Home Ceramah Kultum Ramadhan Terbaik, Singkat Tentang Amalan di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan Terbaik, Singkat Tentang Amalan di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan Terbaik
img: bersamadakwah.net

Kali ini blog elsholat.com akan menyampaikan contoh kuliah tujuh menit atau kultum ramadhan terbaik singkat dan penuh makna. Sebagaimana kita tahu bahwa Bulan Ramadhan adalah penghulu segala bulan dengan beragam pahala didalamnya. Maka, sebagai mukmin kita sudah seyogyanya untuk menambah amalan dan ibadah dibulan ramadhan. Tujuan dasar ceramah atau kultum terbaik ini adalah untuk mengajak pribadi mukmin mengisi waktu ramadhan dengan amalan ibadah sehingga keberkahan ramadhan tidak sia-sia.

Dalam kultum Ramadhan terbaik kali ini kita mengangkat tema “6 amalan utama dibulan ramadhan”. Apa saja isi dari 6 amalan di bulan ramadhan ini? Kita lihat saja ulasannya dibawah ini sebagai referensi ilmu bagi kita semua dalam mengisi kultum ramadhan seperti kultum shalat tarawih, kultum menunggu berbuka puasa, kultum sebelum atau sesudah shalat tarawih, atau untuk mengisi kultum ramadhan sebelum shalat subuh di bulan ramadhan.

Kultum Ramadhan Terbaik, Singkat dan Padat

Dibawah kami buat contoh kultum singkat bulan ramadhan, setidaknya kultum ramadhan ada 6 amalan yang perlu dibahas untuk memaksimalkan amalan kita di bulan suci ramadhan.

1. Membaca Al-Quran

Membaca al-Quran adalah ibadah luarbiasa, anda tidak perlu tahu makna untuk dapat pahalanya, yang terpenting adalah adalah anda bisa mengucapkannya dan membacanya. Maka, belajarlah al-Quran selagi masih ada waktu diberikan oleh Allah. Membaca al-Quran adalah ibadah yang sangat banyak pahalanya apalagi di bacakana dalam bulan ramadhan. Dalam hadist yang qualitas hadisnya hasan sahih yang diriwayatkan oleh ibnu mas’ud RA. yang artinya:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR At-Tirmizi)”.

Al-Quran adalah mukjizat terbesar yang Allah turunkan kepada Baginda Rasulullah SAW. dibulan Ramdhan sehingga sangat pantas bagi kita merutinkan membacanya. Bahkan, Rasulullah SAW. sendiri juga memuliakan al-Quran dengan memperbanyak membacanya di bulan Ramdhan dibandingkan dengan di bulan lainnya.

2. Memperbanyak sedekah

Sedekah adalah ibadah yang sangat besar maknanya dalam kehidupan sehingga pahalanya juga sangat besar diberikan kepada mereka yang mau bersedekah. Sedekah tidak hanya sebagai ibadah semata tetapi ia juga berperan sebagai amal sosial yang bisa membantu orang kehidupan orang lain. Setiap sedekah yang kita berikan akan berefek dan berimbas manfaatnya kepada orang lain. Maka, statusnya sangat tinggi di hadapan Allah SWT. Kita mengharapkan agar setiap harta yang keluar dari milik kita adalah keluar secara ikhlas atau murni karena mengharapkan keridhaan Allah bukan mengharapkan yang selain daripada Allah.

Tentang sedekah, Allah berfirman dalam surat Al baqarah (QS 2:261), yang artinya;

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ ٢٦١

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas lagi Maha Mengetahui (QS 2:261).”

Rasulullah SAW. juga mengagungkan ibadah sedekah dalam sabda beliau yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, artinya:

“Sesungguhnya sedekah itu memadamkan kemurkaan Allah dan menolak kejelekan (HR At-Tirmizi).”

Rasulullah SAW. adalah orang paling dermawan dan ini tersebut dalam hadist yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Kedermawanan Rasulullah SAW ini sangat menonjol di bulan ramadhan yang oenuh berkah. Hadist tersebut adalah sebagai berikut:

“Rasullulah SAW adalah orang yang paling pemurah dan kedermawanannya itu sangat menonjol pada bulan Ramadan. Ketika malaikat jibril menerimanya di setiap malam selama Ramadan, maka ia mengajaknya untuk men-tadabburi Alquran. Sungguh Rasulullah SAW. ketika ditemui malaikat jibril lebih dermawan daripada angin yang berembus. (HR Bukhari dan Muslim)”.

3. Memberi makan kepada orang berbuka puasa

Amalan lain yang sangat baik di bulan Ramadhan adalah memberikan makanan berbuka untuk mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan. Maka, kesempatan ini sangat mudah di lakukan oleh mereka yang memiliki taufiq didalam jiwanya, mudah untuk tergerak hatinya memberi dan membagi-bagikan menu untuk berbuka puasa. Kita sering melihat di Arab seperti Madinah, Makkah atau di Mesir banyak orang-orang yang membagikan menu berbuka untuk saudaranya yang muslim yang berpuasa. Kelebihan amalan ini terungkap dalam hadist yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad dan Nasai berikut ini:

“Barang siapa yang memberi makan untuk berbuka puasa orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa, sebagaimana orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala dari orang yang berpuasa (HR Ahmad dan An-Nasa’i).

4. Melakukan qiyamul lail

Ibadah lain di bulan ramadhan yang sangat luarbiasa pahalanya adalah qiyamul lail atau bergadang diwaktu malam untuk ibadah kepada Allah. Dalam hal ini Rasulullah SAW. bersabda sebagai berikut:

“Barang siapa yang menjalankan qiyamu Ramadan karena beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari).

Sangat sedikit orang mampu menjalankan ibadah ini, bangun di tengah malam dan melakukan ibadah kepada Allah. Qiyamullail ini juga termasuk melaksanakan shalat tarawih di malam ramadhan. Namun yang lebih bagus adalah dilanjutkan dengan ibadah lain seperti membaca al-quran dan shalat tahajud. Karena sedikit yang sanggup, maka sangat penting ini di bahas dalam kultum ramadhan terbaik di setiap malam.

5. Melakukan ibadah Umrah

Ibadah Umrah adalah ibadah dengan pahala di sisi Allah selama yang melakukannya memiliki niat ikhlas dan murni karena Allah bukan karena manusia atau mendapatkan pujian makhluk. Namun, ibadah umrah itu akan lebih besar lagi pahalanya jika dilakukan di bulan ramadhan seperti hadist Rasulullah SAW.

“Umrah pada Ramadan sama dengan haji. Atau dikatakan, “Haji bersamaku”.” (HR Bukhari-Muslim).

Besarnya pahala umrah itu sebanding dengan haji jika di lakukan dalam bulan ramadhan, maka wajar saja jika pada bulan itu sangat banyak hamba Allah yang pergi umrah. Dalam hadist tersebut dikatakan, sama seperti pahala haji atau seperti umrah bersamaku.”

6. Malam lailatur qadar

Materi kuliah tujuh menit atau kultum ramadhan terbaik singkat dan padat adalah tentang lailatul qadar. Lailatul qadar adalah malam yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan malam lain bahkan malam ini lebih baik dari seribu bulan. Bergadang menunggu dan mengintip lailatul qadar adalah sebuah usaha luarbiasa walau kadang tidak menemukan malam tersebut.

Malam lailatul qadar hanya di pertemukan Allah dengan mereka yang bersih hatinya. Salah satu hamba Allah yang memiliki sifat ini adalah Imam Al-Ghazali. Beliau selalu menemukan saat-saat lailatur qadar (luarbiasa) ini sehingga beliau membuat rumus khusus terhadap malam-malam munculnya lailatur qadar berdasarkan malam pertama Ramadhan. Berikut penejelasannya.

Qaidah atau Rumus mencari malam lailatul qadar menurut Imam Ghazali RA.

  1. Jika ramadhan pertama adalah malam Ahad atau Rabu maka Lailatul Qadar terjadi pada malam 29 Ramadan
  2. Jika malam ramadhan pertama jatuh pada malam Senin maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 21 Ramadan
  3. Apabila malam pertama ramadhan jatuh pada malam Kamis maka Lailatul Qadar akan terjadi pada malam 25 Ramadan
  4. Jika ramadhan pertama jatuh pada malam Sabtu maka Lailatul Qadar akan terjadi pada malam 23 Ramadan, dan
  5. Apabila malam pertama ramadhan jatuh pada malam Selasa atau malam Jumat maka Lailatul Qadar akan terjadi pada malam 27 Ramadan.

Kami hanya menyebutkan 6 amal ibadah, namun masih sangat banyak ibadah lainnya yang harus ditingkatkan dalam bulan ramadhan untuk meraih kemenangan dan menjadi seorang hamba bertaqwa di sisi Allah SAW. Setidaknya, 6 topik kultum ramadhan terbaik itu harus senantiasa menjadi judul ceramah dan kuliah tujuh menit dalam setiap saat di bulan ramadhan. Tujuannya adalah agar kita tahu dan sadar sehingga termotivasi untuk beramal.