Home Health Kalori Jamur Tiram dan Manfaat Kesehatan

Kalori Jamur Tiram dan Manfaat Kesehatan

37
Kalori Jamur Tiram dan Manfaat Kesehatan

Kalori jamur tiram – Jamur tiram yang disebut dengan nama “Pleurotus ostreatus” adalah jamur yang kaya nutrisi kaya manfaat untuk kesehatan bahkan bisa berguna dalam menghalau sel kanker dan lain-lain. Jamur tiram kaya nutrisi termasuk antioksidan. Anda tidak usah takut dengan kalorinya karena jamur termasuk makanan lezat yang rendah kalori.

Tidak hanya rendah kalori, namun jamur tiram juga kaya berbagai nutrisi lainnya yang sangat berguna untuk mendukung kesehatan tubuh. Diantara nutrisi penting dalam jamur tiram adalah: Protein, karbohidrat, serat, vitamin A, D, asam folat, B4, B9, dan kaya beragam mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, kalsium, selenium dan seng.

Kalori Jamur Tiram dan Manfaat jamur tiram

Lantas, bagaimana dengan kalori jamru tiram? Jika memang rendah kalori, berapa sebenarnya kadar kalori dalam jamur tiram. Yuk kita intip berikut ini.

Kalori Jamur Tiram per 100g

Jamur tiram mentah dikatakan mengandung 43 kalori. Kalori ini berasal dari beberapa nutrisi seperti 61% dari Karbohidrat, 9% dari Lemak, dan 31% dari Protein.

Kalori adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk bisa menghasilkan energi sehingga kita kuat dalam berbagai aktivitas sehari-ahri.

Namun jika kalori berlebihan ini juga akan bermasalah karena akan di ubah jadi lemak dan dismpan dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan seseorang kelebihan berat badan.

Untuk mengetahui berapa jumlah kalori, kita harus tahu jumlah lemak, nilai karbohidrat dan protein.

Untuk satu gram lemak, ini mengandung kalori sebanyak 9 kal. Untuk satu protein mengandung 1 kal, dan untuk 1 gram Karbs juga mengandung 1 kal.

Dengan mengetahui nilai tersebut, maka kita akan mengetahui seberapa jumlah kalori dalam suatu makanan termasuk dalam jamur tiram mentah.

Lihat juga: 10 Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

Kalori jamur tiram mentah dalam porsi 100 gram adalah 43 kal yang mana ini terkumpul dari tiga jenis mineral. Sebagian dari karbs, sebagian dari protein dan sebagiannya dari lemak.

Manfaat Jamur Tiram

Sebagaimana kita tahu, jamur tiram mengandung banyak nutrisi termasuk protein, lemak, fosfor, kalium, kalsium, selenium, zat besi, seng dan aneka vitamin. Maka, manfaat jamur tiram untuk kesehatan sangat besar dan mengagumkan. Dibawah ini kita lihat beberapa manfaat jamur tiram.

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam jamur tiram sebagaimana jamur lain (jamur merang, jamur kancing) sangat penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh melalui udara, makanan dan minuman. Jamur tiram dengan kandungan antioksidannya ini akan memelihara tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal adalah penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, kerutan kulit, keriput dan berbagai tanda penuaan.

2. Bagus untuk kesehatan jantung

Jamur tiram juga mengandung beta-glucan yang penting dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Maka dari itu, mengkonsumsi jamur tiram sangat bagus dalam menjaga kesehatan jantung karena ia mencegah atau mengurangi risiko aterosklerosis yang kemudian bisa memicu penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Jamur tiram juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otot jantung karena kaya kandungan kaliumnya. Dengan mengetahui kadar kalori jamur tiram dan manfaat kesehatan yang besar, maka kita harus smeakin ingin dan semangat dalam mengkonsumsinya.

3. Mengurangi risiko diabetes

Ini juga masih berkaitan dengan beta-glucan, dimana zat ini juga mengontrol kandungan gula darah sehingga bisa mengurangi risiko seseorang dari terkena diabetes.

Maka, mengkonsumsi jamur tiram dianggap salah satu usaha dalam menjalani diet sehat untuk mencegah diabetes dan kolesterol tinggi.

Anda juga menyukai:

4. Mencegah berbagai kanker

Manfaat jamur tiram untuk mencegah kanker karena kaya kandungan antioksidannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa antioksidan adalah zat penting dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Jamur tiram Mencegah berbagai kanker

Radikal bebas adalam racun yang membuat tubuh teroksidasi sehingga terjadi penuaan dini. Banyaknya reaksi radikal bebas dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang cepat menua, cepat keriputm kulitnya kusam, dan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat jamur tiram bagi kesehatan dan jumlah kalori jamur tiram dalam setiap 100 gramnya. Dengan mengetahui rahasi kalori ini, kita tidak perlu takut lagi dalam mengkonsumsi jamur tiram sebagai makanan sehat. Namun demikian, kita juga harus punya prinsip bahwa mengkonsumsi sesuatu tetap dalam porsi medium dan tidak boleh berlebih-lebihan.

Sumber:
https://kandungangizi.com/kalori-jamur-tiram-mentah
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/jamur-tiram
https://www.alodokter.com/mengulik-manfaat-jamur-tiram-dari-segi-kesehatan

Previous articleKalori Pizza Domino: Pizza Hand Tossed America Per 100 grams
Next articleKalori Corndog per 100 gram dan Fakta Unik