Hikmah Zakat
pixabay.com

Beberapa Hikmah Zakat yang Penting untuk di Ketahui

Posted on

Zakat adalah kewajiban seseorang yang memiliki kemampuan dari sisi harta untuk mengeluarkan sebahagian harta tersebut bagi saudara yang miskin dan fakir. Jika zakat itu bertujuan untuk membersihkan harta maka disebut dengan zakat mal. Namun, tujuan dari zakat itu adalah untuk membersihkan jiwa maka disebut dengan zakat fitrah sebagaimana yang telah kita keluarkan di malam idul fitri dengan berbagai niat dan lafadh niat zakat yang sudah kita pelajari. Dalam artikel ini kita akan melihat hikmah zakat itu sendiri.

Selain dari menunaikan kewajiban yang telah di bebankan oleh Allah, zakat juga memiliki arti penting bagi kehidupan sosial terutama dalam memberantas kemiskinan di kalangan kaum muslimin. Jadi, salah satu hikmat zakat adalah meringankan derita saudara yang fakir atau miskin sehingga mereka juga bisa terangkat ekonominya. Ini juga bisa di katakan sebagai kepedulian sosial yang telah di gariskan oleh Agama islam.

Tulisan yang kami tulis dalam elsholat.com hanya sebagai pengingat saja tentang hikmah zakat, namun secara detail kita sudah mendengar di banyak kajian yang di lakukan oleh tengku, Abu atau kiyai di tempat pengajian. Ini hanya sebagai pengingat atau ulang kaji saja agar ilmu pengetahuan terutama tentang hikmah mengeluarkan zakat bisa sampai kepada semua saudara kita yang netizen.

Hikmah Hikmah Mengeluarkan Zakat

Berikut kita lihat manfaat atau hikmah di balik mengeluarkan zakat:

1. Terbukanya kasih sayang Allah karena doa orang fakir miskin.

Do’a orang fakir miskin sabar akan sangat mudah di ijabahkan oleh Allah. Ketika mereka berdoa dengan lisan maqal (tutur kata) atau dengan lisan hal (tadharru’) maka akan ketuk pintu rahmat Allah dan kasih sayangNya terhadap orang kaya. Ini akan memberikan keberkahan dalam harta orang kaya karena ia telah menggunakan sebahagian harta di jalan yang ALLAH perintahkan.

Dalam sebuah hadist rasulullah SAW. bersabda: “Tidaklah tertolak suatu qadla’ (keputusan jalan hidup manusia) kecuali dengan doa, dan tidaklah bertambah umur manusia kecuali dengan menebar kebaikan”

2. Zakat adalah salah satu ibadah mulia karena mengandung 4 solusi untuk mukmin

Zakat adalah ibadah maliah yang sangat membantu saudara kita yang muslim. Setidaknya dalam zakat itu terdapat solusi perekonomian bagi ummat. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW. berikut ini:

“Amal yang paling mulia adalah Idkhalus surur (memberikan kebahagiaan) kepada orang mu’min dengan menutupi aurat mereka (memberi sandang pakaian), atau menghilangkan rasa lapar mereka, atau menunaikan kebutuhan mereka”. Secara langsung, zakat telah mengambil peran membahagiakan mukmin, mencukupi sandang pangan dan mencukupi kebutuhan mereka dalam menutup auratnya. Ini sangat nampak hikmahnya karena zakat bisa mengeluarkan mukmin dari kesulitan kesulitan hidup.

3. Zakat mampu menghilangkan kikir

Hikmah zakat selanjutnya adalah sebagai wasilah atau perantara dalam menghilangkan dan memerangi sifat kikir yang ada pada orang kaya. Dengan adanya perintah Allah ini, maka orang kaya akan tergerak hatinya untuk memberi dan mengeluarkan sebahagian hartanya. Mengeluarkan zakat bisa mengurangi cinta kita kepada harta dan dengan sendirinya sifat kikir yang timbul dari cinta harta akan berkurang sedikit demi sedikit.

4. Zakat adalah salah satu upaya menghilangkan kejahatan

Kejahatan memang bisa disebabkan olejh berbagai faktor. Salah satunya adalah kemiskinan yang menimpa seseorang. Orang yang keadaan ekonominya terhimpit dan sulit jika tidak di sokong dengan keimanan yang kuat maka dengan mudahnya ia jatuh dalam kejahatan seperti mencuri atau merampok. Zakat yang di keluarkan oleh orang kaya akan dirasakan manfaatnya oleh miskin sehingga mereka tertolong dari sisi ekonomi. Secara langsung juga diharapkan bisa meminimalisir angka kejahatan.

5. Mendapatkan ridha Allah dan menghilangkan Amarah Allah

Hikmah selanjutnya yang cukup besar adalah padamnya amarah Allah. Dengan terlaksanya ke empat poin hikmah zakat di atas maka kehidupan seorang muslim akan membaik dari sisi agamanya sehingga membukakan pintu Ridha Allah bagi orang kaya dan orang miskin dan juga memadamkan murka Allah karena potensi kejahatan sudah tertutup rapat.

Itulah beberapa hikmah di balik zakat yang dikeluarkan sebagaimana dilansir dari NU. Jika semua orang mengeluarkan zakatnya dengan baik maka dipastikan angka kemiskinan sangat bisa di berantas. Namun, masih banyak juga orang mukmin yang masih berani untuk tidak menunaikan kewajiban ini. Semoga dengan artikel bisa membantu dan memberikan pemahaman kita tentang zakat sehingga menimbulkan keikhlasan dalam hati untuk memeberi zakat dan menghilangkan cinta harta.