Home Health Ketahui 8 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma) yang Umum Terjadi

Ketahui 8 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma) yang Umum Terjadi

13
Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening – Manusia memiliki getah bening yang tersebar di seluruh tubuhnya yang di sebut dengan sistem limfatik. Getah bening ini berperan dalam kekebalan tubuh dan imunitas. Didalam getah bening ada sel limfosit dan jika ia berkembang secara tidak normal maka ini di sebut dengan kanker getah bening atau limfoma.

Nah, disini kita akan jelaskan apa saja gejala kanker kelenjar getah bening, dengan mengetahui gejalanya, maka anda bisa mengambil langkah pencegahan sejak dini.

The elsholat.com Contents

Gejala-Gejala Kanker Getah Bening

Kanker getah bening atau limfoma memiliki cukup banyak jenisnya, namun secara umum kanker getah bening di bagi kepda dua. Keduanya adalah limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Setiap jenisnya memiliki gejala kanker getah bening yang berbeda-beda. Bahkan beberapa gejala jenis kanker getah bening sama sekali sekali tidak ada gejala dan ciri-cirinya terutama pada kanker limfoma stadium 1 atau stadium awal.

Gejala kanker getah bening yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

1. Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Kanker getah bening atau limfoma adalah jenis kanker pada kelenjar getah bening dan ini termasuk dalam jenis kanker darah dan terjadi pada sistem limfatik. Sistem limfatik tersebar di seluruh tubuh termasuk pada kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang belakang, dan pada kelenjar timus.

Saat terjadi kanker limfoma, sel limfosit yang tumbuh secara tidak normal itu menumpuk dibagian kelemnjar getah bening, maka terjadi pembekakan di bagian kelenjar getah bening tersebut. Terutama penumpukan itu terjadi di bagian leher, selangkangan dan bagian bawah ketiak.

Kelenjar getah bening yang bengkak ini berbentuk bulat, lunak, dan saat di sentuh ia terasa bergerak dan umumnya getah bening seperti ini tidak sakit. Beberapa diantara mengeluh sakit setelah meminum alkohol. di kutip hellosehat.com.

Namun yang harus di garisbawahi adalah pembengkakan kelenjar getah bening seperti itu tidak selalu merupakan kanker rgetah bening. Kondisi bengkak ini kadang juga merupakan ciri ciri dan gejala penyakit lain seperti infeksi kulit, flu atau bengkak akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Jika itu terjadi karena masalah ringan atau infeksi ringan, biasanya juga akan menghilangkan dalam dua atau tiga hari. Namun jika bengkak itu semakin membesar dan tidak kunjung sembuh, maka anda harus segera periksa ke dokter.

2. Kelelahan yang tidak kunjung menghilang

Lelah yang kita alami setelah seharian bekerja, biasanya dengan istirahat sudah bisa membuat kita kembali fit dan segar serta kembali bertenaga. Namun ada juga kelelahan yang tidak hilang dan terus terasa, jika ini yang anda alami maka anda harus mencurigai tentang kesehatan anda.

Kelelahan yang terus menerus seperti ini tidak selalu sebagai gejala kanker getah bening, maka anda harus segera menemui dokter untuk mengetahui apa yang sedang anda alami atau yang sedang terjadi dengan kesehatan anda.

3. Demam dan keringatan di malam hari

Keringatan dan demam di malam hari bisa juga menjadi salah satu tanda atau gejala kanker getah bening. Namun seperti kita sebutkan di atas, demam di malam hari juga belum tentu anda menderita penyakit tersebut.

Demam adalah reaksi dari masalah dalam tubuh termasuk jika kelenjar getah bening mengalami pertumbuhan sel abnormal. Ini juga bisa menyebabkan naiknya suhu tubuh anda.

Penyakit limfoma bisa menyebabkan seseorang mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 38 C. Demam yang menjadi salah satu gejala kanker getah bening biasanya akan datang dan pergi secara terus menerus atau berkali-kali. Demam dimalam hari yang terjadi karena hal ini juga sangat parah, keringat saat anda tidur ini bisa membasahi baju dan bantai anda.

4. Penurunan berat banda tanpada alasan

Kemudian gejala kanker getah bening adalah terjadinya penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang logis. Ini sama seperti gejala yang terjadi pada kanker lainnya, penurunan berat badan ini kdang hanya dalam beberapa hari saja dan sekalipun anda tidak sedang diet. Ini biasanya menjadi ciri-ciri limfoma agresif atau kanker getah bening agresif.

Ini terjadi akibat dari limfoma atau sel kanker di jaringan getah bening menghabiskan energi dan dari sisi lain tubuh anda juga menggunakan banyak energi dalam upayanya menyingkirkan sel kanker.

Check out: 5 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan (Obat Liver)

Berat badan penderita kanker getah bening biasanya akan turun hingga 10% dari berat badannya selama 6 bulan, maka sangat penting bagi anda untuk segera memeriksa diri anda ke dokter.

5. Mengalami gatal-gatal pada kulit

Gejala kanker getah bening lainnya adalah gatal-gatal yang anda alami pada bagian kulit anda. Gatal-gatal ini seperti alergi, psoriasis dan masalah kesehatan lainnya. Namun tidak semua penderita kanker getah bening mengalami gejala seperti ini. Biasanya gatal-gatal ini terjadi sekitar 1 orang dari 3 penderita (1:3) dari limfoma Hodgkin, dan bisa 1 dari 10 orang pada penderita limfoma non-Hodgkin.

Umumnya yang terasa gatal adalah di area kelenjar getah bening, di bagian kaki bawah atau di seluruh tubuh. Gatal ini terjadi karena adanya zat kimia yang di lepaskan oleh tubuh sebagai reaksi tubuh terhadap sel kanker. Kemudian zat kimia tersebut mengiritasi saraf kulit dan terjadilah rasa gatal-gatal.

6. Mengalami batuk dan sesak napas

Diantara gejala kanker getah bening dan ciri-cirinya juga bisa berupa batuk dan sesak napas. Bahkan penderita juga bisa merasakan nyeri di bagian dada. Kelenjar getah bening ini menekan paru-paru, bembuluh darah, saluran udara, dan akibatnya bisa menimbuilkan batuk dan sesak napas.

Gejala kanker seperti ini umumnya terjadi pada penderi kanker limfoam jenis Hodgkin dan beberapa jenis kanker non-hodgkin seperti pada jenis non-hodgkin yang agresif.

7. Terasa seperti kenyang di bagian perut

Penyakit getah bening juga bisa menimpa pada sistem limfatik di bagian perut atau pimpa dan hati. Ketika kanker limfoma ini menyerang bagian hati atau perut, maka penderita akan merasakan seperti kenyang sekalipun hanya makan sedikit makanan.

Check out: 7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Jika limfoma telah mempengaruhi hati anda, maka anda bisa mengalami bengkak pada perut, terasa kenyang sekalipun makan hanya sedikit saja. Ketika kanker getah bening menyerang bagian perut anda, anda juga akan merasakan mual, diare dan smebelit. Ini adalah beberapa hal yang kemungkinan anda rasakan. Maka, beberapa gejala kanker getah bening termasuk rasa kenyang di perut.

8. Pusing sakit kelapa dan Kejang

Selain beberapa gejala limfoma seperti di atas, kadang dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, limfoma juga bisa memicu gejala seperti pusing, kejang dan sakit kepala. Bisa juga anda mengalami kaki dan tangan lemah, ini terjadi manakala sel limfoma telah menyebar ke otak dan sistem saraf.

Kadang anda juga bisa merasakan nyeri dibagian tubuh tertentu, tempat dimana limfoma anda berkembang. Kalau ia menyerang tulang, maka rasa nyerinya bisa terjadi pada bagian tulang tersebut.

Gejala-gejala kanker getah bening diatas mirip dengan penyakit lainnya pada umumnya, jadi secara pasti penyakit ini sulit di tebak. Maka setiap kali anda menemukan ada gejala seperti diatas, maka anda bisa menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menemukan apa akar masalah pada tubuh anda.

Previous articleMasa Subur Wanita, Ini Cara Mudah Menghitungnya!