Do'a Setelah Sholat Dhuha

Bacaan Do’a Setelah Sholat Dhuha

Posted on

Semua ummat Islam tahu bahwa shalat dhuha adalah shalat sunnat yang luarbiasa faedahnya. Salah satu faedah di rutinitas shalat dhuha adalah di mudahkan rezeki oleh Allah. Bahkan dikatakan shalat luarbiasa ini sebanding dengan sedekah 360 ruas yang Allah ciptakan pada hambanya. Artinya, mengerjakan dhuha adalah bentuk dari rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan. Rasulullah SAW juga mengatakan memganjurkan agar ummatnya tidak pernah meninggalkan sholat setelah matahari terangkatnya matahari ini.

Untuk menyempurnakan shalat dhuha, ada do’a khusus setelah sholat dhuha yang perlu di bacakan. Berikut lafadh do’anya:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Do’a dhuha dengan latin:

Allahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka wal bahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ‘ismatika. Allahumma ingkaana rizqii fissamaa’ fa anzilhu, wa ingkaa na fil ardhi fa akhrijhu, wa ingkaana mu’assaram fayassirhu, wa ingkaana haraaman fa thah-hirhu, wa ingkaana baa’iidam faqarribhu, bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika waquwwatika wa qudratika, aaatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuhaa adalah waktu dhuha Mu, dan keagungan adalah keagunganMu, dan keindahan adalah keindahanMu, Kekuatan adalah kekuatan Mu, penjagaan adalah penjagaan Mu. Ya Tuhanku..! Jika rezekiku di langit maka turunkan lah, dan jika rezeki ku di bumi maka keluarkanlah, dan apabila suakr maka mudahkan lah, dan apabila haram maka sucikanlah dan apabila jauh maka dekatkan lah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan Mu, keindahan Mu dan kebenaran kekuatan Mu, qudrah-Mu. Berikan kepada ku apa-apa yang telah Engkau berikan kepada hamba-Mu yang shaleh.

Itulah bacaan doa’a setelah dhuha, semoga kita semuanya bisa belajar dan menghafal do’a yang luarbiasa ini. Dengan menghafalnya, maka akan memudahkan kita untuk membaca do’a ini setiap selesai sholat dhuha kita. Semoga Allah berikan kekuatan kepada kita untuk mampu tha’at kepadaNya, dan mampu menjauhkan maksiat kepada Nya.