Home Health Kalori Tomat, Hijau, Mentah Per 100 Gram

Kalori Tomat, Hijau, Mentah Per 100 Gram

61
Kalori Tomat dan manfaat menurunkan berat badan

Kali ini kita akan menjelaskan tentang kalori tomat hijau atau tomat mentah. kalori adalah satuan energi yang diperoleh manakala kita mengkonsumsi makanan atau meminum minuman tertentu. Bisa juga di katakan bahwa kalori adalah jumlah energi yang kita bakar dalam setiap sesi olahraga atau aktivitas fisik kita.

Cara menghitung kalori tomat adalah dengan mengumpulkan jumlah lemak, protein dan karbohdirat yang di kandungnya. Di katakan bahwa dalam setiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori, 1 gram protein mengandung 1 kalori dan 1 gram karbohidrat mengandung 1 kalori.

Jadi, semakin banyaknya kandungan lemak dalam sebuah makanan atau minuman maka kandungan kalori akan semakin banyak, apalagi makanan tersebut di tambahkan dengan adanya kandungan protein dan karbohidratnya.

Kalori yang ada dalam tubuh atau yang kita peroleh penting untuk aktivitas kita sehari-hari. Namun jika aktivitas sehari-hari tidak membakar kalori secara maksimal, maka kalori akan tersimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak.

Nah, saat lemak berlebihan dalam tubuh, maka berat badan kita bertambah. Semakin banyak makanan berkaloti kita makan dan aktivitas fisik kurang, maka lemak akan tertimbun dalam tubuh dan ini akan meningkatkan berat badan akibat lemak tersebut. Maka, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan kalori tubuh sebagaimana yang di butuhkan tubuh, ini baik sekali dalam menopang kesehatan dan menjaga berat badan ideal.

Kalori Tomat Hijau, Mentah per 100 gram

Satu tomat hijau dengan ukuran sedang mengandung 23 kalori. Jumlah ini di peroleh dari kandungan protein, karbohidrat dan dari kandungan lemaknya.

jadi, nilai 23 kalori ini adalah 80% dari karbohidrat, 7% dari lemak dan 13% dari kandungan proteinnya.

Info Kalori Tomat Hijau per 100 Gram

Info Kalori
Penyajian 100gr % Kebutuhan Harian
Kalori 23    (96 kJ) 1.15 %
Dari Karbohidrat 18.4  (77 kJ)
Dari Lemak 1.7   (7 kJ)
Dari Protein 2.9   (12 kJ)
Dari Alkohol 0     (0 kJ)

Jadi jumlah 23 kalori ini adalah jumlah yang sangat sedikit. Maka banyak yang menyebutkan kalau makan tomat bisa menjaga kestabilan berat badan. Bahkan dalam beberapa sumber seperti kumparan, disebutkan bahwa tomat adalah buah rendah kalori dan termasuk dalam buah yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Tomat Menurunkan Berat Badan

1. Tomat rendah kalori

Jumlah kalori seperti yang di sebutkan di atas dalam 100 gram hanya 23 kalori, ini adalah jumlah yang kecil untuk sebuah tomat sedang. Jika anda mengkonsumsi tomat yang lebih kecil tentu jumlah kalorinya smeakin kecil.

Jadi, anda tidak perlu khwatir menyantap buah segar tropis ini sekalipun dalam jumlah banyak. Tomat tidak akan meningkatkan berat badan anda karena tidak ada kandungan lemka yang tinggi.

2. Tomat Kaya Antioksidan

Manfaat tomat untuk menurunkan berat badan bukan hanya karena renah kalori saja, namun kaya antioksidan menjadikannya sebagai alasan juga untuk menurunkan berat badan anda.

Antioksidan lycopene bermanfaat dalam menurunkan stres soksidatif tubuh sehingga tubuh nyaman dan tenang tanpa ada perasaan stres. Tubuh bebas stres akan mudah menurunkan berat badan karena jika seseorang stres, ia akan mengkonsumsi apa saja yang ia lihat bahkan saat stress kita akan mengkonsumsi leibh banyak camilan, dan ini menjadi penyebab naiknya berat badan.

3. Tomat Mengandung tinggi serat

Mengkonsumsi makanan kaya serat membantu menurunkan berat badan anda. Bukan hanya kalori tomat saja, namun tomat mengandung serat larut dan tak larut yang membuatnya bagus untuk menurunkan berat badan. Dalam 100 gram tomat mengandung 2 gram tak larut dan 0,20 gram serat larut. Keduanya memiliki manfaat penting dalam menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian di sebutkan bahwa serat larut dari buah tomat akan menjadi seperti gel dalam usus dan ini akan menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan. Ini penelitian The effect of fiber on satiety and food intake: a systematic review.

Sementara serat tak larut, ia bermanfaat dalam mengikat molekul lemak dan mencegahnya di serap tubuh tetapi di buang keluar bersama feses. Itulah kenapa kita mengatakan tomat yang kaya seratnya menjadi buah dan makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

4. Tomat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Tahun 2013 ada sebuah penelitian yang di publikasikan dalam European Journal of Nutrition, menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus tomat bisa meningkatkan metabolisme lipid. Caranya adalah dengan menstimulasi gel yang ada dalam oksidasi lemak. Maka lemak yagn di bakar tubuh menjadi lebih banyak dan ini akan meningkatkan potensi penurunan berat badan.

Mengkonsumsi semakin banyak tomat sangat bagus dalam meningkatkan kesehatan tubuh termasuk baik untuk liver dan usus.

Lihat artikel menarik lainnya:

5. Buah dengan indek glikemik rendah

Tomat tidak hanya bermanfaat karena kalori tomat yang rendah, tetapi juga karena buah segar yang biasanya di sebut sebagai sayuran ini tergolong buah dengan indek glikemik rendah. Artinya tomat tidak di cerna dengan cepat sehingga tidak meningkatkan gula bagi penderita diabetes. Bahkan jika anda mengkonsumsi banyak tomat, anda bisa anda tetap aman dari serangan diabetes dan gula darah.

Itulah sekilas informasi tentang kalori tomat mentah atau hijau serta manfaat tomat untuk menurunkan berat badan. Semoag artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Previous articleTulisan Arab Astaghfirullahaladzim dan Artinya
Next articleDaun Patikan Kebo: Kandungan dan Manfaat Kesehatan