Do'a yang Berhubungan dengan Aqiqah

Do’a yang Berhubungan dengan Aqiqah

Posted on

Aqiqah adalah penyembelihan hewan yang di lakukan sebagai bentuk penebusan terhadap kelahiran seorang anak. Ini sebagaimana hadist Rasulullah SAw yang berbunyi:

الْغُلاَمُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ اْلسَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسَهُ وَيُسَمَّى

Artinya: Anak yang baru lahir itu di gadaikan dengan aqiqahnya yang disebelihkan untuknya pada hari ke 7, dan di cukurkan rambutnya dan di beri nama”.

Hewan yang di sembelih pada aqiqah adalah seekor biri biri atau kambing jika anak itu perempuan, dan dua ekor kambing atau biri-biri jika anak itu laki-laki. Sementara kriteria hewan aqiqah sama dengan kriteria hewan yang di jadikan sebagai qurban di hari raya idil adha.

Sebagaimana yang di kutip dari website NU, berikut beberapa do’a yang berhubungan dengan aqiqah.

Do’a Sekitar Aqiqah

1. Do’a menyembelih hewan aqiqah

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ …

Artinya: Dengan asma Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, dariMu dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dariku. aqiqah ini … (sebutkan nama bayi)

2. Do’a Mencukur Rambut Bayi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan bulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW. dan segala puji Bagi Allah, Tuhan pemilik sekalian alam.”

3. Doa ditiupkan pada ubun-ubun bayi setelah dicukur

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: Ya Allah bahwa sesungguh aku mohon perlindungan akannya anak dengan MU dan keturunannya dari syaithan yang terkutuk.

Baca juga: Do’a Melihat Orang Meninggal

4. Do’a walimah al-‘Aqiqah

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Do'a yang Berhubungan dengan Aqiqah