Home Islami Keutamaan Malam Jumat dan Amalan-Amalan yang di Anjurkan

Keutamaan Malam Jumat dan Amalan-Amalan yang di Anjurkan

32
Keutamaan Malam Jumat dan Amalan-Amalan yang di Anjurkan

Keutamaan malam jumat – Malam jumat adalah malam yang paling mulia dalam seminggu demikian juga dengan hari jumat, hari yang paling afdhal dan bahkan disebutkan sebagai hari rayanya orang miskin.

Hari jumat adalah hari besar dan agung dimana didalamnya da banyak peristiwa dan kelebihan amalan dibandingkan dengan malam atau hari lainnya.

The elsholat.com Contents

Apa Saja Keutamaan Malam Jumat

IMam Syafie pernah meriwayatkan dari Sa’ab bin Ubadah, ini juga di riwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal, dimana beliau mengatakan:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.” (kitab al-Lum’ah Fi Khashaish al-Jumat, karya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi).

Keutamaan Malam Jumat

Dari sini saja sudah nampak bahwa keutamaan malam jumat dibandingkan malam lain sangat besar sekali. Itulah sebabnya malam jumat menjadi momentum ibadah. Jika malam-malam lain kita tidak giat beribadah maka malam jumat adalah malam yang harus di hidupkan dengan berbagai amal ibadah.

1. Hari jumat adalah yang terbaik dalam seminggu

kenapa malam jumat sangat agung karena harinya adalah hari terbaik dalam seminggu, maka malamnya juga terbaik dalam seminggu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim).

Karena agungnya malam jumat, maka salah satu keutamaan malam jumat adalah di ijabahkan doa, maka banyak-banyaklah kita meminta kepada Allah dalam kesempatan malam jumat.

2. Hari jumat adalah hari mustajabah Do’a

Salah satu waktu mustajabah doa adalah hari jum’at, ini menyebabkan malam jumat dan hari jumat terasa lebih utama daripada hari-hari lain dalam seminggu.

Waktu mustajabah di hari jum’at ada banyak pendapat yang berkembang. Ada yang menyatakan waktu mustajabah doa itu saat khatib duduk di atas mimbar, ada yang menyebutkannya di waktu asar hari jum’at. Waktu mustajabah ini sangat singkat sehingga sulit untuk di jumpai. Maka dengan beribadah setiap saat di hari jumat, di harapkan bisa bertepatan atau berbetulan dengan waktu mustajab tersebut.

Lihat juga:

Ini adalah salah satu sir dan rahasia Allah, tujuannya adalah agar manusia beribadah dan berdoa sepanjang hari sehingga ia mengenai dengan waktu mustajabah tersebut.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajabah, bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu.” (H.R Muttafaqun Alaihi).

3. Hari jum’at adalah hari hajinya fakir

Ibadah haji adalah ibah luar biasa dan sangat besar pahala bagi yang melakukan perjalan untuk beribadah haji. Ini menjadi hal yang hanya bisa di lakukan oleh orang kaya saja. Bagaimana dengan orang miskin yang tidak bisa naik haji. Rasulullah SAW mengatakan bahwa hari jum’at adalah hajinya orang fakir.

Maka, saat akan datangnya hari jumat, seseorang mempersiapkan dirinya untuk beribadah kepada Allah dengan ikhlas dan mengharapkan ridha-Nya. Maka pahala orang tersebut sama seperti hajinya orang kaya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Qadla’i dan ibnu Asakir dari Ibnu Abbas.

الجمعة حج الفقراء

“Jumat adalah hajinya orang-orang fakir,”

Memang sebagaimana di riwayatkan oleh Syekh Abdurrauf al-Manawi bahwa hadits tersebut lemah. Namun demikian, hadits ini tetap bisa di amalkan karena berbicara tentang fadhilul a’mal atau kelebihan amalan. Ini tidak membicarakan tentang haram dan wajib.

Jadi, Maksud dari jumat adalah hajinya orang faqir adalah orang fakir yang rajin sholat jumat dan mempersiapkan dirinya untuk ibadah di hari jumat tersebut dan ia sangat ingin berangkat haji namun terkendala oleh biaya.

Maka Allah memberikan pahala seperti pahala haji karena khusyu’ nya dalam ibadah jumat serta sangat besar keinginannya untuk naik haji.

Amalan-Amalan di Malam Jumat

Termasuk salah satu keutamaan malam jumat dimana kita dianjurkan mengamalkan amalan-amalan dimalam jumat secara khusus. Ada beberapa amalan khusus yang memiliki khasiat dan faedah yang luar biasa manakala di amalkan di malam jumat atau hari jumat.

1. Membacakan Yasin

Surat yasin yang ada dalam al-Quran adalah salah satu surat yang terbaik untuk di amalkan. Kelebihan surat Yasin sangat banyak sekali dan salah satunya adalah untuk diampunkan dosa.

Dalam sebuah hadist di sebutkan bahwa:

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

Artinya: “Siapa saja yang membaca Yasin di malam Jumat, maka diampunkan dosa-dosanya”.

Membaca Yasin di malam jum’at sudah menjadi tradisi di kalngan orang NU. Biasanya dengan membacakan Yasin ini, kita berdoa untuk Qabul hajat, dan kita hadiahkan pahala bacaan Yasin malam jum’at untuk orang tua yang sudah meninggal.

2. Membaca surat Kahfi

Surat kahfi juga termasuk salah satu surat yang kaya manfaat. Membaca surat kahfi bisa memberikan banyak keutamaan juga. Salah satunya adalah Siapa yang membaca surat Kahfi malam jum’at maka ia akan di beri cahaya hingga jum’at yang akan datang.

Memulazamah atau merutinkan bacaan surat Kahfi juga bisa terhidar dari fitnah Dajjal.

Lihat juga artikel lain:

3. Memperbanyak shalawat kepada Nabi SAW

Malam jum’at adalah yang istimewa, malam berkah dan malaikat selalu memberikan kabar kepada Rasulullah tentang siapa saja yang banyak bershalawat kepada Nabi SAW.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Perbanyaklah untuk membaca selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

jadi, sangat besar sekali keutamaan bershalawat kepada Nabi, apalagi di malam jumat atau hari jumat.

4. Memperbanyak doa

Kita bisa membanyak do’a di malam jumat baik itu menyangkut dengan kesuksesan di akhirat atau doa untuk kehidupan di dunia. Selama itu adalah doa yang baik-baik, maka sangat bagus untuk di perbanyak.

Sebanyak kita berdoa kepada Allah, maka akan semakin nampak bahwa kita butuh kepada Allah. Orang yang banyak berdoa adalah orang yang menampakkan dirinya sebagai hamba yang selalu butuh bantuan Allah, bukan bantuan makhluk.

Demikianlah keutamaan malam jumat dan amalan-amalan yang dianjurkan di malam dan hari jumat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah semangat ibadah kita!

 

Previous articleKenali 9 Macam Cairan yang Keluar dari Vagina, Akhawat Wajib Tahu!
Next article4 Hadits Tentang Sabar, Pedoman Orang Beriman