Doa Rasulullah SAW di Pagi Hari
brilio.net

Doa Rasulullah SAW di Pagi Hari

Posted on

Do’a adalah senjata orang mukmin maka dalam setiap hal seorang mukmin harus selalu meminta kepada Allah SWT atau segala hajatnya. Bahkan ketika mengawali pagi pun kita hendaknya berdoa kepada Allah agar selalu dalam perbuatan yang baik sepanjang hari dan selalu dalam rishaNya. Memulai hari dengan doa adalah hal penting, ini terlihat dari Rasulullah SAW mengajarkan doa pagi sebagaimana dalam riwayat Abu Hurairah RA yang di kutip Imam Nawawi dalam kitabnya al-Azkar.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya: Ya Allah dengan Mu kami berpagi hari, dan dengan Mu kami perpetang hari, dan dengan Mu kami hidup dan dengan Mu kami mati dan kepadaMu kami kembali.(HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

Ada banyak doa yang di ajarkan RAsulullah SAW ketika memulai pagi hari. Doa lain adalah yang di riwayatkan oleh Ibnu Mas’ud dan dikutip oleh Imam Nawawi.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Artinya: “Kami berpagi dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji milik Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah yang yang maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kemalasan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Itu dua doa yang memiliki makna luarbiasa dari Rasulullah SAW, semoga kita bisa memulai hari kita dengan doa doa agar kita selamat dari keburukan hari tersebut dan selalu bisa menghiasi hari kita dengan hal-hal yang berfaedah.

Sebenarnya, masih banyak doa-doa yang warid dari Rasulullah SAW, namun kami padai dua doa tersebut saja untuk bisa segera kita hafal dan kita amalkan. Insya Allah pada kesempatan lain akan kami sambung lagi dengan doa-doa lainnya. Inti dari doa itu adalah kita sebagai hamba Allah mengakui kelemahan kita dan mengakui kekuasaan Allah. Allah adalah satu satunya tempat kita meminta dan bergantung dan selain Allah sama sekali tidak bisa memberi mudharat dan manfaat.