Home Business 10 Karakteristik Wirausaha Agar Mudah Mencapai Kesuksesan Bisnis

10 Karakteristik Wirausaha Agar Mudah Mencapai Kesuksesan Bisnis

21
10 Karakteristik Wirausaha untuk Mudah Meraih Kesuksesan

Karakteristik wirausaha adalah faktor-faktor penting yang harus di miliki oleh seorang wirausahawan agar bisnisnya berjalan dengan baik dan sukses. Dengan memiliki karakteristik seorang wirausahawan, maka seseorang yang berwirausaha bisa betah dan mampu mempertahankan dirinya untuk tetap bisa bersaing dengan lawan bisnisnya atau komptetornya yang terus meningkat.

Dalam menjalankan wirausaha, seseorang tidak hanya butuh kepada modal besar saja aagar bisnisnya mulus, tidak hanya butuh sistem promosi yang bagus, dan teknik pemasaran saja namun juga membutuhkan karakteristik seorang wirausahawan. Karakter ini adalah sifat penting bagi seseorang dalam mengembangkan bisnisnya, dan memajukan usahanya.

Maka, bisa dikatakan bahwa ini adalah modal terbesar setelah modal yang sifatnya uang. Ini adalah kekayaan jiwa yang bisa membuat seseorang bisa dan mampu bertahan dalam kancah bisnis yang semakin ketat persaingannya.

Karakterisrik Wirausaha

Disini kita akan membahas tentang karakteristik wirausaha namun sebelum itu agar penjelasan ini lebih jelas dan terarah, mari kita simak terlebih dahulu apa itu Wirausaha?

Wirausaha adalah kegiatan membuat suatu produk, menentukan bagaimana cara dan proses pembuatan produk, cara pemasarannya, menysun kegiatan operasional, hal keuangan, dan cara yang benar dalam mempromosikan produk dan memasarkannya. nah, keseluruhan inilah yang di sebut dengan wirausaha. Maka, ini bukanlah hal yang kecil dan sepele, tetapi hal besar yang butuh pemikiran matang dan jiwa serta mental yang bagus dalam menjalankan binsis ini. Maka, wajar saja kalau karakteristik wirausaha sangat penting di miliki oleh seorang pegiat wirausaha.

Berdasarkan penjelasan dari J.B Says yaitu salah satu ahli ekonomi dari Prancis. Ia menyebutkan bahwa wirausaha adalah seorang pengusaha yang mampu mengelola sumber daya alam yang di miliki secara praktis dan ekonomis dengan tingkat produktivitas yang rendah hingga tinggi. Itulah yang di maksud dengan wirausaha.

Apa yang di maksud dengan karakteristik? Karakteristik adalah ciri khas seseorang yang menjadi pembeda antara ia dengan orang lain. Kalau melihat KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) Karakteristik adalah sifat khas seseorang sesuai dengan perwatakan tertentu. Karakteristik ini bisa di katakan juga sebagai akhlak seseorang, karakter, kepribadian, perilaku, personalitas, perangai, dan tabi’at.

Kalau bisa kita simpulkan, arti dan pengertian dari karakteristik wirausaha adalah sikap dan ciri khas dari seseorang untuk membuat suatu produk atau mewujudkan sebuah usaha dengan inovatif.

Karakteristik Wirausaha

Kita mengartika wirausaha sebagai cara menjalankan usaha atau bisnis yang menghasilkan sebuah produk atau lebih, mulai dari cara persiapan modal, proses pembuatan (produksi), pemasarannya, pengaturan keuangan. Sementara Wirausahawan adalah orang yang menjalankan usaha tersebut secara keseluruhan.

Kalau kita tinjau dari definisi dalam ruang lingkup bisnis, seorang wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian, yang maksudnya adalah memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan memanfaatkan semua peluang serta mengkombinasikan SDA yang dibutuhkan.

Nah, dari ulasan diatas kita tahu bahwa katakteristik wirausaha adalah sikap dan perilaku yang dimiliki oleh seorang yang menjalankan wirausaha tersebut agar usahanya sukses dan mendapatkan keuntungan yang di harapkan.

Jadi, karakteristik wirausaha adalah hal penting yang harus anda miliki dalam menjalankan sebuah usaha atau wirausaha. Dengan memiliki karakter ini, seseorang akan senantiasa betah, tidak berharap cepat kaya, dan mampu mengelola SDA dengan baik hingga mendapatkan keuntungan.

Karakteristik Wirausahawan

Mari kita lihat apa saja 10 karakteristik wirausaha yang mutlak di miliki oleh pegiat wirausaha sehingga ia mampu mengembangkan usahanya dan memajukannya.

Lihat juga: Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Apa Pengertiannya?

1. Memiliki komitmen yang tinggi

Salah satu karakteristik wirausaha adalah adanya komitmen yang tinggi, ini sangat penting karena menyangkut dengan tanggung jawab atas setiap keputusan yang di ambil. Setiap perkataan yang di keuarkan harus atas dasar tanggung jawab dan menjalankan semua yang sudah di putuskan selama itu memihak kepada kemajuan sebuah usaha.

Jika dalam beriwirausaha, seseorang memiliki sifat komitmen yang tinggi, maka ini akan memberikan nilai positif bagi orang lain, menjadi sebuah kepercayaan dalam berbisnis sehingga usaha yang dikembangkan mudah untuk mencapai kesuksesan.

2. Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan, kamu harus memiliki karakter displin yang tinggi. Disiplin menjadi indikasi bahwa kamu sebagai pegiat usaha menepati waktu sebagaimana yang telah kamu putuskan dan ini adalah sebuah hal penting yang bisa memberikan semangat kepadada bawahan kamu dalam bekerja.

Nah, dengan disiplin yang kita terapkan maka jaolannya usaha kaan teratur. Keteraturan dalam menjalankan usaha akan nampak manakala kamu disiplin. Disiplin ini lahir dari seseorang yang bisa memotivasikan dirinya dan orang yang mampu mempertahankan smeangatnya dalam berbisnis atau berwirausaha.

Dengan kata lain, kita bisa mengatakan bahwa dengan menjalankan wirausaha kamu harus bisa memimpin diri kamu sendiri, kamu harus bisa menepati semua yang telah kamu atur sendiri. Ini harus bisa di lakukan mulai dari hal terkecil seperti waktu bangun pagi, waktu makan, jam kerja dan kapan kamu harus istirahat, semuanya harus bisa di tepati sebagaimana yang telah di atur oleh dirinya sendiri.

3. Percaya diri (confident)

Percaya diri juga menjadi salah satu karakteristik wirausaha. Jika kamu percaya diri artinya kamu sudah siap untuk menjalankan bisnis tanpa ada rasa takut dan lain sebagainya. Kamu percaya dengan kemampuan kamu sendiri dan ini akan memudahkan kamu dalam menggapai keberhasilan.

Karakter percaya diri juga menunjukkan bahwa kamu siap menghadapi semua persoalan jika terjadi nantinya. Artinya kamu juga terus mengembangkan kemampuan kamu untuk terus menuju kepada kematangan jiwa. Orang yang percaya diri sudah memiliki sebuah modal dalam menjalankan bisnis, artinya ia sudah siap mental bisnisnya, dan tentu siap menjalankan bisnis dengan penuh kemampuan dan penuh harapan untuk sukses.

4. Pantang menyerah

Karakteristik wirausaha selanjutnya adalah sikap pantang menyerah. Ini adalah sikap penting karena dalam menjalan usaha khususnya di awal-awal usaha pasti ada rintangan dan halangan atau kegagalan. Jika seorang pengusaha cepat menyerah maka usahanya tentu tidak akan berhasil. Maka di perlukan sikap pantang menyerah yang bisa mengendalikan mental disaat sedang terpuruk.

Dengan karakteristik pantan menyerah, seseorang akan bangkit lagi dan lagi serta lebih kuat lagi dalam mempromosikan dan menjalankan bisnisnya. Namun, tentu harus mengetahui dimana penyebab kegagalannya dan kemudian memperbaikinya agar kesalahan yang sama tidak lagi terulang.

5. Memiliki kreativitas tanpa batas

INi adalah karakteristik lainnya dalam menjalankan usaha dan seorang wirausahawan harus memiliki kreativitas tanpa batas. Memiliki Kreativitas seperti ini bisa memunculkan ide untuk mengembangkan produk yang beraneka ragam. Kreativ disini seorang pengusaha juga harus bisa memberikan produk kekinian yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini.

6. Jujur

Jujur adalah iskapnya orang beriman, dalam menjalankan bisnis juga sangat penitng untuk bersikap jujur. Maka kejujuran menjadi salah satu karakteristik wirausaha. Jika kamu jujur dalam berbisnis maka jalan bisnis kamua akan lempang dan mudah karena akan banyak orang lain yang mau bermitra dengan kamu. Sikap jujur akan membuat orang lain percaya dengan kamu dan mengutamakan produk kamu dari yang lainnya.

7. Berani mengambil risiko

Selanjutnya, dalam berwirausaha kamu juga harus memiliki karakteristik wirausaha yang namanya “berani mengambil risiko”. Dalam setiap keputusan bisnis kita harus bertanggung jawab sekalipun harus mengambil risiko terbesar. Nah, ketika kita sudah berani dengan risiko artinya kita sudah mempersiapkan bagaimana solusinya jika nanti kegagalan itu terjadi. Dengan sudah mempersiapkan jawaban semua itu, maka menjalankan bisnis akan sangat mudah.

Jangan anggap takut dengan riko itu bisa membuat kamu berhasil. Seseorang yang takut gagal dengan bisnisnya kiadang tidak akan berani untuk mengembangkan dirinya bahkan tidak berani memulai bisnis itu sendiri. Maka jangan takut dengan risko, tetapi tetap pertimbangkan semua kemungkinan yang terjadi dan persiapkan solusi terbaiknya.

8. Kerja keras

Kerja keras adalah modal dalam berbisnis, namun kerja keras sendiri tidak cukup karena ini akan memperbesar modal anda daripada keuntungan, namun harus di barengi dengan kerja cerdas. Kerja keras anda akan sangat menguntungkan manakala di gabungkan dengan kecerdasan anda.

Pernahkah anda mendengar cerita seorang pengusaha yang bekerja cerdas dan bekerja keras. Kalau kerja keras saja anda sudah mau, tentu anda akan mau juga untuk bekerja cerdas.

Seseorang yang mau bekerja keras dengan mengangkut air menuju rumahnya setiap hari harus bolak balik, dia kemudian berpikir cerdas untuk membuat pipa agar air bisa dengan mudah di alirkan saja menuju rumahnya. Jadi, pengusaha atau seorang wirausahawan mau bekerja keras dengan cara yang cerdas.

9. Bisa bekerja sama dengan orang lain

Kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya manusia yang lain. Dengan kata lain dalam kehidupannya manusia saling membantu antara satu dengan yang lain. Namun demikian, kita juga melihat ada banyak orang yang tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain dan tidak bisa bekerja sama dengan orang lain. Mampukan diri anda untuk bekerjasama dengan orang lain agar anda bisa cepat berkembang.

Lihat juga: Multimedia Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis dan Komponen

10. Memiliki orientasi masa depan

Sebagai seorang wirausahawan anda harus memiliki karakteristik wirausaha yang satu ini. Dengan berorientasi ke masa depan akan memudahkan anda untuk membawa bisnis yang sesuai dengan permintaan pasar dimasa depan, ini juga akan memunculkan ide-ide baru untuk membangun usaha baru di masa depan.

Melihat masa depan dengan baik dan penuh harapan akan membuka setiap peluang untuk sukses dalam berbagai bentuk usaha atau wirausaha.

Apa itu Kewirausahaan?

Berbicara tentang wirausaha tentu kita sering mendengar juga kewirausahaan, namun apakah anda sudah paham bagaimana yang di katakan dengan kewirausahaan? Yuk kita intip pengertian kewirausahaan berikut ini.

Kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha. Nah, kegiatan usaha yang di jalan tersebut kemudian berkembang menjadi kewirausahaan.

Dalam bahasa Inggris, kewirausahaan ini di sebut dengan “entrepreneurship”. Namun sebelum di alihkan ke bahasa Inggris, asal kata entrepreneurship adalah berasal dari bahasa Prancis yaitu entreprende yang artinya adalah “petualang”, “pengelola usaha” dan “pencipta”.

Pengertian kewirausahaan menurut Harvey Leibenstein adalah segala kegiatan yang mencakup segala hal yang dibutuhkan untuk menciptakan dan melaksanakan perusahaan saat atau ketika pasar belum terbentuk dan belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen produksinya belum di ketahui dengan jelas.

Selain definisi kewirausahaan seperti di atas, kewirausahaan juga bisa di artikan sebagai sebuah proses untuk mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi dalam kehidupan. Jadi, yang di maksud dengan visi disini bisa berupa gagasan, ide, atau teknik dan cara untuk lebih bagus dalam menjalan usaha.

Previous articleTeknologi Informasi Dan Komunikasi, Apa Pengertiannya?
Next articleUpside Down World Bandung: Harga Tiket Masuk dan Lokasi