Home Zikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil: Arti dan Keutamaannya

Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil: Arti dan Keutamaannya

78
Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maulana Waanikman Nashir

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maulana Waanikman Nashir adalah sebuah zikir yang luarbiasa dan memberikan banyak faedah dan keutamaan bagi yang memulazamahnya atau merutinkannya. Namun, sangat sedikit yang mengetahui manfaat dari zikir tersebut.

Sebenarnya, zikir adalah mengingat Allah dengan berbagai cara, ketika kita selalu ingat akan Allah, maka itulah zikir. Namun seseorang kadang sulit mengingat Allah kecuali dengan adanya lafadh tertentu. Maka, masyhurlah dengan lafadh lailahaillah, Allahuakbar, Subhanallah, Alhamdulillah dan lain-lain. Ketika kita mengingat atau membacakan zikir seperti Subhanallah, maka hati kita harus mengingat arti yang kita bacakan.

Ketika membacakan lafadh Subhanallah maka hati kita harus mengingat maknanya. Misalnya mulut kita mengucapkannya dan dalam hati kita teringat “Maha Suci Allah”.

Namun demikian, zikir-zikir tertentu selalu ada keutamaan masing-masing dan khasiatnya. Misalnya kita membacakan zikir Subhanallah 33x, di ikuti Alhamdulillah dan Allahuakbar yang masing-masing 33 kali, itu ada keutamaannya yang berbeda dengan zikir lainnya. Demikian juga dengan zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maulana Waanikman Nashir juga ada keutamaannya sendiri.

Arti Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Bagi anda yang belum tahu manfaat dari zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil yang di sambung lagi dengan Nikmal Maulana Waanikman Nashir, maka baca terus artikel ini, karena kami akan menjelaskannya kepada anda tentang keutamaan Zikir ini.

Sebelumnya kita harus tahu bahwa zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah zikir dari potongan ayat al-Quran, dimana ini adalah potongan dari ayat surah Ali Imran ayat 173. Sebagaimana kita sebutkan sebelumnya bahwa zikir adalah mengingat Allah, dan tentu saja mengingat Allah itu memiliki faedah tertentu sesuai dengan zikir-zikir yang di bacakan.

Disini kami akan membagikan kepada anda beberapa keutamaan membacakan Hasbunallah Wanikmal Wakil, namun sebelumnya mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana tafsir Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Tafsir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Sebagaimana yang kami lansir dari merdeka.com, tafsir dari ayat Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah sebagai berikut.

Ini adalah ayat dalam surah ali-Imran, ayat ke 173. yang bunyinya adalah sebagai berikut:

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya:
(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Tafsir ayat Hasbunallah Wanikmal Wakil sesuai dengan asbabul nujulnya atau sebab turunnya ayat tersebut. Di mana disebutkan pada waktu itu ada sekelompok besar kaum musyrik Quraisy yang telah mempersiapkan pasukannya untuk menyerang Islam. Ada yang menyebutkan bahwa pasukan Musyrik tersebut di bawah komnadu Abu Sufyan.

Ummat Islam di minta untuk bisa berhati-hati dan peringatan dan pernyataan tersebut menyebabkan orang Muslim semakin smeangat dan percaya dengan kemenangan yang akan di berikan Allah. Kemudian orang Islam membulatkan tekad dan yakin dalam peperangan dan mereka maju id saf peperangan dengan meneriakkan “Hasbunallah”.

Jadi, arti dari zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung”. Bacaan zikir ini di anjurkan untuk di bacakan untuk mendapatkan bantuan dan pertolongan Allah selain itu, kita selalu mengingat Allah dan bertawakkal kepada-Nya.

Keutamaan dan Manfaat Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

1. Allah mencukupkan nikmat untuk makhluk-Nya

Dengan memulazamahkan (merutinkan) zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula wa nikman nashir, maka Allah akan mencukupkan kebuthan makhluk-Nya dan memberikan kehidupan yang mudah baginya.

Makhluk atau hamba Allah tidak akan merasa kekurangan dengan pemberian Allah dan selalu tercukupi kebutuhan dan hajat. Sehingga setiap ada masalah yang di hadapi selalu ada jalan keluarnya.

Allah adalah yang maha memberi dan mencukupkan, segala sesuatu ada di tangan-Nya. Maka Allah akan selalu memberika kemudahan hidup dan mencukupkan hamba-Nya yang selalu ingat kepada-Nya. Salah satu cara mengingat Allah adalah dengan membiasakan membacakan zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil tersebut.

2. Allah menjadi wakil sebagai tempat menyerahkan segala urusan

Allah adalah yang maha memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya, Allah yang mengatur semuanya dan Allah yang mencegah atau memberikan dan tidak ada yang selain Allah memberikan manfaat dan mudharat.

Dalam setiap persoalan yang kita alami selalu ada jalan keluarnya. Allah memberikan solusi dan jalan keluar dari setiap urusan yang kita alami. Manfaat zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah Allah menjadi wakil dan pengatur untuk setiap kehidupan kita dan persoalan yang ada baik masalah ekonomi atau masalah lainnya.

3. Allah melindungi hamba-Nya dari kejahatan makhluk-Nya

Membacakan Hasbunallah Wanikmal Wakil secara rutin bisa membuat seseorang jauh dari marahabaya atau hal-hal yang tidak di inginkan seperti kejahatan dari mahkluk-NYa.

Zikir Hasbunallah WanikmalWakil bisa di katakan sebagai benteng diri dari berbagai kejahatan makhluk. Allah tidak akan memberikan masalah di laur kemampuan hamba-Nya dan Allah selalu memberikan bantuan dalam setiap problem.

4. Allah memberikan pertolongan kepada hamba-Nya

Selanjutnya, keutamaan dan manfaat zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah mendapatkan pertolongan Allah dalam setiap kesempatan atau kapan di butuhkan oleh hamba.

Saat seseorang melakukan kebaikan terhadap orang lain, maka orang lain juga akan membalas dengan kebaikan pula. Demikian juga halnya saat kita mengingat Allah, maka Allah akan mengingat hamba-Nya dengan memberikan bantuan pertolongan.

Namun demikian kita harus tahu bahwa segala bentuk yang terjadi pada kita sebagai hamba. Allah menyayangi dan selalu memberikan solusi bahkan bagi yang bermaksiat kepadanya. Allah kadang memberikan kesempatan yang banyak kepada hamba-hamba-nya yang maksiat untuk bisa taubat dan kembali kepada jalan lurus.

Itu juga alasan kenapa seseorang mendapatkan musibah. Musibah di berikan kepada seseorang hamba yang berbuat kesalahan atau maksiat, dengan harapan musibah ini bisa membuat ia ingat kepada Allah, bisa menjadi peringatan agar ia tidak membuat kejahatan atau maksiat lagi. Setiap hal yang buruk menimpa kita adalah karena ulah kita sendiri. Maka, setiap musibah itu menjadi pengampunan dosa-dosa.

5. Allah akan memberikan rasa mahabbah kepadanya dari hati semua makhluk

Diantara manfaat zikir Hasbunallah Wanikmal wakil adalah Allah akan memberikan ketentatraman baginya, kenyamanan dan membuat makhluk menyukainya dan menyayanginya.

Maka, seseorang yang mengamalkan Hasbunallah Wanikmal Wakil, ia akan di jauhkan dari rasa benci makhluk terhadapnya. Maka ia akan senantiasa merasakan kenyamanan dan ketentraman dalam hidup ini.

Lihat juga:

6. Allah akan membuatnya kaya dengan anugerah-Nya

Salah satu manfaat merutinkan zikir Hasbunallah WanikmalWakil adalah menarik kekayaan. Allah akan memberikan gudang dari karunianya baik kekayaan bathin maupun lahir.

Allah memudahkan setiap langkahnya dan memberikan nikmat dan kekayaan. Maka, bagi yang ingin hidupnya muda, senantiasa ia mendekatkan diri kepada Allah, kembali ke jalanya dan amalkan zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Previous articleLagu Kebangsaan Negara Malaysia, Pemberian Soekarno
Next article7 Manfaat Daun Saga: Tanaman Herbal untuk Banyak Penyakit