlis musyawarah dna sebagainya. Kemudian kalimat ini majlis yang artinya tempat duduk, mengalami perkembangan dalam penggunaannya. Sehingga Majlis yang artinya tempat duduk sekarang tidak lagi khusus di gunakan pada tempat yang ada orang duduk saja. Namun, penggunaan majlis sudah umum baik pada orang duduk atau berdiri. Misalnya, dua orang bermuamalat sambil berdiri, ini juga di sebut dengan majlis yaitu majlis muamalat, dan sebagainya.

Nah, sekarang kita sudah tahu dan memahami makna dari majlis. Artinya kita sudah bisa masuk dalam pembahasan doa penutup majlis atau mejelis.

Baca juga: Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap Artinya

Apa arti penutup majelis? Ini artinya saat dimana dua orang yang bertemu atau lebih melakukan perpisahan, jadi bisa di katakan penutup majelis adalah pengakiran atau selesainya pertemuan. Nah, disinilah kita sunnat hukumnya membacakan doa penutup majelis atau disebut dengan doa KAFARATUL MAJLIS.

Kafarat artinya penebus atau penghapus, seperti dalam istilah KAFARAH PUASA, ini artinya penebus puasa orang yang meninggalkan puasa. Ok, kami rasa sampai disini kita sudah memahami makna dari kafarah.

Kafaratul Majelis artinya adalah tebusan terhada dosa yang mungkin terjadi dalam majelis tadi. Penebusan untuk kesalahan atau dosa yang kemungkinan terjadi dalam pertemuan dua orang atau lebih atau dalam musyawarah dan sebagainya. Jadi, maksud dari doa penutup majelis adalah doa yang di bacakan oleh orang yang ada pada majelis tersebut untuk menebus dosa yang kadang ada dan terjadi dalam pertemuan tersebut.

Lebih detailnya, dalam sebuah pertemuan kita selalu melakukan sesuatu atau membicarakan sesuatu yang mengundang pahala atau sesuatu yagn malah menyebabkan dosa dan sebagainya. Maka, ketika kita akan menutup manjelis atau pertemuan itu, maka sunnat bagi setiap muslimin untuk membacakan doa kafaratul majelis denga harapan Allah SWT menghapus dosa-dosa kita yang kemungkinan ada dalam hal pembicaraan dengan teman-teman tadi di majelis.

Baca juga: Bacaan Zikir Setiap Saat: Selalu di Baca Rasulullah SAW

Doa Penutup Majlis (Kafaratul Majelis)

Dalam sebuah tempat pertemuan ada terjadi dua hal yagn berbeda, hal yang baik yang mengundang pahal dan hal buruk yang mengundang dosa. Jika pertemuan dalam majelis, kita membicarakan hal yang baik, seperti berzikir atau bershalawat, maka itu mengundabng pahala. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda:

لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya: “Tidaklah sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah ‘azza wa jalla, kecuali para malaikat mengelilinginya, rahmat Allah akan meliputinya, ketenteraman turun kepadanya, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisi-Nya”

Bagaimana jika yang kita bicarakan adalah hal buruk seperti mengumpat, berbohong, berbicara dengan pembicaraan lagha atau sia-sia. Tentu yang ada bukan pahala malah mendatangkan dosa, maka karena itu dianjurkan bagi kita ketika akan menutup majelis atau akan membubarkan pertemuan untuk membacakan doa penutup majelis atau doa kafaratul majelis.

Lantas bagaimana doa kafaratul majlis, berikut kita lihat doanya dengan bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

Note: Sekalipun kamu mencantumkan dengan tulisan latin, namun kami menganjurkan anda untuk belajar baca Arab karena makhraj atau pelafalan dengan bahasa Arab beda sekali dengan membacakan Latin sehingga membacakan latin kdang bisa merusak makna dari kalimat Arab tersebut.

Lihat juga: Lirik atau Teks Sholawat Badar Arab dan Latin

Doa Kafaratul Majlis Tulisan Arab

Doa Kafaratul Majlis Tulisan Arab

سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Transliterasi atau Latin

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta astaghfìruka wa atuubu ilaika

Terjemahannya:

“Maha Suci Engkau, ya Allah Tuhanku, dan dengan kepujian-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku meminta keampunan-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.”

Doa kafaratul majelis ini di sunnatkan untuk di bacakan setiap kali anda berpisah dengan teman anda atau setiap kali anda selesai dari sebuah pertemuan, baik majelis dua orang atau lebih. Semoga Allah SWT senantiasa menjauhkan kita dari dosa dan mendekati kita dengan rahmat-Nya.

Dengan hadirnya artikel tentang doa penutup majelis atau kafaratul majelis (penebus dosa dalam sebuah majelis) ini diharapkan kita bisa menambah amalan kita dan bisa kita amalkan dalam setiap hal dan kita meminta kepada Allah selalu agar di lindungi kita dari setiap tutur kata dan perbuatan yang bisa menyakit saudara kita. Jika ini bermanfaat silahkan bagikan dan share ke media sosial teman-teman semuanya.

#doakafaratulmajelis #doapenutupmajelis #doamintaampunanAllah

Previous article10 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Untung Besar!
Next articleShalawat Munjiyat: Faedah dan Keutamaan, Arab, Latin dan Artinya