Home Health Kalori Bawang Merah per 100 Gram

Kalori Bawang Merah per 100 Gram

77
Kalori Bawang Merah per 100 Gram

Kalori bawang merah – Bawang merah adalah rempah-rempah yang wajib ada di dapur sebagai bumbu penyedap masakan. Tanpa bawang merah mungkin resep anda tidak akan ada yang menyukainya. Namun bagaimana dengan falta gizi bawang merah terutama dengan kalorinya.

Apakah bawang merah termasuk bumbu yang kaya kalori atau tidak. Ini akan menjadi pembahasan kita dalam artikel ini. Kami mengambil dari sumber terpercaya.

Di sebutkan bahwa jumlah kalori bawang merah tidak seberapa tinggi jika dibandingkan dengan beberapa makanan yang sudah kita sebut sebelumnya seperti keripik pisang atau kalori pizza domino yang katanya mengandung 246.4 kalori.

Kalori Bawang Merah dan Fakta Nutrisi per 100 Gram

Ok, langsung saja kita lihat ulasan berikut ini tentang kalori dan fakta gizi bawang merah.

Kalori Bawang Merah dan Fakta Nutrisi per 100 Gram

Bawang merah adalah rempah rendah kalori dengan hanya 72 kalori dalam setiap 100 gramnya. Jumlah ini adalah 89% kalorinya dari Karbohidrat, 1% dari Lemak, dan 10% kalorinya dari Protein.

Selain mengandung kalori, bawang merah adalah gudang bagi berbagai jenis nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Diantara gizi bawang merah lainnya adalah: Vitamin A dan ini adalah nutrisi yang paling tinggi dalam bawang merah dimana jumlah vitamin A per 100 gram adalah 1190 IU(24%). Kemudian di ikuti dengan vitamin lainnya seperti Vitamin B6 0.3 mg(17%), dan Mangan 0.3 mg(15%).

Dibawah ini kita lihat top 10 nilai gizi dalam bawang merah dalam bentuk tabel.

Top 10 Gizi Bawang Merah
Penyajian 100gr %Kebutuhan Harian
Vitamin A 1190     IU 24 %
Vitamin B6 0.3      mg 17 %
Mangan 0.3      mg 15 %
Vitamin C 8        mg 13 %
Kalium 334      mg 10 %
Folat 34       mcg 8 %
Besi 1.2      mg 7 %
Fosfor 60       mg 6 %
Total Karbohidrat 16.8     g 6 %
Protein 2.5      g 5 %
© IDNmedis.com

Tingginya kandungan gizi vitamin A dalam bawang meragh mentah menjadi indikasi bahwa ini adalah rempah sehat dan bagus untuk kesehatan tubuh seperti untuk mata dan sebagai antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas.

Ini Kalori Bawang Merah dan Fakta Nutrisi per 100 Gram

Di bawah ini ifo tentang kandungan vitamin dalam Bawang merah.

Vitamin dalam bawang merah
Penyajian 100gr % kebutuhan Harian
Vitamin A 1190  IU 23.8 %
Vitamin C 8     mg 13.34 %
Vitamin D 0 0 %
Vitamin E (Alpha Tokoferol) 0 0 %
Vitamin K 0 0 %
Tiamin 0.1   mg 4 %
Riboflavin 0     mg 1.18 %
Niasin 0.2   mg 1 %
Vitamin B6 0.3   mg 17.25 %
Folat 34    mcg 8.5 %
Vitamin B12 0 0 %
Asam Pantotenat 0.3   mg 2.9 %
Kolin 0 0 %
Betaine 0 0 %

Lihat juga:

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang begitu banyak membuat bawang merah kaya manfaat. Maka tidak salah jika kita menggalakkan untuk mengkonsumsi bawang merah atau menambahkannya dalam makanan harian kita.

Kandungan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan menjadikannya sebagai makanan anti penuaan yang bisa mencegah kerusakan mata dan menghilangkan penuaan dini.

Ini beberapa manfaat bawang merah:

1. Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit mematikan dan termasuk dalam silent killer selain diabetes. Penyebabnya bermacam dan salah satunya adalah kerusakan sel tubuh dan tumbuh dengan tidak terkendali atau tumbuh secara tidak normal.

Sel-sel menjadi rusak akibat paparan radikal bebas dari asap kendaraan, asap rokok, polusi, dan kandungan bahan kimia dalam makanan yang kita maka setiap hari. Bawang adalah rempah yang kaya antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel tersebut.

2. Mencegah peradangan

Tubuh mempunyai imunitas tubuh dan sistem pertahanan, saat ada benda asing yang masing dalam tubuh, maka kekebalan tubuh bereaksi melawan benda asing tersebut. Ini bisa berupa bakteri, virus atau patogen lainnya.

Nah, saat reaksi ini terjadi, muncullah peradangan dan ini berbahaya jika terjadi dalam durasi lama secara terus menerus. Penyebab dari peradangan ini bisa berupa kanker, diabetes dan penyakit janutng dan lain-lain.

Untuk mencegah peradangan ini terus menerus, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang di sebut dengan makanan anti peradangan dan salah satunya adalah bawang merah dan bawang putih.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Diantara makanan yang kaya zat untuk kekebalan tubuh adalah bawang merah dan makanan dengan vitamin C lainnya.

Vitamin C akan merangsang sel darah putih untuk menuju lokasi yang terinfeksi dan kemudian menyerang bakteri dan menyembuhkan penyakit.

4. Manfaat bawang merah untuk tulang

Selain untuk kesehan jantung, manfaat bawang merah juga baik untuk tulang karena kandungan kalsiumnya yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

Kalsium akan menggantikan sel tulang yang rusak dengan sel baru dan ini akan menguatkan tulang dan mencegah keropos. Selain kalsium, bawang merah juga mengandung tembaga, fosfor dan zat besi yang semuanya mendukung kesehatan tulang.

5. Manfaat untuk saraf

Manfaat bawang merah untuk saraf adalah manfaat besar diantara sekian banyak manfaat lainnya. Kandungan kalium dalam bawang merah berguna dalam mendukung otot dan saraf sehingga bisa bekerja normal.

Masalah yang berkaitan dengan saraf dan otot sangat sering di alami, kadang anda mengalami lemas, dan ini berkaitan dengan kurangnya kandungan kalium dalam tubuh. Maka konsumsi bawang merah secara langsung atau dalam makanan akan memberikan manfaat besar untuk kesehatan.

Anda juga menyukai:

Itulah informasi kalori bawang merah dan fakta nutrisi bawang merah serta manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh. Semoga menjadi rujukan dan referensi dalam memahami kandungan nutrisi dalam bawang merah.

Melihat daftar nutrisi bawang merah, ini bisa menjadi semangat bagi kita dalam meningkatkan konsumsinya, anda bisa menambah bawang merah lebih banyak dalam makanan dan sayuran anda untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi vitamin dan antioksidan.

Previous articleKalori Corndog per 100 gram dan Fakta Unik
Next articleKalori Makaroni Pedas, Goreng: Camilan Favorit Semuanya!