Home Do'a Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar, Lengkap dengan Artinya

Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar, Lengkap dengan Artinya

157
bacaan doa sebelum belajar ilmu agama dan umum
doaharianislami.com

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan dan berbagai tentang doa sebelum belajar dan doa setelah belajar, tentu lengkap dengan artinya sehingga mudah bagi kita untuk memahaminya. Kadang, kita kurang berkah atau kurang masuk ilmunya ketika mendengar atau ketika sedang di bangku kuliah atau pesantren. Jadi salah satu penyebabnya adalah kurang fokus dan tidak membacakan doa sebelum belajar dan setelah belajar. Jadi, setiap perbuat baik itu, apalagi menuntut ilmu agama yang merupakan sebuah kewajiban bagi Muslim baik laki-laki atau perempuan, tentu ada doanya.

Maka, disini kami ingin berbagi tentang doa sebelum belajar dan sesuahnya. Bagi kita sebagai muslim, doa itu adalah senjata penting dalam menaklukkan musuh, termasuk doa itu adalah senjata penting bagi kita dalam menaklukkan musuh yang bernama kebodohan. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim mulai dari ayunan hingga liang lahat. Demikian di sebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW. Artinya selama kita belum paham ilmu agama yang wajib bagi kita dalam kehjidupan sehari-hari, maka kewajiban bagi kita untuk menimbanya atau mencarinya hingga kematian menjemput.

Tidak ada kata menyerah dalam menuntut ilmu, karena orang Muslim itu hidup dengan ilmu, setipa ibadah yang kita kerjakan akan sia-sia di hadapan Allah jika kita tidak berilmu padahal da banyak orang dan guru yang hidup disekitaran kita. Maka, mencari ilmu agama khususnya adalah sebuah kewajiban kita. Dalam menuntut ilmu agar ilmu yang kita tuntut cepat meresap dalam jiwa kita, selalu teringat dan tidak gampang lupa, ada doa sebelum belajar dan doa setelah belajar yang harus kita bacakan. Inilah yang akan kita jelaskan dan menjadi inti dari bahasan kita dalam artikel ini.

The elsholat.com Contents

Doa Sebelum Belajar

Ini yang harus kita bacakan sebelum belajar, silahkan di hafal dan baca setiap ka.li kita akan menuntu ilmu pengetahuan baik ilmu agama atau ilmu pengetahuan umum.

Doa Sebelum Belajar
Doa Sebelum Belajar, diambil dari situs doaharianislami.com

Doa sebelum belajar dengan tulisan Arab (huruf Arab)

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Transliterasi atau tulisan dengan latinnya adalah sebagai berikut:

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Note: Tulisan ini hanya khusus bagi yang belum bisa membaca huruf Arab, namun kami menganjurkan anda untuk memabca dengan huruf Arab karena beda bacaan antara huruf Arab dan latin.

Artinya: “Aku ridha dengan Allah sebagai Tuhan, dan aku ridha dengan Islam sebagai agama, dan Aku ridha dengan nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Tuhanku, tambahkan bagi ku Ilmu dan berikan kepadaku pemahaman”.

Kemudian bacakan juga doa ini:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Tuhan, tambahkan kepadaku Ilmu, dan rezkikan kepadaku pemahaman dan jadikan aku sebagian dari orang shalih”.

Doa Sebelum Mengaji

Selain doa sebelum belajar, ada juga doa khusus sebelum mengaji. Memang kita tahu bahwa mengaji juga belajar namun ini khusus pada ilmu Agama. Kalau doa di atas itu umum untuk dibacakan baik untuk belajar Agama seeprti mengaji kitab dan belaajr qur’an, namun doa ini khusus sebagai doa sebelum mengaji.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Hajat Versi Syeikh Abdul Qadir Jailani

Bagi teman-teman, adik-adik semuanya yang mengaji di pondok atau di balai pengajian, pastikan sebelum mulai mengaji kitab dan ilmu agama lainnya untuk membacakan doa ini. Bagi bapak dan ibu yang majlis taklim juga harus membacakan doa sebelum mengaji ini agar ilmu yang kita tuntut dan pelajari mudah untuk kita pahami dan bisa bertambahilmu kita dengan izin Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, keluarkan kami dari keburukan prasangka, muliakan kami dengan cahaya pemahaman, bukakan pengertian ilmu kepada kami, dan mudahkan bagi kami pintu-pintu karuniamu. Wahai yang maha menyayangi diantara segala yang menyayangi.”

Nah, setelah kita membacakan do’a-do’a tersebut kemudian kita baru mulai belajar ilmu. Insya Allah ilmu yang kita tuntut di mudahkan oleh Allah untuk kita dapatkan, dimudahkan pemahaman dan menjadi berkah dalam kehidupan kita.

Doa Setelah Belajar

Selain doa sebelum belajar, kita juga harus hafal doa setelah belajar. Setelah melakukan berbagai kegiatan ilmu baik proses belajar mengajar di pondok, pesantren, dayah atau majlis taklim, maka kita juga dianjurkan untuk membacakan doa setelah belajar.

doa setelah belajar

Doa setelah belajar dalam teks Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Transliterasi: Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Baca juga: Doa Rasulullah SAW di Pagi Hari

Artinya: Ya Allah, bahwa sesugnguh aku, aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, mak kembalikan ilmu itu kepada ku ketika aku butuh, jangan Engkau lupakan aku terhadap ilmu wahai Tuhan semesta Alam.

Bacakan juga doa setelah belajar di bawah ini.

للّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latin/transliterasi: Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya: “Ya Allah, tunjukkan kepada kami kebenaran dan berikan kami mampu mengikutinya, dan tunjukkan kepada kami kebatilan dan berikan kami mampu menjauhkannya”.

Lanjutkan juga dengan doa belajar dibawah ini.

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latin: Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah manfaat dengan ilmu yang telah Engkau ajarkan kami, dan tambahkan ilmu kepada kami dan segala kepujian bagi Allah dalam setuiap situasi dan keadaan”.

Belajar dan Menuntut Ilmu Agama Menurut Islam

Hukum belajar ilmu agama adalah wajib ain atau wajib atas setiap individu yang telah baligh atau sampai usia baligh/taklif. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda;

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Latin: Thalabul Ilmu Faridhatun ‘ala kulli Muslimin wa Muslimat

Artinya: Menuntu ilmu hukumnya wajib atau setiap mislim laki-laki dan perempuan.

Bagaimana maksud dari hadist Thalabul ilmi faridhatun… ini? Dalam hadist ini maksud Rasulullah SAW. sebagaimana yang di jelaskan dalam banyak kitab para ulama adalah ilmu agama. Jadi, menuntut ilmu agama itu wajib atas setiap perorangan/individu yang telah taklif atau akil dan baligh.

Kenapa menuntu ilmu agama itu wajib, karena tanpa ilmu kita tidak bisa beribadah kepada Allah SWT. Ibadah butuh ilmu dan kita tidak bisa menjalankan perintah Ibadah jika tidak ada ilmu. Maka, wajib bagi setiap orang Islam yang akil dan baligh baik perempuan atau laki-laki untuk mencari ilmu agama (bukan ilmu dunia) sampai batasan ia mampu mengerjakan perintah wajib.

Inilah yang di sebutkan dalam Qaidah fiqhiyyah:

“Ma la yatimmul wajib illa bi hi, Fa huwa Wajib”

Artinya: Sesuatu yang tidak sempurna atau tidak bisa kita kerjakan yang wajib kecuali dengan sesuatu tersebut, maka sesuatu itu juga wajib untuk di tuntut.

Jadi, ilmu pengetahuan agama itu adalah sarana agar seorang hamba bisa berubudiyah (beribadah) kepada Allah. Sementara ubudiyyah atau ibadah hukumnya wajib, maka menuntut ilmu agama juga wajib hukumnya.

Lihat juga: Doa Setelah Membaca Ayat Kursi

Kenapa yang di maksud Rasulullah SAW dalam hadist itu ilmu Agama bukan ilmu dunia? Ini sudah di maklumi dari alif dan lam dari kalimat al-Ilmu (العلم). Dalam ilmu Nahwu ini disebut dengan alif dan lam ‘ahdi Zihni yang menunjukkan bahwa ilmu itu sudah di maklumi dari ucapan seorang Rasul yang di utus untuk membawa syari’at. Karena Rasulullah SAW adlah utusan Allah yang membawa ajaran atau syari’at Agama Islam, dan Rasulullah SAW juga bersabda tentang ilmu dunia, dimana beliau bersabda yang artinya: Engkau lebih paham dengan ilmu duniamu.

Previous articleDaftar Camilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung
Next articleDoa untuk Kedua Orang Tua (Ibu Bapak) Lengkap