bacaan Doa Qunut Subuh
islamidia.com

Do’a Qunut Subuh, Qunut Nazilah, dan Witir Serta Penjelasannya

Posted on

Do’a qunut subuh, qunut nazilah dan qunut witir. Sebelumkita masuki dalam baccaaan ddoa qunut, mari lihat arti qunut terlebih dahulu. Qunut adalah berasal dari bahasa arab (الْقُنُوْتُ) yang artinya berdiri lama, patuh, taat, diam, doa dan khusu’. Sementara makna qunut secara istilah ataau terminilogi adalah doa tertentu yang di bacakan dalam sholat setelah ruku’ pada rakaat terakhir jika shalat itu lebih satu rakaat.

Jadi, makna qunut itu adalah doa yang di bacakan dengan penuh ketaatan, dan khusu serta merendahkan diri dihadapan Allah SWT dalam shalat baik itu shalaat subuh atau shalat lainnya. Jika pada shalat selain shalat subuh maka dikenal dengan qunut nazilah. Sementara qunut pada rakaat terakhir shalat witir disebut dengan qunut witir yang biasa dikerjakan di bulan ramadhan.

Bacaan Do’a Qunut Shubuh

Berdasarkan ulama terkemuka seperti Imam Ghazali, Imam Nawawi, Imam Rafi’e, hukum membaca qunut shubuh adalah sunnat muakkad karena ia termasuk dalam sunnaat ab’adh. Pendapat ini didasarkan pada hadist Rasulullah SAW. yang artinya:

Dari Anas bin Malik R.A, “Sesungguhnya Nabi SAW. membaca qunut selama satu bulan penuh untuk mendoakan orang-orang, kemudian beliau meninggalkannya. Adapun di waktu subuh beliau tidak pernah meninggalkan qunut sampai beliau meninggal dunia.” (HR. Imam Baihaqi dan Daruqutni)ز

Do’a qunut shubuh jika di lakukan sendiri

Doa Qunut Subuh untuk sendiri
Doa Qunut Subuh

Bagi anda yang membutuhkan do’a qunut subuh dengan tulisan latin, berikut kami tulis. Namun sebaiknya anda belajar membaca huruf arab sehingga bisa menghafal do’a qunut dengan bunyi bahasa arab karena kita tahu makhraj arab beda dengan makhraj latin.

Do’a qunut dengan tulisan latin
doa qunut dengan latin

Do’a qunut subuh untuk sendiri berbeda dengan qunut untuk imam, perbedaannya adalah karena imam harus mendo’akan seluruh jamaah, maka imam harus menggunakan dhamir “nun” (نا) mutakallim ma’a ghairih. Sementara qunut ketika shalat sendiri adalah hanya mendo’akan diri sendiri, maka akhir do’anya menggunakan “ya” (ى) mutakallim saja. Berikut contoh do’a qunut subuh untuk Imam shalat.

Do’a qunut subuh untuk imam

Doa Qunut Subuh

Do’a qunut subuh dengan tulisan latin untuk Imam
doa qunut subuh dengan latin

Itulah dua jenis doa qunut untuk imam dan untuk diri sendiri. Untuk lebih lengkap lagi, kami akan menulis arti do’a qunut sholat subuh agar kita mengetahui maksud do’a tersebut sehingga lebih khusu’ ketika mempraktekkan dalam sholat.

Arti do’a qunut subuh

arti doa qunut
elizato.com

Bacaan Do’a Qunut Nazilah

dalil qunut nazilah

Qunut nazilah adalah qunut yang dibacakan pada sembahayang lima waktu. Qunut nazilah dibacakan dengan tujuan meminta pemeliharaan Allah dari musibah, bala, ancaman musuh, keburukan dan lainnya. Jadi, prakteknya dilakukan dalam shalat lima waktu pada rakaat terakhir.

Do’a qunut nazilah tidak ada do’a khusus, apa saja bisa dibacakan tergantung dari musibah yang turun. Inti qunut nazilah adalah memohon pada Allah SWT. untuk dijauhkan dari marabahaya. Diantara do’a yang di bacakan pada qunut nazilah adalah sebagai berikut:

doa qunut nazilah turun bala
Nu.or.id
do'a qunut nazilah
nu.or.id

Bacaan Do’a Qunut Shalat Witir

Selanjutnya, ada qunut witir. Ini adalah qunut yang di bacakan pada shalat witir di separo terakhir bulan Ramadhan atau mulai malam ke 16 Ramadhan. Dalam mazhab syafi’e sunnat membacakan doa qunut pada akhir rakaat shalat witir. Baik witir itu dilakukan dua dua rakaat atau di lakukan tiga rakaat sekaligus bagi mereka yang melaksanakan witir 3 rakaat yaitu se sedikit-sedikit jumlah rakaat.

Amalan ini berdasarkan pada perbuatan salah satu sahabat Rasulullah SAW. pada masa khalifah Umar bin Khattab. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, bahwa sahabat Nabi bernama Ubay bin Ka’ab melakukan qunut pada masa khalifah Umar bin Khattab. Ubay bin Kaab adalah sahabat Rasulullah yang menjadi imam shalat tarawih pada masa Sayyidina Umar.

Pendapat ini kemudian menjadi pegangan dalam mazhab syafi’e sebagaimana yang termaktub dalam kitab-kitab muktabarah seperti al-Azkar pada hal. 57. Imam Nawawi yang merupakan ulama pentarjih dalam mazhab Syafi’e mengatakan bahwa disunnatkan membaca qunut pada akhir shalat witir di separo terakhir bulan Ramadhan.

Bacaan do’a qunut, Selain disunnatkan pada setengah akhir Ramadhan yaitu pada akhir shalat witir setelah tarawih, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa qunut itu disunnatkan juga pada seluruh malam Ramadhan dan menurut Imam Hanafi, qunut disunnatkan pada semua shalat sunnat.

sunnat qunut pada akhir witir
santrimuda.com