Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur Sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW

Posted on

Sebelum kita membahas tentang doa sebelum tidur, terlebih dahulu kita intermezo sedikit. Ok, tidur adalah sebuah aktivitas mengistirahatkan seluruh anggota tubuh, tujuan dari tidur adalah agar semua organ bagian dalam tubuh bekerja memperbaiki kerusakan dari sel tubuh manusia, sehingga setelah tidur atau ketika bangun tidur badan kita merasa segar dan merasa kembali bertenaga untuk beraktivitas lagi. Ini semuanya karena tubuh telah memperbaiki kerusakan dalam sistemnya.

Nah, agar istirahat kita tidak hanya untuk kesehatan tubuh namun bisa menjadi ibadah dan bisa menambahkan pahala kita. Maka, disunnatkan bagi muslim untuk membacakan doa sebelum tidur. Dengan adanya kita mengamalkan doa tersebut maka kita harapkan istirahat kita menjadi ibadah dan bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita.

Disamping semua itu, tidur adalah rahmat Allah yang besar, dengan bisa tidur, maka tubuh kita akan merasa segar dan sehat. Coba bayangkan jika kita tidak bisa tidur karena berbagai hal, seperti insomnia dan lain-lain, maka kesehatan kita akan terganggu. Maka bisa tidur saja sudah merupakan nikmat Allah yang luarbiasa bagi kita. Maka, sangat patut kita syukuri nikmat Allah ini, dan salah satu cara mensyukurinya adalah dengan membacakan doa sebelum tidur.

Do’a Sebelum Tidur agar Tidur Menjadi Berkah

اللَّهُمَّ أنْتَ خَلَقْتَ نَفْسِي وأنْتَ تَوَفَّاها لَكَ مَماتُها ومَحْياها إنْ أحْيَيْتَها فاحْفَظْها وإنْ أمَتّها فاغْفِرْ لَها اللَّهُمَّ إنِّي أسأَلُكَ العافِيَةَ

Doa tidur dalam bahasa latin:

Allahumma Anta Khalaqta Nafsii, wa anta tawaffaha laka, Mamatuha wa mahyaha, in ahyaytaha fa ihfadh ha, wa i amataha, faghfirlaha, Allahumma Inni as aluka al ‘afiyyah.

Arti Doa Sebelum Tidur

Ya Allah…! Engkau adalah pencipta jiwaku dan Engkau wafatkan, bagiMu matinya dan bagiMu hidupnya. Jika Engkau menghidupkannya, maka jagalah ia, dan jika mati ia, maka ampuni dosa-dosanya. Ya Allah bahwa aku meminta kepadaMu kesehatan yang baik.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Hajat

Demikianlah doa sebelum tidur atau menjelang tidur semoga menjadi tambahan informasi bagi anda dan menjadi salah satu sarana untuk terus mengingatkan kematian.