Home Hadits 4 Hadits Tentang Sabar, Pedoman Orang Beriman

4 Hadits Tentang Sabar, Pedoman Orang Beriman

20
Hadits Tentang Sabar

Hadits tentang sabar yang tinggi keutamaannya. Sabar adalah sikap yang mulia, dan sabar di definisikan sebagai sikap pasrah, menerima dan ridha dengan segala ketentuan Allah. Segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini adalah dari Allah, maka ridho dan menerima baik berupa musibah, menahan diri atas ta’at, atau menahan diri dari terus meinggalkan maksiat. Ini adalah bentuk sikap mulia yang tak semua orang bisa.

Sabar terbagi kepada beberapa pembagian, diantaranya adalah: Sabar atas musibah. INi merupakan sikap menahan diri dan ridha dengan ujian atau musibah yang Allah berikan. Kita menerima dan tidak putus asa dengan rahmat Allah. Kita memahami itu datang dari Allah, maka kita ridha dan menerima ketentuan-Nya. Ini sabar atas musibah!

Hadits Hadits Tentang Sabar

Kedua: Sabar atas Ta’at. Sabar atas ta’at adalah menetapkan diri atau menahan diri dalam perbuatan ta’at serta menghindari segala hal yang bisa memalingkannya dari ta’at kepada Allah. Menahan diri inilah yang di sebut dengan Sabar atas perbuatan ta’at.

Yang Ketiga adalah sabar atas maksiat. Makna sabar atas maksiat bukan terus terusan maksiat melainkan mencegah dirinya dari keinginan berbuat maksiat. Saat terlintas dalam hati kita untuk bermaksiat, kita tahan diri kita, atau saat ada kesempatan untuk maksiat, kita tahan keinginan nafsu tersebut sehingga kemaksiatan tidak sampai terjadi.

Jadi, Sabar itu adalah sikap mulia yang di sebutkan dalam banyak ayat al-Quran dan hadits Rasulullah SAW.

Hadits Hadits Tentang Sabar

Sebagai pedoman dan sandaran kita terhadap sabar sebagai sifat yang di perintahkan dalam Agama, mari kita lihat beberapa Hadits Rasulullah SAW tentang sabar.

1. Hadis tentang Sabar dan Musibah

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى}.

Dari bu Hurairah berkat bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah,” (HR Al-Bazzar dan Abu Ya’la).

2. Hadits tentang Gambaran Sabar

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا}.

Dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia,” (HR Abu Nu’aim)

Ini menunjukkan bahwa sabar itu adalah sesuatu yang mulia, sehingga di umpamakan seandainya Sabar adalah seorang laki-lakim maka tentu itu dalah lelaki yang mulia, karena sabar adalah kemuliaan.

3. Hadits tentang Sabar dan Ridha Allah SWT

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى}.

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabarani)

Ketika ada musibah yang terjadi dan kita sabar karena itu Allah, kita sabar dan menahan diri kita dari marah krena mengharap Ridha Allah, maka itulah sifat keuliaan.

4. Hadits tentang Sabar dan Amalan Baik

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إذَا حَدَثَ عَلَى عَبْدٍ مُصِيْبَةٌ فِيْ بَدَنِهِ أَوْ مَالِهِ أوْ وَلَدِهِ فَاسْتَقْبَلَ ذٰلِكَ بِصَبْرٍ جَمِيْلٍ اسْتَحْيَا اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنْ يَنْصِبَ لَهُ مِيْزَانًا أوْ يَنْشُرَ لَهُ دِيْوَانًا}.

Rasulullah SAW bersabda: “Jika musibah menimpa pada seorang hamba di tubunya atau anaknya, lalu ia menghadapinya dengan kesabaran yang baik, maka Allah di hari Kiamat malu menaikkan timbangan untuknya atau memberikan padanya buku catatan.”.

Lihat juga:

Itulah beberapa hadits tentang sabar, dan keutamaannya. Maka sabar itu harus di amalkan dan di jadikan sebagai sikap manakala kita mengalami sesuatu yang buruk. Menahan amarah juga bentuik dari sabar, selama itu bukan marah pada maksiat.

Sumber:
https://www.orami.co.id/magazine/hadis-dan-ayat-alquran-tentang-sabar
https://mutiaraislam.net/ayat-alquran-tentang-sabar/
https://www.researchgate.net/publication/254336846_An_examination_of_patience_and_well-being
https://duniapondok.com/ayat-tentang-sabar/
https://umma.id/article/share/id/1002/282363

Previous articleKeutamaan Malam Jumat dan Amalan-Amalan yang di Anjurkan
Next article5 Hikmah Memiliki Sifat Istiqamah