3 Keutamaan Surat al-Mulk
pekanbaru.tribunnews.com

3 Keutamaan Surat al-Mulk

Posted on

Keutamaan Surat al-Mulk – Ini adalah salah satu surat dalam al-quran yang berada pada surat ke 67 dengan jumlah ayat 30 ayat. Surat mulk tergolong dalam surat Makkiyah, artinya ini adalah salah satu surat yang di turunkan ketika Rasulullah SAW di Makkah.

Al Mulk artinya kerajaan, dikatakan atau di nama kan surat ini dengan al Mulk sebab memulai surat ini dengan mencucikan Allah dan mengagungkan Allah yang memiliki kerajaan dan kekuasaan. Allahlah raja sesungguhnya, yang memiliki langit dan yang memiliki bumi serta segala isi antara keduanya. Allah yang menghendaki segaal sesuatu, Dia lah yang menghidupkan dan mematikan. Dialah zat yang memberi kaya dan memberi miskin, Dialah yang memuliakan dan merendahkan.

Surat al Mulk juga disebut dengan nama surat Wakiyah, Munjiyat. Alasannya adalah karena siapa saja yang membiasakan membaca surat MULk bisa terpelihara dari azab kubur dan Ibnu Abbas menyebutnya dengan nama al Mujadalah karena orang yang membaca surat ini ketika di alam kubur mendapat bantuan atau surat ini mendebat atas nama pembacanya.

Keutamaan Membaca surat Al Mulk

1. Orang yang membaca surat Mulk akan mendapatkan syafaat

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ سُوْرَةً فِى الْقُرْآنِ ثَلاَثِيْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا غُفِرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ».أخرجه الإمام أحمد وأصحاب السنن الأربعة ، وقال الترمذي : هذا حديث حسن.

Artinya: Sesungguhnya dalam al Quran yang ayatnya 30 memberikan syafa’at kepada pembacanya, diampunkan baginya dosa, yaitu surat “Tabarakallazi biyadihil Mulk”.

Baca juga: Keutamaan Baca Surat Al Waqiah

2. Di masuikkan kedalam surga

Keutamaan membaca surat al Mulk selanjutnya adalah di masukkan pembacanya kedalam surga. Ini sebagaimana Sabda Nabi Saw.

عن أنس بن مالك قال : قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «سُوْرَةٌ فِى الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ : تَبارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ». أخرجه الطبراني والحافظ الضياء المقدسي.

Artinya: Surat dalam al-Quran yang bisa bertengkar karena membela pembacanya sehingga ia memasukkan pembacanya ke dalam surga. Ini adalah surat TABARAKALLAZI BIYADIHIL MULK.

3. Menyelamatkan Pembacanya dari Azab Kubur

Ketiga, keutamaan membaca surat al Mulk adalah selamat dari siksa kubur. Tentang hal ini Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

عن ابن عباس في تسمية سورة الملك بالواقية والمنجية قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «هي المانعة هي المنجية تنجيه من عذاب القبر».أخرجه الترمذي

Artinya: Surat al Mulk, dianya al-mulk adalah surat pencegah, dia adalah surat penyelamat yang bisa menyelamatkan atau melepaskan pembacanya dari azab kubur.

Itulah tiga keutamaan surat al Mulk yang perlu kita tahu dan termotivasi kita untuk membacanya setiap waktu atau membiasakan membaca surat Mulk. Ini sebagaimana yang telah di jelaskan oleh Syeikh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab At-Tafsir Al-Munir. Semoga bermanfaat!