Doa Setelah Membaca Ayat Kursi
santrimuda.com

Doa Setelah Membaca Ayat Kursi

Posted on

Ayat kursi adalah salah satu ayat dalam al-Quran yang di kenal memiliki kelebihan yang luar biasa. Mengenai ayat kursi, Syeikh Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitab Abwabul Faraj menyebutkan bahwa barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak jumlah kalimat didalamnya, atau sejumlah huruf ayat kursi, atau sejumlah bilangan para rasul maka hendaklah ia membaca doa setelah menyelesaikan bacaan ayat kursi dengan jumlah tersebut.

Doa yang di maksud adalah seperti di bawah ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِيْ بُرْهَانًا يُوْرِثُنِيْ أَمَانًا، وَآنِسْنِيْ بِكَ عَنْ كُلِّ مَطْلُوْبٍ، وَاصْحَبْنِيْ بِعَوْنِ عِنَايَتِكَ فِيْ نَيْلِ كُلِّ مَرْغُوْبٍ، يَا قَادِرُ يَا جَلِيْلُ يَا قَاهِرُ يَا عَظِيْمُ يَا نَاصِرُ، كَتَبَ اللهُ لَأَغْلِبَنَّ أَنَا وَرُسُلِيْ إِنَّ اللهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ

Artinya: Ya Allah berikan kepadaku bukti yang mewariskan kepadaku rasa aman, dekatkan aku denganmu dari segala yang di pinta, sertai aku dengan pertolonganmu dalam mencapai segala yang di sukai, wahai zat yang maha kuasa, yang maha agung, zat yang maha menguasai, yang maha besar, wahai yang maha menolong, Allah telah menetapkan “Aku dan Rasul-Rasulku pasti memang, Allah maha kuat dan maha megah”.

Selanjutnya Abuya Sayyid Alwi al Maliki menyebutkan bahwa bilangan huruf dalam ayat kursi adalah 170 huruf, bilangan kalimat dalam ayat kursi adalah sebanyak 50 kalimat dan bilangan Rasul adalah 313 orang.

Artinya, do’a diatas di bacakan manakala kita sudah mengkhatamkan bacaan ayat kursi sebanyak bilangan-bilangan tersebut.

Demikianlah doa setelah kita membaca ayat kursi semoga menjadi tambahan pengetahuan dan memberikan smeangat bagi kita untuk mengamalkan ayat kursi yang mulia ini.